Cara Membuat Tempat Lampu Dari Batok Kelapa – Limbah tak selamanya hanya mengganggu kehidupan manusia. Bila kita mampu mengolahnya dengan baik, bahkan sesuatu yang tidak bergunapun seperti limbah akan dapat menjadi suatu barang yang berharga.

Salah satu contohnya adalah limbah batok kelapa. Limbah yang satu ini banyak ditemukan disekitar kita. Batok kelapa yang tidak bernilai, bisa disulap menjadi barang bermanfaat.

Bagaimana cara kita memanfaatkan limbah batok kelapa? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama.

Pemanfaatan tempurung kelapa yang paling umum biasanya di gunakan sebagai sumber energi, penggunaan yang paling sederhana adalah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Mungkin di zaman modern seperti sekarang ini sudah sulit kita temui orang yang mau memasak menggunakan kayu sebagai bahan bakar apa lagi menggunakan batok kelapa.

Namun tanpa kita sadari, penggunaan batok kelapa ini sangatlah menguntungkan. Apalagi kalau Kita lihat dari segi ekonomisnya tentu lebih murah dibandingkan dengan kita menggunakan gas LPG.

Menggunakan tempurung kelapa juga mempengaruhi hasil rasa dari masakan yang kita masak, di sadari ataupun tidak rasa masakan yang dimasak menggunakan kayu bakar atau batok kelapa mempunyai ciri khas tersendiri, yakni memiliki rasa yang khas sesuai dengan lidah kita.

lihat juga! cara membuat kerajinan dari batok kelapa

Kerajinan Batok Kelapa

Cara selanjutnya yaitu digunakan menjadi berbagai jenis kerajinan tangan. Selain mempunyai nilai seni yang cukup tinggi, kerajinan dari batok kelapa juga dapat memberikan nilai tambah untuk perekonomian masyarakat kita. Ada beberapa contoh kerajinan yang dapat dikembangkan menjadi suatu usaha.

Contoh yang pertama adalah berbagai hiasan rumah seperti hiasan berbentuk miniatur gajah, kuda, cangkir bahkan miniatur kapal layar juga bisa kita buat menjadi kerjinan tangan berbahan batok kelapa ini, ada juga yang mencoba membuat menjadi bentuk naga. Dari sekian banyaknya kerajinan dari batok kelapa ada beberapa yang paling banyak diminati masyarakat salah satunya adalah tas dari batok kelapa.

Dari dulu hingga sekarang tas merupakan barang yang paling diminati oleh para wanita baik yang masih remaja sampai yang sudah tua. Pemanfaatan batok kelapa sangat menguntungkan, dengan modal yang relatif sedikit, kita dapat memperoleh hasil yang lumayan besar.

Selepas dari keunikan tas batok kelapa yang banyak diminati oleh konsumen, tentunya ada juga produk kerajinan tangan dari batok kelapa yang tidak kalah unik, yakni tempat lampu dari batok kelapa, kebanyakan tempat lampu yang sering kita jumpai terbuat dari bahan dasar plastik yang memiliki banyak bentuk unik dan lucu.

Namun bahan dari batok kelapa juga tidak kalah menarik untuk dijadikan bahan dasar pembuatan tempat lampu, selain ketersediaannya yang masih banyak juga harganya yang murah meriah. Berikut cara membuat tempat lampu dari batok kelapa.

Cara Membuat Tempat Lampu Dari Batok Kelapa

Alat dan bahan:

Batok kelapa tua

Kawat besi sekitar 25 cm

Tali dan kulit rotan

Kabel dan lampu

Amplas

Bor listrik

Pernis

Cara pembuatan:

Siapkan batok kelapa.

Amplas bagian permukaan nya.

Lubangi batok kelapa menggunakan bor sesuai selera.

Buat lubang untuk tempat lampu bagian atas batok.

Bersihkan batok kemudian pernis.

Lilit kabel dan kawat dengan tali dan kulit rotan dengan menggunakan lem.

Pasang tali dan dudukan lampu ke batok yang telah selesai di pernis.

Lilitkan juga tali rotan ke sebagian batok bagian atas dengan menggunakan lem, tempat lampu siap dipakai.

Demikian cara membuat tempat lampu dari batok kelapa, semoga bermanfaat bagi kita semua.