Cara membuat soft ice cream manual – Soft ice cream atau es krim yang lembut biasanya dijual direstoran cepat saji, dan biasanya dibuat menggunakan mesin. Rasanya yang lembut serta manis membuat orang ketagihan dengan ice cream ini.

Selain itu ice cream tersebut juga mudah dimakan terutama oleh anak-anak. Jadi aman untuk buah hati. Karena ice cream tersebut mengandung susu dan krim asli. Mungkin jika kita membelinya di restoran cepat saji harganya juga cukup mahal, dan ice cream yang disajikan juga sedikit.

Jika kita menginginkan yang murah serta banyak, maka kita harus membuatnya sendiri di rumah. Kalian semua pasti ingin membuatnya sendiri di rumah namun kebingungan karena kalian semua tidak memiliki mesin ice cream? Tenang saja, karena disini saya ada solusinya.

Anda tidak perlu kebingungan untuk mencari mesin ice creamnya. Karena dengan alat seadanya dan sederhana seperti blender pun biasa menjadikannya soft ice cream yang lembut seperti di restoran cepat saji. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa cara membuat soft ice cream manual yang mudah tanpa ribet.

Cara Membuat Soft Ice Cream Manual

soft ice cream

Baca Juga : Cara Membuat Ice Cream Sundae Ala Restoran

Cara membuat soft ice cream ternyata mudan dan simpel lho teman. Simak dan ikutilah langkah-langakah berikut ini.

Untuk alatnya kita hanya membutuhkan pengkocok, blender dan lemari es. Dan untuk bahan-bahannya hanya membutuhkan  cream cair , susu, gula, telur, bubuk perasa, vanili dan sedikit garam. Langsung saja kita ikuti cara pembuatan berikut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 250ml whipping cream cair
  • 150ml susu full cream
  • 2 butir kuning telur
  • 50ml air es
  • 10sdm gula pasir
  • 1sdt vanili
  • 1/2sdt garam
  • 2sdm bubuk perasa

Cara membuat :

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Setelah itu kita mulai dengan mengkocok kuning telur dan gula pasir hingga berwarna kuning pucat.
  2. Langkah kedua yaitu kita blender susu dan whipping cream hingga mengeluarkan busa. Lalu tuangkan kedalam adonan gula pasir dan telur.
  3. Langkah ketiga, kemudian kita kocok sampai mengental sambil kita tuangkan air es, bubuk perasa, vanili, dan garam. Lalu kita kocok terus hingga mengembang dan mengental. Biasanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit untuk membuatnya mengembang.
  4. Langkah keempat kita masukkan ke dalam freezer selama 2 jam dengan suhu paling dingin agar cepat membeku. Jika sudah membeku kita kocok kembali hingga mengental lagi, lalu masukkan kembali ke dalam freezer. Lakukan langkah ini kurang lebih 2 atau 3 kali.
  5. Langkah Terakhir adalah kocok ice cream kembali lalu masukkan ke dalam plastik dan potong ujung plastiknya untuk mengeluarkan dan meyajikan ice creamnya.
  6. Sajikan ice crem dengan cone dan beri topping saus coklat atau buah-buahan lainnya.
Baca Juga : Resep Ice Cream Roti Tawar Yang Cocok Untuk Camilan Dietmu

Nah itulah resep atau cara membuat soft ice cream manual, jika anda memiliki mixer akan lebih mempermudah dalam pembuatan ice cream ini. Namun jika anda tidak memiliki kedua – duanya, anda dapat mencampurkan adonannya dengan merebus seluruh adonan menjadi satu.

Dan bila anda tidak memiliki lemari pendingin, namun anda menginginkan membuat ice cream sendiri anda dapat menggantinya dengan beberapa bongkahan es batu dan garam. Namun cara tersebut cukuplah ribet karena jika es batu mencair nada harus menggantinya. Anda juga harus melakukan putaran-putaran pada wadah adonannya agar cepat membeku. Cara tersebut kurang efektif karena memerlukan waktu yang cukup lama.

Jika anda menginginkan ice cream yang mirip seperti ice cream di restoran cepat saji, dan anda ingin menjualnya sebaiknya anda menggunakan mesin agar lebih cepat dan hasilnya maksimal. Namun sayangnya modal untuk membeli mesin ice cream tersebut cukup mahal.

Untuk mempermudahnya lagi sebaiknya anda membeli bubuk ice cream, karena anda hanya tinggal mengkocoknya dan menambahkan sedikit air. Jadi anda tidak perlu menambahkan telur, susu, gula, whipping cream, dll. Karena semua bahan tersebut telah menjadi 1 dalam bentuk bubuk ice cram.

Itulah cara membuat soft ice cream manual yang mudah dan sederhana, semoga bisa membantu anda dalam membuat ice cream tersebut. Sekian dari saya dan Terimakasih!