Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Telur Gulung Korea Seperti di Drama Korea

cara-membuat-telur-gulung-korea

Halo.. kali ini akan berbagi cara membuat telur gulung korea. Bagi kamu penikmat seluruh hal-hal yang berhubungan dengan korea kamu pasti tidak asing lagi dengan telur dadar gulung korea yang nama aslinya gyeran mari.

Nah pas banget nih pada artikel ini kita akan membahas cara membuat telur gulung ala korea yang rasanya mirip dan enak banget sama negeri asalnya. Cara membuatnya pun mirip dengan cara membuat telur dadar gulung seperti biasanya. Namun gak semua sudah tau tentang asal usul telur dadar gulung korea ini kan?yuk kita simak.

 Asal Usul Gyeran Mari

Telur Gulung asal Korea yang sering disebut Negeri Gingseng  ini sangat populer karena cara membuatnya mudah dan makanan ini sering terlihat di drama korea, variety show di korea, maupun reality show Korea biasa disebut Gyeran Mari.

Bukan hanya disajikan sebagai menu untuk sarapan tetapi telur gulung ini sering juga dijadikan sebagai menu lauk-pauk dan biasanya dibuat sebagai bekal.

Makanan ini sebenarnya sudah banyak dijajakan di warung makan – warung makan yang menjual makanan Korea yang ada di kotamu.

 Tapi teman-teman bisa lho membuatnya sendiri dirumah jika terlalu malas untuk pergi rumah karena kalau dirumah bisa membuat sesuai selera kita, dari segi isian dan rasa. Apalagi biaya membuat sendiri juga lebih murah serta bisa membuatnya sambil bersantai dirumah. Tertarik untuk membuatnya?

Cara Membuat Telur Gulung Korea

cara-membuat-telur-gulung-korea

Bahan dan cara membuat telur gulung korea sangat sederhana yakni hanya telur dadar yang sudah di bumbui dan diisi dengan isian sesuai selera kemudian digulung sampai menghasilkan lapisan yang banyak, lalu di potong-potong menjadi beberapa bagian.

Telur gulung  ala korea adalah makanan pendamping utama yang biasanya dibuat dengan sayuran cincang. Ini hidangan yang mudah disiapkan! Kunci untuk membuat telur gulung sosis yang empuk dan enak adalah dengan memasaknya dengan api kecil. Jika api yang digunakan terlalu besar, kalian akan mendapatkan permukaan cokelat keras yang akan pecah saat dilipat. Jika tidak cukup matang, bagian dalam telur gulung akan berair. Telur harus sedikit basah saat dilipat, atau gulungan akan lepas saat diiris. Jika tidak sempurna pada kali pertama, pasti akan datang dengan latihan!

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 1 buah wortel, potong kotak-kotak kecil
  • 1 genggam daun bayam, iris
  • 1/2 buah tomat, buang bijinya dan potong kotak-kotak kecil
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Mentega secukupnya

Resep membuat Telur Gulung Korea:

  1. Kocok lepas telur, masukkan wortel, bayam, tomat, dan daun bawang.
  2. Masukan bumbunya seperti garam dan lada lalu kocok kembali hingga rata.
  3. Panaskan mentega di atas wajan datar anti lengket, yang berbentuk kotak agar menggulungnya gampang dengan menggunakan api sedang.
  4. Tuangkan ¼ bagian kocokan telur dan ratakan hingga seluruh permukaan wajan datar
  5. Masak hingga setengah matang, lalu jika bagian atas telur masih basah, gulung telur ke salah satu sisi wajan (menyisakan sebagian sisi lainnya kosong)
  6. Masukan kembali ¼ bagian telur ke bagian kosong wajan datar.
  7. Gulung kembali ke salah satu sisinya saat adonan setengah matang.
  8. Ulangi langkah di atas hingga semua adonannya habis.
  9. Saat sudah selesai, padatkan gulungan telur dengan sedikit menekannya disetiap sisi lalu angkat.
    Potong-potong sesuai selera dan siap disajikan.

Bagaimana? Mudah kan cara membuat telur gulung asal Korea ini? Selamat mencoba! Telur gulung ini sangat nikmat dihidangkan dengan nasi putih atau hanya telur saja sebagai teman menonton film pun juga asik. Jangan lupa untuk mencoba juga cara memasak sop buntut kuah yang cocok sebagai hidangan pendamping telur gulung untuk kuah yang segar.

Theme by Anders Norén