Selain dibuat keripik pisang, buah pisang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan lain seperti pisang coklat. Camilan satu ini cukup digemari karena ada sensasi rasa coklatnya yang manis. Cara membuat pisang coklat pun sangat mudah untuk dicoba.

Pisang coklat adalah jajanan yang mudah anda temui di para pedagang-pedagang jajanan. Sangat nikmat dikonsumsi selagi masih panas, sambil minum teh atau kopi makan pisang coklat akan terasa lebih nikmat.

Pisang coklat sangat cocok untuk camilan pagi hari, bisa juga anda jadikan bekal sekolah anak anda. Bukan saja enak, pisang coklat juga kaya akan vitamin dan karbohidrat. Dengan bermodal kulit lumpia yang bisa anda beli di warung dan coklat/mesis, dalam waktu kurang satu jam anda bisa membuat pisang coklat anda sendiri.

Pisang dan Manfaatnya

cara membuat pisang coklat

Buah pisang adalah nama yang dipakai untuk tumbuhan raksasa berdaun lebar dari suku Muscaceae. Buah ini tersusun seperti jari atau disebur sisir. Biasanya warnanya akan kuning ketika masak, namun ada juga buah pisang yang memiliki warna merah, ungu, jingga bahkan hitam.

Buah pisang mengandung sumber energi dan mineral yang berguna untuk tubuh manusia. Buah pisang ini dapat menyembuhkan penyakit seperti anemia, juga menurunkan tekanan darah, mengandung serat yang baik untuk diet, bahkan kulit pisang dapat mengusir nyamuk, membantu sistem syaraf dan membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, mencegah stroke, menetralkan asam lambung, dll.

Coklat

cara membuat pisang coklat

Coklat sebagai bahan dasar kedua setelah pisang pada jajanan pisang coklat adalah hasil olahan dari buah kakao. Biji kakao sebenarnya sangat pahit sehingga perlu diolah untuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Mengolah biji kakao menjadi coklat dapat dilakukan dengan bantuan mesin pengolah coklat dari kakao. Semua proses mulai dari menyangrai dan mencampur bubuk coklat dengan bahan lain sudah ada alatnya masing-masing.

Coklat sendiri sebagai hasil bumi juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saja minum coklat panas dapat memberi perasaan tenang, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan produksi insulin, menurunkan berat badan dll.

Cara Membuat Pisang Coklat

Bagi anda yang tertarik berbisnis kuliner jajanan pasar, pisang coklat dapat menjadi pilihan anda karena mudah dan cepat membuatnya. Rasa manis dari coklatnya juga banyak digemari oleh semua kalangan usia.

Harganya yang terjangkau membuat pisang coklat sangat laris dibeli oleh para konsumen dari anak-anak maupun orang dewasa. Tertarik untuk mencoba sendiri di rumah? Berikut ini resep cara membuat pisang coklat.

Bahan-bahan:

  • Pisang raja untuk isi
  • Kulit lumpia
  • Coklat/mesis
  • Keju parut
  • Minyak goreng

Cara membuat pisang coklat

  1. Kupas pisang raja dan potong sesuai ukuran kulit lumpia, cukup belah menjadi dua saja.
  2. Siapkan kulit lumpia, taruh pada wadah yang lebar.
  3. Letakkan satu irisan pisang raja di tengah-tengah dan taburi dengan coklat dan keju.
  4. Lipat kulit lumpia dari sisi kanan dan kiri sehingga membntuk seperti bantalan dan seluruh isinya tertutup.
  5. Lakukan hal yang sama sampai kulit lumpia dan pisang yang anda siapkan habis.
  6. Panaskan minyak goreng dan goreng pisang coklat dengan api sedang, bolak balik pisang karena rasanya yang manis membuat coklat pisang mudah sekali gosong.
  7. Tiriskan sampai minyaknya berkurang.
  8. Sajikan dengan cream susu atau mayones, bisa juga dihiasi dengan irisan keju diatasnya.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara membuat pisang coklat campur keju. Pisang coklat ini sangat mudah dan cepat untuk dibuat, jika anda mau mencobanya dan menjualnya, ini bisa menjadi tambahan pemasukan untuk anda.

Modifikasi jajanan pisang coklat ini bisa dilakukan dengan membuat kombinasi isinya dengan selai atau keju.