Siapa yang tidak mengenal Roti Buaya? Pastinya sebagian masyarakat khususnya Indonesia mengenal makanan ini. Jika dilihat secara langsung, sajian roti yang satu ini terbilang cukup unik. Pada artikel ini, kami akan memberikan resep Cara Membuat Roti Buaya Isi Strawberry. Resepnya ini sebenarnya mudah, hanya saja sedikit butuh keterampilan dalam membentuknya.

Saat ini, roti buaya sangat mudah dijumpai diberbagai toko roti (bakery) di seluruh Indonesia. Sehingga bisa kita jumpai adanya berbagai macam aneka rasa roti buaya misalnya: coklat, stroberi, dan keju. Roti buaya ini rasanya hampir sama dengan roti tawar pada umumnya, yang menjadi perbedaan hanyalah pada bentuknya. Roti buaya memang dibentuk menyerupai bentuk seekor buaya.

Karena secara tekstur dan bentuknya memang mirip dan menyerupai hewan buaya. Roti Buaya ini biasanya di sajikan saat-saat acara pernikahan, khitanan dan acara serupa lainnya. Selain itu, terkadang Roti ini juga cocok untuk sekedar menu cemilan anak-anak yang khitanan.

Awalnya, roti buaya dibuat dari adonan roti yang tawar, namun seiring perkembangannya, Kini roti buaya dibuat dengan diberi rasa manis. Selain itu, pastinya Cara Membuat Roti Buaya berbeda dengan Resep Roti Sobek Isi Pisang ini.

Hal Menarik Dari Roti Buaya

Roti Buaya, adalah Roti yang bentuknya unik dan pastinya seperti hewan buaya, rasa manis, ditambah berbagai macam toping. Salah satu istilah yang sering didengar ketika ada pernikahan menggunakan adat betawi ialah Seserahan roti buaya.

Ini adalah salah satu bawaan wajib, yang harus dibawa oleh mempelai pria untuk mempelai wanita, waktu  lamaran maupun  akad nikah.Seiring dengan perubahan zaman, seserahan roti buaya kini mengalami pergeseran nilai dan juga fungsi. Dahulu roti buaya dibuat hanya untuk simbol semata, tidak untuk dikonsumsi juga.

Sebab itu  dibuat sekeras mungkin dan semakin keras semakin baik. Untuk kemudian diletakkan di tengah ruangan acara resepsi, sampai acara selesai. Kemudian roti ini akan disimpan di atas lemari, maupun dekat pakaian di kamar pengantin, lalu dibiarkan hingga digerogoti oleh binatang renik.

Karena tidak menggunakan perisa apapun dan dibuat dalam kondisi keras, maka roti jenis ini cenderung awet. Hal ini yang melambangkan bahwa pernikahan suami istri tersebut akan awet, hingga maut memisahkan.

Cara Membuat Roti Buaya Isi Strawberry

Bahan yang diperlukan :

  • 500 gr terigu
  • susu bubuk 30 gr
  • 30 gr gula pasir
  • 30 gr mentega
  • 1 sdm gist
  • 500 cc air
  • garam secukupnya
  • Selai Strawberry secukupnya

Resep Roti Buaya Isi Strawberry :

  1. Campur dan aduk jadi satu bahan kering; tuangi air, aduk hingga tercampur, masukkan mentega, aduk hingga menjadi adonan
  2. Diamkan 45 menit hingga mengembang
  3. Potong-potong adonana masing-masing 50 gram, pulungi dan biarkan 15 menit
  4. Bentuk adonan yang telah dipulung menyerupai buaya,
  5. Isikan didalamnya selai strawberry,
  6. Kemudian letakkan diatas loyang yang telah diolesi blue band, biarkan mengembang kembali 45 menit
  7. Panggang hingga kuning kecoklatan dan matang, hidangkan.

Mungkin itu tadi adalah beberapa contoh Cara dalam Membuat Roti Buaya yang bisa kalian praktekkan di rumah dengan mudah. Terlihat menarik dan juga sedikit mengasah keterampilan bukan.

Karena itu, Roti Buaya ini juga cocok untuk disajikan saat kumpul Bersama keluarga, maupun saat ada acara kumpul yang terdapat banyak orang. Jika anda ingin resep varian lain dari roti buaya ini, anda dapat mengunjungi resep Cara Membuat Roti Buaya.

Jadi, mungkin itu saja informasi mengenai Cara Membuat Roti Buaya yang bisa kami berikan. Semoga informasi resep resep yang telah kami bagikan kepada anda diatas bisa bermanfaat pastinya. Sajikanlah Roti buaya ini dengan minuman segar seperti jus buah, maupun sirup untuk emanmbah kenikmatan saat mencicipinya. Terima kasih dan selamat mencoba.