Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Inilah Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk yang Jadi Primadona!

seblak kering kerupuk

Cara membuat seblak kering kerupuk sangatlah mudah. Namun, tidak banyak orang yang belum tahu caranya. Meskipun tergolong mudah. Memasak seblak memerlukan waktu cukup lama. Agar kerupuk tidak mengembang. Sehingga seblak kerupuk kering menjadi produk gagal.

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang ramai peminatnya. Sekarang ini, seblak sudah memiliki varian kering. Salah satunya adalah seblak kerupuk kering. Rasa pedas gurih dan renyah akan kalian rasakan di seblak.

Seblak merupakan makanan yang sangat populer. Baik remaja atau orang dewasa suka dengan seblak. Sebenarnya, seblak berasal dari kerupuk. Kemudian direndam hingga lembek. Lalu dimasak dengan beberapa bumbu. Agar cita rasanya enak.

Salah satu varian seblak adalah seblak kering. Dapat kamu nikmati menjadi camilan ranyah dan pedas saat bersantai. Bumbu dengan rasa pedas merupakan perpaduan pasti. Kalian tidak bisa melepas kata pedas pada seblak.

Hal ini pula yang membuat popularitas seblak meningkat. Banyak orang yang menjadikan seblak sebagai ladang penghasilan. Mereka membuat seblak kering lalu dikemas cantik dan dijual. Lumayan kan untuk pemasukan kantong.

Rasa pedas yang disajikan memang menjadi daya tarik. Terlebih pagi para kaum muda. Yang cenderung konsumtif dan menyukai makanan pedas. Itu sebabnya peminat seblak rata – rata adalah kaum muda. Sedang penikmati seblak basah dari semua kalangan.

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk

seblak kering kerupuk

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kerupuk ikan atau kerupuk udang
  • 3 lembar daun jeruk
  • cabe merah keriting secukupnya
  • 5 siung bawang merah
  • cabe rawit merah secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • bon cabe secukupnya
  • kunyit bubuk secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • penyedap rasa sapi
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk :

  1. Haluskan bumbu – bumbu seblak. Cabe, bawang putih, bawang merah, kunyit, dan daun jeruk. Lalu sisihkan.
  2. Siapkan minyak dalam wajan dan letakkan di atas kompor. Rendam kerupuk dalam minyak kurang lebih 15 menit. Pastikan semua kerupuk terendam.
  3. Setelah itu, nyalakan kompor dengan api kecil. Sambil diaduk aduk. Tunggu selama kurang lebih 20 menit. Pastikan suhu minyak tidak terlalu panas. Karena jika panas kerupuk akan mengembang.
  4. Setelah kerupuk matang. Angkat dan tiriskan. Lalu sisihkan di wadah lain sebelum dibumbui.
  5. Tumis semua bumbu halus dengan sedikit minyak di wajan. Tunggu hingga tecium bau harum yang sedap.
  6. Tuangkan penyedap rasa, gula, garam dan bon cabe. Aduk rata bumbu.
  7. Setelah itu masukkan kerupuk dan aduk rata. Pastikan semua kerupuk terbaluri bumbu.
  8. Setelah selesai. Angkat dan letakkan di wadah. Seblak kerupuk kering siap kalian nikmati.

Tips :

Jika sudah matang. Kalian bisa menikmati sajian ini selagi hangat. Jika ingin disimpan. Pastikan diletakkan di toples tertutup. Tujuannya agar seblak tetap renyah. Sehingga ketika dinikmati lagi tetap enak.

Aku ada tips nih biar hasil gorengan lebih bagus. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Fungsinya apa sih? Biar hasil gorengan kerupuk kalian lebih bagus dan sempurna.

Seblak juga memili banyak manfaat bagi tubuh. Asalkan porsinya masih batas wajar ya. Kalian bisa menghilangkan stress dengan memakan seblak. Cabai yang dipakai juga mengandung vitamin C. Yang jelas baik bagi tubuh.

Vitamin dan protein yang terkadung sangat membantu. Tubuh akan lebih kuat dengan protein dan vitamin. Kalian juga tidak akan mudah terserang penyakit. Sehingga kalian akan lebih sehat daripada sebelumnya.

Manfaat seblak yang lain adalah menghilangkan stress. Hal ini disebabkan efek kejut pada lidah. Bisa membuat kita melepaskan stress. Sehingga kalian akan lebih relax dan lega. Gimana? Banyak juga ya manfaatnya.

Gimana?  Banyak juga ya ternyata manfaat seblak. Namun, porsi makan kalian harus tetap dibatasi. Karena makan pedas secara berlebihan dengan jangka waktu panjang. Sangat membahayakan kesehatan kita.

Sekarang, kalian bisa membuat keripik seblak sendiri di rumah. Seblak kering kerupuk bisa kalian jadikan camilan saat bersantai. Atau bisa saat berkumpul dengan keluarga atau teman kalian. Sehingga acara berkumpul lebih seru. Selamat mencoba!

 

Theme by Anders Norén