Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Telur Balado Ceplok Cabe Hijau Enak Banget

cara-membuat-telur-balado-ceplok

Pembahasan artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat telur balado ceplok cabe hijau. Telur balado ceplok cabe hijau cocok sekali disajikan untuk menu makanan sehari hari dipadukan dengan makanan berkuah kalian bisa coba cara masak sop buntut kuah. Cara membuat telur balado ceplok cabe hijau ini sangat  cocok buat kalian yang suka banget pedas dan ingin memasak yang mudah.

Keistimewaan Telur balado

Masakan khas Minang yang populer dengan sebutan masakan Padang  sangat digemari di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Dengan citarasanya yang pedas, membuat masakan ini banyak digemari berbagai kalangan masyarakat.

Cara Membuat Telur Balado sendiri mudah dan dapat  bersinergi dengan masakan-masakan lainnya. Sajian ini sering dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Jangan lupa tambahkan kecap pada sambal baladonya agar makanannya terasa lebih lezat dan sempurna

Cara Membuat Telur Balado Ceplok Mudah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sajian satu ini juga mudah untuk didapatkan. Tomat, kemiri, cabai dan bawang, Cabai Hijau yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Kalian bisa masak telur balado sebagai pilihan jika sedang darurat dan ingin sesuatu yang cepat tinggal tambahkan nasi saja sebagai pelengkap.

Tidak menyangka dan rasanya senang sekali jika hidangan ini bisa bersanding di luar negeri dan terkenal ke seluruh dunia. Karena masakan ini unik, rasanya enak dan mudah dibuat hingga menjadi tenar. Hanya saja sepertinya menu ini terkadang dipandang sebelah mata hanya karena proteinnya berupa telur. Tapi sesungguhnya, masakan khas Indonesia ini layak mendapat predikat sebagai salah satu masakan nasional negeri ini.

Agar tidak berlama lama kita lanjut yuk ke cara membuat telur balado, mari kita memulai dulu dengan memasaknya. Kalau kalian sudah paham dengan cara membuat telur balado dan sudah mengetahui trik membuat telur balado kalian tidak akan kesulitan lagi untuk membuatnya dan tidak kesulitan untuk memilih masakan pendampingnya.

Jika tidak suka telur ceplok karena biasanya bertekstur kering, maka bisa diganti dengan telur yang lain misalkan seperti telur dadar gulung dan kalian harus tau kalau cara membuat telur dadar gulung gampang banget lhoo dan sangat bisa dikombinasikan dengan sambal balado

Yuk Kita simak cara membuat telur balado!

Cara Membuat Telur Balado Cabe Hijau

 Bahan:

  • 8 butir telur ayam di ceplok seperti biasa
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1sdm air asam jawa(cara membuatnya 1/2 sdt asam jawa dan 1 sdm air)
  • 75 ml minyak, untuk menumis
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bumbu Tumbuk halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 7 buah cabai hijau besar
  • 10 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Telur Balado Ceplok Cabai Hijau

  1. Goreng telur seperti biasa membuat ceplok telur
  2. Tumis bumbu tumbuk sampai harum. Jika sudah harum bisa masukkan daun jeruk dan tomat sampai layu.
  3. Masukkan telur kemudian aduk rata. Bubuhi garam dan gula pasir. Masak di atas api kecil sampai matang.
  4. Menjelang diangkat, tuang air asam jawa. Aduk rata.

Sekian cara membuat telur balado ceplok kali ini semoga bermanfaat !

 

Theme by Anders Norén