Cara Membuat Sambal Bajak

Cara membuat sambal bajak – Indonesia dikenal memiliki banyak kuliner khas dari berbagai daerah di setiap provinsinya. Salah satu kuliner yang hadir di semua provinsi dengan ciri khasnya masing-masing adalah sambal. Sambal merupakan olahan dari cabai yang rasanya pedas. Di setiap daerah, sambal pun dikreasikan dan menjadi pendamping menu untuk makanan tertentu. Provinsi Jawa Timur dengan sambal bajaknya merupakan yang paling populer. Dibandingkan dengan sambal-sambal lainnya yang sudah ada, cita rasa dari sambal bajaklah yang paling beda. Membangkitkan selera makan dan membuat ketagihan. Walaupun Anda hanya memiliki nasi hangat saja. Ketika dimakan bersama sambal ini, rasa nikmat pun tidak bisa Anda hindari. Pedas, namun menyegarkan.

Bahan-Bahan dalam Cara Membuat Sambal Bajak:

  1. 2 buah tomat merah segar. Cuci hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil.
  2. 2 lembar daun salam.
  3. 1 batang serai. Ambil bagian batang putihnya yang telah dikupas bagian kulit luarnya, kemudian memarkan.
  4. 2 cm, lengkuas. Cuci dan bersihkan bagian kulitnya. Memarkan.
  5. ¼ sendok teh garam, atau secukupnya.
  6. ¼ sendok teh gula merah yang disisir, atau secukupnya.
  7. 1 sendok makan air asam jawa yang diambil dari asam jawa pekat sebanyak ½ sendok teh dan dilarutkan dengan air sebanyak 2 sendok makan.
  8. 5 sendok makan minyak sayur untuk menumis, atau secukupnya.
  9. Bumbu yang dihaluskan:
  • 8 buah cabai merai keriting segar. Opsional, jika Anda ingin lebih pedas makan bisa menambahkan lebih banyak dan jika ingin rasa yang tidak terlalu pedas tinggal dikurangi saja. Cuci bersih terlebih dahulu.
  • 5 buah cabai rawit segar. Sama seperti cabai keriting, opsional. Bisa ditambah atau dikurangi jumlahnya. Cuci bersih sebelum digunakan.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 sendok teh terasi bakar. Opsional, jika tidak ingin atau tidak suka terasi, Anda bisa melewati bahan yang satu ini.

Langkah-langkah Dalam Cara Membuat Sambal Bajak:

  1. Siapkan dan panaskan wajan untuk menumis. Tuangkan minyak, setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Gunakan api sedang.
  2. Setelah bumbu halus yang ditumis tersebut mengeluarkan aromanya, masukkan segera lengkuas dan serai yang dimemarkan berikut daun salam dan gula merah sisirnya. Aduk-aduk dan tumis kembali hingga serai dan lengkuas terlihat layu.
  3. Selanjutnya, masukkan tomat. Aduk dan tumis kembali hingga tomat tersbeut layu.
  4. Tambahkan air asam jawa berikut garam. Cicipi apakah rasa yang Anda inginkan sudah pas atau belum. Pada tahap ini Anda bisa kembali menambahkan sisiran gula merahnya jika dirasa masih kurang. Sebaiknya, Anda tidak menambahkan penyedap rasa untuk hasil masakan yang lebih sehat.
  5. Setelah rasanya pas dan semua bahan matang, Anda bisa segera mengangkat dan menyajikannya dalam mangkuk saji.

Simak juga: Ini Dia! Resep Sambal Bawang Putih Yang Enak Dan Istimewa atau Cara Membuat Kacang Bawang Yang Lezat Dan Praktis