Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Ini Lah Cara Membuat Teh Tarik Jelly Dijamin Bikin Nagih Sekali Slurp

Teh merupakan salah satu minuman yang selalu bisa kamu temukan dalam setiap menu-menu tempat makan di mana saja. Mulai dari angkringan di pinggir jalan, warteg, restauran cepat saji, bahkan restauran kelas atas pun pasti menyediakan minuman berbahan dasar daun teh ini. Rasanya yang khas apalagi kalau dinikmati dengan tambahan es batu akan semakin menghilangkan dahagamu atau kalau lagi butuh yang bikin tenang, cukup seduh teh dengan secangkir air hangat. Cara membuat teh tarik jelly sangat mudah loh.

Teh tarik adalah minuman manis berupa teh dicampur susu yang lazim ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Malaysia. Minuman ini biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura, yang menjadikannya sebagai minuman nasional negara tersebut. Minuman ini juga dapat ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, antara lain di Riau, Kepulauan Riau, dan Aceh (disebut teh tarek).

Cara membuat teh tarik secara harfiah berarti ‘teh yang ditarik’ itulah yang dilakukan penjualnya di kedai mamak India ketika membuat minuman ini. Teh dan susu dituangkan melalui udara antara dua cangkir, terus-menerus sampai mencapai tekstur yang kaya dan berbusa. Pembuat cara membuat teh tarik yang terampil bagaikan seniman, tidak pernah menumpahkan setetes pun. Lebih dari sekadar kecakapan memainkan pertunjukan dan tradisi, menuangkan teh tarik melalui udara bermaksud untuk mendinginkan teh dan menghasilkan lapisan berbusa di permukaan minuman.

Cara Membuat Teh Tarik Jelly

Bahan :

  • 1 liter air
  • 3 sdm teh tubruk
  • 1 bks nutrijell plain (15 gr)
  • 9 sdm gula pasir
  • 4,5 sdm non dairy creamer

Cara Membuat Teh Tarik Jelly :

  1. Didihkan 1 liter air dengan teh tubruk.
  2. Masak hingga air berkurang seperempatnya, dan warna teh menghitam.
  3.  Untuk membuat jelly: masak nutrijell dengan 1,5 gelas air teh dan 2 gelas air biasa. Aduk hingga mendidih, sisihkan. Setelah dingin, potong panjang atau serut dengan serutan blewah.
  4.  Untuk membuat teh tarik: masukkan ke dalam wadah, 200 ml air teh, creamer, dan gula. Aduk hingga larut, lalu tambahkan air biasa 600 ml. Cek rasa, dinginkan di kulkas bawah.
  5.  Untuk penyajian, masukkan beberapa sendok jelly ke dalam gelas, lalu beri teh tarik secukupnya, sajikan

Pembuatan Teh Tarik Yang Membuatnya Menjadi Unik

Minuman ini berupa teh yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya (dilempar-lempar). Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya menjadi semakin pekat dan aromanya keluar. Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena kandungan gula di dalam air teh.

Teh tarik merupakan minuman yang banyak dijual di rumah makan para mamak, dan biasanya diminum bersama hidangan seperti nasi lemak, roti canai, roti telur, atau roti tempayan. Bubuk teh yang dijual kiloan sering digunakan untuk membuat teh tarik. Setelah diseduh, teh disaring dengan kain kasa dan dicampur dengan susu kental manis.

Minuman satu ini memang begitu menarik perhatian. Nggak heran jika beberapa produsen minuman kemasan bahkan memproduksi teh tarik dalam bentuk kemasan kecil. Ya, kamu pasti sering menemui teh tarik dalam bentuk kemasan saat berada di supermarket maupun minimarket.

Nah, daripada membeli teh tarik yang instan, nggak ada salahnya kalau membuat sendiri di rumah. dengan membuatnya di rumah membuat kita belajar dan mengontrol kulitas dari minuman tersebut sehingga dapat tidak berlebihan. semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua

Theme by Anders Norén