Cara membuat permen gulali kita praktekken sendiri dirumah yuk!!

Ada yang masih ingat dengan permen gula gulali? Gulali merupakan salah satu makanan tradisional yang sempat eksis pada eranya dulu sebagai jajanan anak dalam bentuk gula.

Zaman dulu, jajanan permen memang belum banyak variasinya seperti sekarang ini. Oleh karena itu, anak-anak sangat senang membeli gulali jadul (jaman dulu) yang dijajakan oleh bapak pedagang kaki lima.

Gulali merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lolipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak lebih suka membeli gulali yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Namun di jaman modern sekarang sulit menemukan para pedangang keliling permen gulali ini mungkin terkikis dengan persaingan oleh permen model lainnya terutama pedagang gulali gula pasir yang berwarna-warni dan bisa dibentuk macam-macam binatang, kalau permen gulali lainnya banyak tersedia di toko makanan tempo doeloe yang menjual makanan jadul kita diajak untuk bernostalgia menikmati sajian makanan jadoel dan jajanan jaman dulu sewaktu kita masih kecil.

cara membuat permen gulali

Bahan-Bahan permen gulali:

  • 1 kg gula pasir
  • asam citrun 1 sdm
  • pasta strawberry atau pasta pandan 1 sdm
  • 100 ml air matang

Alat membuat permen gulali:

  • wajan besar
  • sendok makan
  • centong kayu

Cara membuat permen gulali:

  1. Masukkan semua bahan yang dibutuhkan ke dalam wajan.
  2. Aduk-aduk adonan sembari dipanaskan dengan api sedang.
  3. Aduk sampai merata menggunakan centok kayu, aduk terus jangan berhenti kurang lebih 10 menit atau sampai gulali matang.
  4. Matikan kompor dengan tetap mengaduk adonan pelan.
  5. Diamkan agar adonan menjadi dingin kurang lebih 15 menit.
  6. Masukkan adonan gulali dalam stoples lalu dinginkan kembali kurang lebih 2 jam.
  7. Gulali siap dibentuk sesuai dengan selera dan kreativitas.

Itulah cara membuat gulali tarik jajan jadul zaman SD. Cukup mudah ya ternyata. Anda pun bisa mencoba buat gulali tarik sendiri di rumah. Hanya saja memang perlu kreativitas sendiri saat mbentuk gulali. Namun, dijamin pasti seru. Hitung-hitung bernostalgia mengingat masa-masa kecil yang menyenangkan. Sekian dan selamat mencoba! Hehehe.

Simak juga Simak..! 6 Contoh Usaha Kecil Kecilan