Cara membuat sirup aloevera – aloevera atau lidah buaya ternyata tidah hanya dijadikan sebagai bahan obat-obatan saja, melainkan dapat diolah menjadi minuman segar.  Tanaman ini cukup mudah dijumpai jadi tak heran jika masyarakat sering menggunakan atau mengolah makanan ini.

Lidah buaya juga kaya akan manfaat yang menyehatkan tubuh kita. Selain digunakan sebagai obat luka, ataupun penyubur rambut, ternyata lidah buaya memiliki khasiat yang tak terduga bagi tubuh kita ini. Seperti membantu proses pencernaan kita.

Jadi jika anda memiliki masalah pencernaa, seperti sembelit, susah bab, dll. anda dapat mengkonsumsi lidah buaya ini untuk membantu meredakan penyakit tersebut. Namun mengkonsumsinya harus diolah terlebih dahulu, dan harus dicuci hingga bersih sampai hilang lendirnya.

Jika masih terdapat lendirnya, maka kemungkinan besar kita tidak mendapatkan manfaat melainkan efek sampingnya. Jadi sebisa mungkin kita mengolahnya dengan benar dan tepat ya teman.  Olahan lidah buaya yang cukup terkenal dan populer adalah jelly, permen, ataupun nata de aloevera. Namun ternyata ada olahan lainnya yang sering kita jumpai namun kita tak tahu cara membuatnya.

Olahan tersebut adalah sirup, sirup aloevera atau sirup lidah buaya. Sirup yang bahan dasarnya lidah buaya. Pasti anda disini belum pernah mendengar sirup yang terbuat dari lidah buaya, dan biasanya anda hanya mengetahui sirup coco pandan, melon, jeruk, dll. Namun jika sirup terbuat dari lidah buaya, pasti anda disini penasarankan dengan sirup lidah buaya.

Nah disini saya akan berbagi resep tentang cara membuat sirup aloevera atau sirup lidah buaya yang unik nan menyehatkan. Cara membuatnya pun cukup mudah, bahannya juga mudah didapat, serta khasiat yang kita dapat juga cukup banyak. Maka untuk itu sebaiknya kita ganti sirup – sirup diatas dengan sirup lidah buaya ini.

Pasti anda disini penasarankan dengan cara membuat sirup aloevera, yuk langsung saja simak cara pembuatan berikut ini.

Baja Juga : Cara Membuat Es Krim Lidah Buaya 

Cara Membuat Sirup Aloevera

cara membuat sirup aloevera

cara membuat sirup aloevera

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Lidah buaya
  • 1kg gula pasir
  • 500 ml air
  • pewarna makanan
  • benzoat.
  • Asam sitrat 1 gram
  • 5sdm kapur sirih

Cara membuat :

  1. Pertama potong-potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya saja.
  2. Kemudian cuci bersih menggunakan air mengalir hingga bersih. Jika masih terdapat lendirnya, kita rendam menggunakan air kapur sirih dan remas-remas hingga lendirnya menghilang. Bilas menggunakan air bersih.
  3. Jika sudah rebus daging lidah buaya tersebut hingga mendidih. Lalu sisihkan agar dingin.
  4. Kemudian blender lidah buaya tersebut hingga hancur lembut. Lalu saring lidah buaya tersebut, dan ambil air saringannya saja.
  5. Setelah itu masak air saringan tersebut dengan gula pasir dan sedikit tambahan air untuk mencairkannya. Masak dengan api sedang dan aduk terus hingga gula pasir larut dalam air.
  6. Sebelum mendidih kita tambahkan pewarna makanan, asam sitrat, dan benzoat.
  7. Aduk terus hingga mendidih. Jika sudah mendidih kita diamkan hingga dingin. Lalu tuangkan ke dalam botol dan jadilah sirup lidah buaya.

Baca Juga : Bisnis Usaha Es Krim Ubi Jalar Yang Mudah dan Menguntungkan

Oalahan diatas juga dapat anda jadikan sebagai usaha lho teman. Karen di zaman modernisasi ini semakin berinovasinya bermacam-macam olahan yang justru jarang kita mengkonsumsinya. Nah untuk itu semoga resep diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Selain membahas tentang resep diatas, disini saya juga akan menginformasikan kepada anda, apa saja sih khasiat lidah buaya untuk tubuh. Yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Mengobati sembelit

Aloevera dapat mengobati sembelit, karena aloevera mengandung laksatif baik untuk pencernaan, dan juga antrakuquinon pada lateks aloevera dapat meningkatkan kadar air di dalam usus yang dapat membantu melancarkan pencernaan kita.

2. Membantu sistem pencernaan

Lidah buaya atau aloevera selain dapat mengobati sembelit ternyata juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita. Apalagi jika diolah menjadi minuman jus. Karena jus lidah buaya dapat membantu menormalkan asam basa dan keseimbangan pH yang ada di dalam usus kita. Sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan kita.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Enzim yang ada di dalam lidah buaya dapat memecah protein yang kita makan menjadi asam amino. Yang kemudian akan  mengubah enzim tersebut menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel berfungsi dengan baik. Sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh infeksi.

4. Antioksidan dan Mengurangi Peradangan

Aloevera mengandung vitamin A dan C yang membantu mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas.

Nah itulah beberapa manfaat aloevera untuk tubuh kita. Semoga kita disini selalu dalam keadaan sehat dan mendapatkan manfaat tersebut. Sekian dari saya dan terimakasih!