Cara Membuat Rujak Es Krim Solo. Rujak adalah makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Makanan berasa khas pedas ini hampir bias dijumpai di banyak wilayah negara kita. Selain segar, makanan yang satu ini juga banyak manfaatnya. Salah satunya adalah vitamin C yang berguna bagi tubuh kita.

Biasanya rujak kita temui di daerah jogja saja, tapi saat ini rujak sudah bisa kita tiemui di berbagai daerah di Indonesia seperti di kota solo. Kota ini adalah salah satu kota yang mempunyai banyak makanan khas nikmat dan lezat. Seiring berkembangnya jaman di kota solo sekarang kita bisa menemui rujak.

Rujak terbuat dari  buah-buahan yang dicampur dengan sambal khas yang pedas dan manis. Sambal inilah yang memberikan sensasi rasa di lidah kita. Rasa pedas yang dibumbui sedikit buah asam menambah rasa rujak jadi semakin ramai dan segar.

Cara membuat es krim rujak solo sangatlah mudah. Dari pada jauh-jauh datang ke solo hanya untuk mencoba rujak ini. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Nah penasaran dengan cara membuat rujak es krim solo? Kali ini penulis akan membagi cara membuat rujak es krim solo agar anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Bahan Untuk Membuat Rujak Es Krim Solo:

  1. Mangga Muda sesuai selera.
  2.  Buah Kedondong 300 Gram.
  3.  Mentimun.
  4. Bengkoang.
  5. Buah Nanas.
  6. 300 Gram belimbing.

Bahan Untuk Membuat Sambal :

  1. Cabai Rawit (sesuai selera).
  2. 2 sendok teh terasi bakar atau goreng.
  3. 70 gram Gula Jawa.
  4. 1 sendok makan air asam jawa.
  5. 100 ml air matang (secukupnya).

Langkah Dan Cara Membuat Rujak Es Krim Solo:

  1. Ulek cabe rawit dan terasi bakar atau goreng sampai halus.
  2. Rebus air, asam jawa, gula jawa, garam dan masukkan ulekan cabe rawit dan terasi tadi ke dalam rebusan. masak hingga mendidih dan jangan lupa untuk terus diaduk.
  3. Jika sudah mendidih angkat lalu saring dan diamkan beberapa menit agar campuran tersebut dingin.
  4. Kupas dan cuci buah-buahan yang sudah kamu siapkan.  Serut buah-buahan tadi menggunakan alat serutan buah kedalam wadah.
  5. Langkah selanjutnya ambil piring saji lalu masukkan serutan buah-buahan tadi dan siram serutan buah tadi dengan sambal yang sudah dingin tadi, lalu aduk agar sambal dan serutan buah tercampur rata.
  6. Tambahkan 1 cup es krim sesuai selera di atasnya. rujak siap dinikmati!.

Anda juga bisa membaca tentang Resep Es Jeruk Selasih Yang Enak Dan Nyegerin!