Ini dia cara membuat rambut nenek tanpa mesin yang mudah. Resep praktis gulali untuk Anda yang ingin mencoba dengan ala rumahan dijamin bikin ketagihan.  Makanan manis yang terbuat dari gula pasir ini sangat tradisional, karena sudah ada sejak dulu.

Rambut nenek atau gulali rambut nenek ini terbuat dengan bahan utama atau baku gula yang diolah sampai dengan hasil yang diinginkan.

Cara membuat rambut nenek tanpa mesin ini juga mudah dan praktis, karena tanpa mesin Anda sudah bisa membuatnya.

Kenapa disebut dengan rambut nenek, karena gulali jenis ini berbentuk acak-acakan tidak teratur seperti rambut nenek-nenek. Oleh karena itu, kebanyakan orang menyebut gulali ini dengan sebutan rambut nenek.

Dulu gulali rambut nenek ini hanya berwarna putih agak kecoklatan saja, tetapi seiring dengan perkembangan zaman rambut nenek ini memilik banyak warna mulai dari merah, hijau, dan lain sebagainnya.

Jika Anda ingin membuat rambut nenek ini, disini kami akan memberikan cara membuat rambut nenek tanpa mesin.  Berikut ini langkah dan cara membuat rambut nenek tanpa mesin.

Baca juga : Cara Membuat Kopi Susu Dingin (SEGAR BANGET!)

Langkah Dan Cara Membuat Rambut Nenek Tanpa Mesin

Dalam cara membuat rambut nenek tanpa mesin ini juga sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang di butuhkan juga sangat mudah, Anda bisa membelinya di warung atau toko terdekat Anda.

Bahan-Bahan Yang Anda Dibutuhkan :

  • Gulaku atau bisa menggunakan gula pasir putih yang bersih 1 kilogram.
  • Tepung terigu ¼ kilogram.
  • Minyak goreng yang bersih ¼ liter.
  • Pewarna makanan sesuai dengan selera Anda.

Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek Tanpa Mesin :

  1. Langkah dan cara membuat rambut nenek tanpa mesin yang pertama adalah masukkan gula pasir gula pasir dan pewarna makanan kedalam panci dengan 1 gayung air bersih, kemudian di masak sampai mengeluarkan busa dan mengental.
  2. Sebelumnya, masak tepung terigu dengan minyak goreng hingga bewarna cokelat.
  3. Sesudah adonan matang kemudian dingingkan sambal membolak-balik gula menggunakan spatula sampai membentuk adonan dan aduk-aduk terung agar tak mengeras.
  4. Setelah itu, siapkan meja dengan kayu yang di letakkan ditengah-tengah meja dengan alas seng, lalu taburi tepung terigu yang sudah dimasak dengan minyak goreng tadi.
  5. Langkah dan cara membuat arum manis rambut nenek tanpa mesin  berikutnya adalah oleskan meja menggunakan minyak goreng yang ada dimasak dengan tepung terigu.
  6. Setelah itu, ratakan dan letakkan adonan arum manis rambut nenek diatas meja, buat lubang seperti donat, kemudian masukkan kedalam kayu penompang lalu tarik (dalam proses penarikannya harus keadaan masih panas gulannya.
  7. Adonan arum manis rambut nenek di tarik dengan terus menerus dengan cara yang sama agar gulanya berubah menjadi lembaran-lembaran rambut yang lurus hingga benar-benar halus. Eitzz, menariknya harus menggunakan tenaga extra ya.
  8. Jika tidak, adonan arum manis nggak akan jadi, dia malah akan menjadi kristal kecil yang kasar.
  9. Jika sudah jadi lalu masukkan arum manis rambut nenek kedalam plastic atau toples kemudian tutup dengan rapat.

 

Cara membuat arum manis rambut nenek tanpa alat sudah selesai. Selamat menikmatinya.

Bagaimana, mudah dan praktis bukan? Pasti mudah kan. Dengan begitu Anda sudah bisa membuat rambut nenek dengan sendiri dan kapan saja. Sekaligus dengan bernostalgia dengan makanan manis ini.

Membuka Usaha Dengan Gulali  Rambut Nenek

Anda juga bisa membuka usaha dengan rambut nenek ini, dengan mengeluarkan modal yang sedikit, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Jika ingin lebih menarik, Anda menambahkan warna-warna yang mencolok segar agar pembeli tertarik dengan rambut nenek buatan Anda ini.

Baca juga : Ini Dia Cara Membuat Permen Kapas Yang Legit Dan Halus Ala Rumahan

Baiklah dengan begitu artikel tentang langkah dan cara membuat rambut nenek tanpa mesin dengan resep yang kami sampaikan semoga sangat bermanfaat bagi Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.