Cara Membuka Plastik Laminating 

 Cara Membuka Plastik Laminating

 

Pengertian Laminating?

Laminating merupakan sebuah proses yang dilakukan yang bertujuan untuk melindungi dokumen agar tidak mudah rusak disamping itu juga bertujuan untuk mempertahankan bahan cetakan dengan harapan cetakan bisa bertahan lebih lama agar tidak mudah kotor dan rusak, dengan cara melapisi bahan cetakan dengan plastik laminating.

Saat saya melihat teman saya yang sedang melakukan pelaminatingan, disebelah rumah teman saya terdapat usaha kuliner roti rumahan yang menggunakan alat mixer roti untuk memproduksinya, saya pun tertarik melihatnya sembari belajar pelaminatingan.

 

Jenis-Jenis Laminating dalam Cara Membuka Plastik Laminating 

Dilihat dari prosesnya, laminating di golongkan menjadi dua jenis, diantaranya sebagai berikut:

  1.  Laminating Panas

Yang dimaksud yaitu laminating yang biasa digunakan untuk cetakan offset dengan cara memanaskan bahan laminating dan merekatkannya atau menempelkannya ke bahan cetakan menggunakan suhu yang tinggi.

  1. Laminating Dingin

Yang dimaksud disini merupakan laminating yang biasa digunakan pada cetakkan ploter yang seperti banner dan sticker banner, prosesnya tidak menggunakan panas karena sudah terdapat lem perekat pada bahan laminating tersebut, jadi tidak diperlukan panas suhu lagi.

 

 

Ada berbagai Cara Membuka Plastik Laminating  sebagai berikut:

  1. Cara Membuka Plastik Laminating Menggunakan Setrika:

 

  1. Langkah pertama yaitu gunting terlebih dahulu pinggir / bagian sisi plastik laminating yang merekat
  2. Kemudian panaskan setrika dengan setelan panas yang maksimal
  3. Tutup bagian atas dokumen yang dilaminating dengan kain handuk atau kain yang tebal.
  4. Letakkan setrika yang telah panas diatas kain kurang lebih 10-20 detik jangan terlalu lama dan jangan sampai plastik meleleh
  5. Lalu silahkan periksa apakah plastik laminating pada dokumen sudah panas atau belum, jika sudah panas, tariklah secara perlahan untuk melepaskan plastik dari dokumen, jika beberapa bagian masih sulit dilepas ulangi kembali cara diatas.

 

 

 

  1. Cara Menmbuka Plastik Laminating Tanpa Setrika :

 

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu dokumen yang akan dibuka hasil laminatingnya.
  2. Panaskan iron plate/laminator/mesin laminating dengan suhu yang sekitar 150 derajat agar hasil laminating terlepas sempurna dan tidak ada sisa-sisa perekat yang tertinggal pada dokumen. Namun, bila Anda merasa cukup dengan menggunakan suhu di bawah itu, juga boleh-boleh saja.

 

Saya sarankan jangan menggunakan setrika karena posisi setrika yang tidak stabil, disamping itu juga akan merusak permukaan setrika itu sendiri karena plastik laminating mengandung perekat yang akan meleleh jika dipanaskan dengan suhu yang tinggi. Perekat tersebut yang akan menempel pada permukaan setrika Anda.

  1. Letakkan salah satu sisi (depan/belakang) dokumen di atas permukaan aluminium yang berada di antara roller berwarna merah, sampai bagian sudut laminating mulai lentur dan lemah. Biasanya lapisan laminating akan mulai terlihat terpisah secara perlahan-lahan.
  2. Masih dalam keadaan di atas aluminium, pisahkan kedua lapisan laminating pada sudut dokumen tersebut dengan bantuan pinset ataupun cutter. Caranya masukkan cutter pada celah antara plastik laminating bagian atas dan bagian bawah.

Angkat bagian atas plastik laminating sehingga terpisah dari bagian bawahnya sampai batas sudut dokumen yang akan dilepas.

