Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Membuat Tepung Keto Sendiri yang baik dan benar sesuai dengan panduan yang telah teruji, dan berikut inilah penjelasan-nya.

Tepung Keto adalah tepung yang dibuat dari parutan daging kelapa dan di giling sampai halus.

Tepung dari kelapa ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengganti tepung gandum bebas gula yang kaya akan protein.

Dan Cara Membuat Tepung Keto Sendiri inipun bisa dilakukan di rumah kalian sendiri, karena tepung ini bisa dibilang sangat sederhana dalam pembuatan-nya.

Alat-alat yang sederhana pun bisa menghasilkan Tepung Keto dengan kualitas baik, jika memang kalian tidak mempunyai alat-alat canggih seperti mesin yang dimilki oleh kebanyakan perusahaan.

Dan berikut inilah Cara Membuat Tepung Keto Sendiri yang baik dan benar.

Cara Membuat Tepung Keto Sendiri

cara membuat tepung keto sendiri

Untuk Cara Membuat Tepung Keto Sendiri ada beberapa step by step-nya yang bisa kalian lakukan, silahkan simak ulasan-nya di bawah ini:

Dan Tepung Keto ini dapat kita jadikan sebagai bahan baku untuk biskuit kelapa, untuk cara membuat biskuit kelapa sudah di bahas pada artikel sebelumnya.

Pertama kelapa dikupas dari sabut dan tempurung-nya kemudian dicungkil.

Kedua kulit ari kelapa yang berwarna coklat kemudian dibersihkan, tujuan-nya adalah menghasilkan daging buah yang putih bersih.

Tujuan dari menghiangkan kulit ari tersebut adalah untuk menghindari ketengikan pada kelapa. Kemudian cuci sampai bersih.

Ketiga lakukan proses blanching (Pasteurisasi) dengan menggunakan uap panas bersuhu 90 C selama 5 menit.

Blanching adalah suatu cara pemanasan tipe pasteurisasi yang dilakukan pada suhu kurang dari 100°C selama beberapa menit, dengan menggunakan air panas atau uap.

Proses blanching sudah termasuk ke dalam proses termal dan umumnya membutuhkan suhu berkisar 75 – 95°C selama 10 menit.

Tujuan utama dari proses blanching adalah untuk menonaktifkan enzim dalam bahan pangan, diantaranya adalah enzim peroksidase dan katalase.

Kedua jenis enzim ini paling tahan terhadap panas.

Tapi bukanlah hanya enzim-nya yang menjadi nonaktif, sebagian dari mikroba yang ada dalam bahan pangan tersebut pun ikut mati.

Blanching pada umumnya dilakukan untuk sayur-sayuran dan buah-buahan yang akan dikalengkan atau dikeringkan.

Selain tujuan-nya untuk menonaktifkan enzim, ada beberapa tujuan penting blanching lain-nya yang harus kalian ketahui, berikut ini adalah ulasan-nya.

Tujuan Proses Blanching

  1. Membersihkan bahan baku dari kotoran dan mengurangi jumlah mikroba dalam bahan baku tersebut.
  2. Menghilangkan gas-gas dari dalam bahan baku, sehingga mengurangi terjadi-nya pengkaratan kaleng dan memperoleh keadaan vakum yang baik dalam “headspace” kaleng.
  3. Melunakkan bahan baku agar mudah pada saat pengisian bahan ke dalam wadah.
  4. Menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap atau tidak di inginkan.
  5. Menghilangkan lendir pada beberapa jenis sayur-sayuran.
  6. Memperbaiki warna produk atau memaksimalkan warna hijau sayur-sayuran.

Setiap jenis bahan pangan pasti memiliki waktu proses blanching yang berbeda-beda untuk inaktivasi enzim.

Perbedaan tersebut tergantung pada jenis bahan, ukuran bahan,metode blanching yang digunakan, dan suhu media pemanas yang digunakan.

Pada tabel dibawah ini dapat kita lihat lama waktu blanching dari beberapa jenis bahan pangan.

Tabel Waktu Blanching

Sayuran (dalam air suhu 100oC)Waktu blanching (menit)
Bayam12
Jagung2-3
Brokoli2-3
Beet ukuran kecil, utuh3-5
Beet dipotong dadu3

Untuk idealnya, lama waktu yang diperlukan untuk proses blanching harus pas, tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.

Tahap blanching yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan produk atau bahan baku warna-nya berubah, kehilangan flavor, nutrisi-nutrisi penting yang terkandung didalam-nya hilang, dan bahan baku tersebut akan matang, karena komponen-komponen tersebut bisa saja rusak dan terlarut pada saat dilakukan proses pemanasan, dan biasa-nya yaitu dengan di rendam air panas dan di steam.

Contoh-nya pengaplikasi blanching pada saat memasak sayur-mayur adalah sayur yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam air yang mendidih, direbus sampai berubah warna menjadi warna yang diinginkan lalu diangkat dan langsung dicelupkan ke dalam air dingin, biasa-nya air es.

Sayuran yang baru direbus biasa-nya langsung dicelupkan ke dalam air yang dingin tujuan-nya untuk menghentikan proses pematangan, karena dalam keadaan panas, proses pematangan sayur masih tetap berlangsung.

Nah sekarang mari kita kembali lagi pada pembahasan Cara Membuat Tepung Keto Sendiri, yang ke empat Masuk proses perendaman dalam larutan NaHSO3 1000 ppm selama 10 menit, langkah selanjutnya adalah tiriskan.

Setelah itu kita masuk pada proses kelima yaitu parut daging buah kelapa yang akan di jadikan tepung.

Proses yang ke enam yaitu keringkan dengan suhu 50-60 C selama 6 -10 jam sampai mencapai kadar air 3%.

Tahap terakhir yaitu Keluarkan Tepung Keto yang sudah kering dan angin-anginkan kamudian Tepung Keto siap dibungkus dalam wadah yang kedap air dan udara.

Masakan terkait yang dibuat dengan tepung keto sendiri telah kita bahas pada postingan sebelumnya, yaitu resep kue kering kelapa instan.

Sekian yang dapat databisnisekonomi sampaikan, semoga apa yang saya sampaika dapat bermanfaat bagi Anda.