Cara membuat pupuk kompos sederhana yang begitu mudah namun dengan keuntungan yang melimpah, membuat pupuk kompos dijuluki black gold, atau emas hitam. Peluang pupuk kompos sebagai usaha yang menguntungkan begitu besar.

Diperuntukkan untuk anda yang memiliki kebun sendiri di rumah, mengetahui cara membuat pupuk kompos sederhana menjadi hal yang patut anda ketahui.

Terlebih lagi, dengan menerapkan pengelolaan pupuk kompos di rumah anda, kini anda dapat mengurangi penumpukan sampah di tempat sampah anda dan mengalihkannya ke tempat pembuatan kompos.

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Apa itu kompos? Bagaimana cara membuat pupuk kompos sederhana? Arti dari membuat kompos, atau composting, adalah mengambil sampah dan sisa dari dapur-mu, lalu memprosesnya agar terurai bersama tanah yang nantinya bisa sangat bermanfaat bagi tanamanmu.

Sederhananya, composting adalah kegiatan mengontrol serta mempercepat proses penguraian sampah dengan cara mendaur-ulang bahan-bahan organik dan mengubahnya menjadi elemen tanah yang kaya akan nutrisi.

Kalau dipikir-pikir lagi, konsepnya mungkin semacam membuat sampah-sampah organik ini ‘lahir kembali’. Semacam reinkarnasi hehehe.

Nah, berikut ini adalah kiat-kiat yang perlu kamu perhatikan dalam membangun sistem cara membuat pupuk kompos sederhana. Ayo kotori tanganmu!

Penentuan Lokasi dalam Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Apabila kamu merencanakan sistem pembuatan kompos di luar rumah, pilihlah lokasi yang dekat dengan sumber air. Tak hanya itu, akses terhadap cahaya matahari juga perlu kamu perhatikan.

Baiknya, sistem pembuatan kompos milikmu berada di lokasi yang mendapatkan cahaya matahari secukupnya. Tentunya, kamu tidak ingin bahan-bahan pupuk kompos-mu mengering seluruhnya. Meskipun demikian, cahaya matahari memang membantu mempercepat prosesnya.

Apa yang Bisa Kamu Masukkan ke Wadah Sistem Pembuatan Kompos-mu

Tambahkanlah benda-benda dengan kandungan nitrogen (hijau) atau benda-benda berbasis karbon (coklat) ke dalam wadah kompos-mu. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan menjaga rasio antara barang-barang hijau dan coklat sekitar 1:2.

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa kamu masukkan ke wadah kompos-mu:

1. Mengandung Nitrogen (Hijau)
  • Sisa sayuran dan buah-buahan
  • Sisa potongan rumput segar
  • Kulit kacang atau kulit telur
  • Ampas kopi
  • Ampas teh
  • Roti-rotian
  • Kotoran hewan (sapi, kambing, ayam, atau kelinci
2. Mengandung Karbon (Cokelat)
  • Kardus
  • Daun kering, ranting pohon, buah pohon pinus
  • Kemasan telur dari karton
  • Serbuk kayu
  • Jerami
  • Tisu dan koran bekas
  • Kain pembalut
  • Kertas bekas
  • Tutup botol dari gabus

Saya sarankan untuk membaca artikel mengenai limbah organik untuk keterangan yang lebih lengkap mengenai bahan pupuk kompos.

Apa yang Tidak Boleh Dimasukkan Ke Dalam Wadah Kompos

Sebagian besar sistem cara membuat pupuk kompos sederhana tidak memiliki temperatur internal yang dibutuhkan guna membunuh bakteria-bakteria yang ada dalam benda-benda berikut ini secara sempurna.

  • Tulang dan daging
  • Lemak serta minyak untuk memasak
  • Produk-produk susu (susu, keju, mayonnaise, dan lain-lain)
  • Kotoran kucing atau anjing
  • Rumput liar atau tanaman yang sakit
  • Sisa potongan rumput yang terkena pestisida

Maka dari itu, lebih baik untuk tidak memasukkan benda-benda yang ada di daftar di atas ke dalam sistem pembuatan kompos-mu. Ditambah lagi, menambahkan komponen sintetis ke dalam sistem pembuatan kompos dapat menghancurkan mikroorganisme yang dibutuhkan dalam proses pembuatan pupuk kompos.

Variasi Gaya dan Ukuran Sistem Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

Disinilah kreatifitasmu diuji. Untuk sistem cara membuat pupuk kompos sederhana, tentunya diperlukan wadah yang mumpuni untuk memproses sampahmu menjadi kompos.

Jika kamu tinggal di apartemen kecil, baiknya kamu memilih wadah dengan ukuran yang lebih kecil. Semisal, sistem kompos meja, atau dengan menggunakan tong sampah kecil yang kira-kira muat untuk ditaruh di balkon apartemen-mu.

Namun jika kamu memiliki halaman kebun yang luas, saya menganjurkan untuk membuat sistem kompos dengan 2 atau 3 bak seperti gambar di atas. Keuntungan dari bak yang lebih dari satu ini adalah kamu akan memiliki bak yang aktif memproses dan bak dengan pupuk yang siap dipanen.

Langkah-langkah Membuat Pupuk Kompos

Langkah-langkah dasar dalam cara membuat pupuk kompos sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Penumpukkan/Pelapisan
  2. Pengairan
  3. Pengadukkan/Pembalikan
  4. Pengulangan

Mulailah dengan membuat bak kompos-mu di atas tanah dengan resapan yang baik. Kamu dapat melapisi dasar bak-mu dengan batu dan kerikil guna membantu resapan atau sistem drainase.

Isi bak kompos-mu dengan 15 cm lapisan ‘coklat’, lalu tambahkan lapisan ‘hijau’ sekitar 5-8 cm. Siram dengan air agar timbunan sampahmu menjadi lembab, tapi jangan sampai terendam. Ulangi proses ini hingga bak-mu penuh terisi, lalu aduk dan balik ‘adonan’-mu.

Semakin sering kamu mengaduk dan membalik ‘adonan’-mu, semakin cepat juga proses penguraian bahan organik dalam bak kompos-mu. Konsep yang sama juga berlaku pada pembuatan pupuk organik padat.

Pupuk kompos dapat dinyatakan siap pakai apabila warnanya sudah berubah menjadi coklat gelap seperti tanah yang sehat. Bentuknya juga gembur namun agak lengket seperti tanah liat. Aroma-nya juga sangat khas bau tanah.

Biasanya, pupuk kompos akan siap digunakan dalam waktu kurang lebih 2 bulan hingga setahun. Rentang waktu ini bergantung pada bahan dasar kompos-mu, rasio bahan, serta frekuensi pengadukan.