  1. Masih di atas posisi aluminium, dengan menggunakan bantuan alat cutter tekanlah bagian dokumen yang sudah terbuka. Lalu angkat bagian atas plastik laminating dengan menggunakan tangan sebaiknya menggunakan pinset  secara perlahan sampai semua bagian terlepas dari dokumen.Disarankan mengangkat plastik laminating saat memang sudah bisa terlepas saja. Jangan dipaksa karena permukaan dokumen akan rusak jika tulisan terlepas dan menempel pada plastik laminating.
  2. Lakukan hal yang serupa untuk bagian belakang atau baliknya sampai semua plastik laminating terpisah dengan kertas dokumennya.

 

 

Jenis Bahan Laminating dalam Cara Membuka Plastik Laminating :

  1. Laminating Glossy

Disini memiliki fungsi membuat warna jadi lebih cerah, terang, dan semarak, biasanya laminating ini di gunakan pada brosure, flyer, poster, dll.  Dengan tujuan untuk menarik perhatian dengan warna yang mentereng

 

  1. Laminating Doff

Nah untuk laminating jenis ini biasa di gunakan pada cetakan yang mengutamakan kualitas. Biasanya digunakan untuk Corporate Identity untuk mengesankan perusahaan berkelas atas karena bila di tambahkan emboss, spot uv, hotstamp, spot color, akan terlihat sangat exclusive.

Dan untuk banner biasanya untuk di luar ruangan atau ruangan dengan pencahayaan paling terang dengan harapan warna menjadi tidak terlalu terang bila terpapar cahaya lampu atau matahari.

  1. Laminating Tekstur

Laminating Tekstur  sangat berbeda dari dua laminating di atas.  Karena membuat cetakan menjadi sangat berkelas, dengan beragam jenis dari mulai tekstur kulit jeruk, kanvas, gliter, sampai hologram dan banyak lagi yang lainnya, membuat cetakan terasa beda dari yang lain.

 

 

 

 

Perbedaan Laminating dan Press Mika Cara Membuka Plastik Laminating 

 

 

Pengertian  Laminating dalam Cara Membuka Plastik Laminating 

Laminating yaitu melapisi dokumen penting dengan kertas lapisan tebal (keras) pd kedua sisinya. Bahan lapisan yang digunakan untuk melapisi adalah bahan yang terbuat dari plastik. Namun plastik yang digunakan adalah plastik khusus atau laminasi yang memiliki perekat pada bagian sisinya.

Proses laminasi dilakukan dengan cara melapisi barang dengan plastik laminasi pada kedua sisinya yaitu sisi depan dan belakang. Kemudian dipanaskan pada mesin laminator dengan suhu tinggi diatas 100 derajat.

Mesin ini memiliki 2 roler yang akan menggerakkan barang yang akan di-laminasi dan berfungsi menjepit atau merekatkan plastik pada dokumen.

Nah hasil proses laminasi ini akan membuat dokumen yang dilaminasi terlindungi lapisan plastik kaku dan mengkilat sehingga barang / dokumen yang dilaminasi akan awet dan tahan terhadap kotoran atau hal-hal yang dapat merusak barang tersebut.

Namun kekurangan dari melaminating adalah kita tidak bisa lagi membuka plastik laminasi tersebut karena plastik tersebut telah merekat kuat pada barang yang telah dilaminasi, jika dipaksa maka barang akan rusak dan sobek. Namun ad acara yang dapat membuka plastic laminating seperti yang sudah saya tuliskan diatas.

 

 

 

Pengertian Press Mika dalam Cara Membuka Plastik Laminating 

Laminating dan press mika sama-sama menggunakan lapisan plastic, meskipun menggunakan lapisan bahan yang sama. Namun press mika tidak menggunakan proses perekatan pada sisi-sisinya.

Yang direkatkan hanya pada bagian tepi plastiknya saja.  Sehingga jika suatu ketika kita ingin membuka lapisan plastiknya pun tetap masih bisa dan tidak akan merusak barang yang telah di-press.