Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Resep Masakan

Cara Membuat Pindang Tongkol Cabai Hijau

tongkol cabe ijo

Cara Membuat Pindang Tongkol Cabai Hijau kali ini saya buat. Memasak ikan pindang tongkol sendiri ternyata sangat mudah dan rasanya pun tak kalah sedapnya dengan yang banyak dijual diluar. Ikan pindang tongkol pada dasarnya hanyalah ikan yang direbus atau dikukus pada bumbu-bumbu dan garam hingga tekstur ikan menjadi lunak dan rasanya lebih gurih dan awet.

Kalian tahu dong pindang itu apa?
Sebelum kemasakan kita baca dulu pengertian Pindang.
Menurut informasi yang didapat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, ikan pindang memiliki pengertian “ikan yg digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat tahan lama”. Jika sudah selesai pemasakan, biasanya wadah di mana ikan disusun langsung digunakan sebagai wadah penyimpanan dan pengangkutan untuk dipasarkan.

Ikan pindang tongkol merupakan jenis ikan yang paling tepat, tekstur ikan ini keras dengan serat daging yang kasar sehingga tidak hancur ketika direbus dalam waktu yang lama. Biasanya , kalau membeli tongkol segar dimana ikan diolah dengan cara digoreng maka saya menghindar menggoreng ikan terlalu lama. Semakin lama digoreng maka ikan akan semakin keras. Namun jika dimasak dalam hidangan berkuah maka tekstur dagingnya menjadi lembut.

Untuk memasak pindang ikan tongkol saya menggunakan slow cooker. Panci serba guna ini memang mantap untuk memasak makanan dalam waktu yang lama tanpa membuat makanan menjadi rusak. Lalu saya memasukkan ikan dan semua bumbu ke dalam panci, merebusnya di posisi ‘high’ selama 6 jam lamanya.

Hasilnya adalah ikan yang sangat gurih dan lembut seratnya. Bahkan pada saat disantap begitu saja dengan nasi panas telah terasa sedap. Seperti Resep Pindang Tongkol Terbaik dan Terenak itu.

Lebih kerennya lagi, merebus ikan dengan slow cooker membuat duri-duri ikan tongkol yang cukup besar ukurannya berubah teksturnya menjadi sangat lunak sehingga bisa disantap hingga tuntas. Tidak memiliki slow cooker? Pindang ikan dapat dibuat dengan menggunakan panci biasa yang ada dirumah dan rebus ikan dengan api kecil hingga air habis atau jika ingin ikan cepat empuk dengan mudah hingga ke tulang maka merebusnya di dalam pressure cooker juga sangat disarankan. Rebus ikan dalam panci presto selama 1 sampai 1.5 jam lamanya dengan menggunakan api yang kecil.

Cara Membuat Pindang Tongkol Cabai Hijau

pindang cabe ijo

Bahan :

  • 3 ekor ikan tongkol dengan ukuran sedang, potong menjadi 3 bagian
  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 buah cabai hijau, iris serong
  • 10 buah cabai rawit hijau, iris tipis
  • 3 buah tomat hijau, iris
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • daun salam 2 lembar
  • 1/2 sdt garam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 gelas air
  • Minyak goreng, tentu buka minyak atsiri yang diproduksi menggunakan Alat Destilasi Minyak Atsiri.

Cara memasak cabai hijau :

  1. Cuci ikan tongkol sebelum digoreng, lalu goreng sampai hampir kering, angkat, sisihkan.
  2. Lalu Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harumnya terasa, masukkan cabai hijau, cabai rawit hijau, salam, lengkuas, dan jahe iris, aduk sampai layu.
  3. Tambahkan air, bumbui dengan garam dan kecap manis.
  4. Masukkan ikan tongkol yang sudah di goreng, irisan tomat hijau, masak sebentar hingga tomat layu dan bumbu meresap.
  5. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Bumbu ikan pindang ini sebenarnya relatif simple, bumbu dasarnya adalah garam,  eitss bawang putih ternyata memiliki 7 Khasiat Bawang Putih Tunggal Yang Tak Tertandingi dan bawang merah. Namun agar aromanya lebih harum dan rasanya lebih sedap maka saya menambahkan aneka rempah-rempah lainnya seperti lengkuas, serai, jahe, daun salam dan daun jeruk. Selain itu sedikit air asam Jawa dan gula jawa akan membuat rasanya lebih gurih.

Untuk tingkat keasinannya saya kembalikan ke selera masing-masing, tapi karena ikan akan saya simpan di chiller maka takaran garam yang saya berikan tidak terlalu banyak. Ikan di dalam chiller awet hingga 1 minggu lamanya, atau bekukan di freezer untuk jangka waktu simpan yang lebih lama.

Ikan yang sudah terpindang sedap diolah menjadi makanan lainnya misalnya digoreng, disambal atau ditumis bersama cabai hijau dan dimasak kuah nyemek-nyemek seperti dalam masakan mangut. Hmm, mantap! Silahkan menikmati 🙂

Theme by Anders Norén