Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Pempek Telur Puyuh Mudah

cara-membuat-pempek-telur-puyuh

Artikel kali ini akan membagikan cara membuat pempek telur puyuh yang gampang. Karena jika pakai telur biasa banyak yang gagal akibat bocor di adonan pempek karena telur ayam utuh yang ukurannya besar. Kali ini kita akan membuat yang kecil.

Ikan merupakan bahan baku utama olahan pempek. Pada masa kekinian ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri, tetapi pada zaman dahulu pempek dibuat dari ikan Belida dan seiring dengan perkembangan jaman, ikan Belida menjadi semakin langka dan sulit ditemukan. Harganya pun menjadi melambung tinggi.

Pada masa kini, semakin banyak jenis ikan yang bisa dipakai untuk membuat pempek. Ada yang memakai ikan kakap merah, ikan ekor kuning, ikan putak, ikan toman, ikan lele, dan bahkan ada yang memakai ikan tuna. Selain untuk membuat pempek Ikan juga banyak digunakan untuk olahan lain seperti abon, kalian bisa mencoba cara membuat abon ikan tongkol dirumah..

Bukan hanya ikan, untuk membuat pempek juga diperlukan tepung tapioka dan terigu. Pempek biasanya disajikan dengan kuah saos yang dinamakan cuko yang terbuat dari gula merah, ebi, cabe rawit, bawang putih dan garam. Pempek disajikan biasanya bersama dengan irisan timun dan mie kuning sebagai pelengkap, ada juga yang menggunakan sohun/bihun.

Cara Membuat Pempek Telur Puyuh

cara-membuat-pempek-telur-puyuh

Bahan-Bahan :

  • 500g Ikan tenggiri giling
  • 12 btr Telur puyuh rebus
  • 250g Tepung sagu tani
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm Garam
  • 100 ml Air es
  • 1 L Minyak goreng

Saus Cuka:

  • 350g Gula merah serut
  • 50g Air asam jawa
  • 2 sdm Bawang putih halus
  • 1/2 sdm Garam
  • 750 ml Air

Pelengkap:
Mie basah, timun, ebi, dan sambal hijau.

  1. Campurkan tenggiri, sagu, air es, garam, dan penyedap rasa, aduk rata.
  2. Isi adonan dengan telur puyuh, bulatkan, sisihkan.Rebus pempek hingga mengapung, angkat, tiriskan, dan dinginkan.
  3. Saus cuka; masukkan gula merah, air asam jawa, bawang putih halus, garam, dan air, nyalakan api. Masak hingga mendidih, angkat, dan dinginkan.
  4. Goreng pempek dengan api sedang hingga kuning keemasan, angkat, dan tiriskan. Sajikan dengan pelengkap dan saus cuka.

Tips Membuat Pempek Telur Puyuh

Kebanyakan orang saat membuat pempek telur pasti adonanya bolong sehingga membuat isian bocor keluar dan berantakan saat direbus atau bahkan adonan tidak bisa ditutup.Jangan Khawatir sebelum lanjut ke cara membuat pempek Telur kalian bisa baca dulu Tips tips saat membuat pempek telur berikut ini :

Ikan Harus Segar

Gunakanlah Ikan yang segar atau Ikan laut yang benar benar fresh, bisa juga memakai ikan tenggiri, balida atau ikan fillet yaitu ikan yang sudah diambil dagingnya. Pada saat menggunakan ikan dalam adonan, daging yang digunakan harus dalam keadaan dingin agar tekstur pempek jauh lebih kenyal

Tepung

Jika tidak menggunakan Ikan maka komposisi tepung yang digunakan harus pas agar tetap menjaga tekstur pempek yang kenyal dan tidak keras. Pakailah tepung sagu atau tepung tapioka keduanya sama saja membuat pempek bertekstur kenyal. Hindari pemakaian tepung yang sudah apek.

Bahan

Pastikan komposisi dan jumlah perbandingan bahan antara Daging,tepung terigu, tepung sagu harus pas. Karena jika tidak pas maka hasil akhir pempek akan menjadi sangat keras setelah direbus atau bisa jadi kelembekan dan hancur saat direbus.

Air

Campur semua bahan menggunakan air dingin, karena air dingin membuat adonan lebih cepat menyatu dan lebih cepat merata. Jika menggunakan air panas biasanya adonan akan sedikit lebih lengket dan tidak mudah merata

Adonan

Jika Daging ikan dan sagu sudah dicampur, saat mengaduk adonan juga jangan di uleni terlalu lama atau terlalu sering. Cukup sampai merata saja karena jika terlalu lama maka hasil akhir pempek akan menjadi keras.

Saat dibentuk pastikan takaran adonannya pas dan sesuai. Lebih baik ditimbang agar besarnya sama. Jika terlalu tipis maka akan bocor dan tidak bisa menahan telur yang ada di dalamnya

Telur

Jika ingin membuat pempek yang besar maka biasanya telur yang digunakan satu butir utuh untuk satu buah pempek, agar tidak bocor dan gagal kurangi putih telur saat memasukan ke pempek. Namun ada juga yang mengocok telurnya terlebih dahulu baru dimasukan ke dalam adonan sehingga tidak ada telur yang terbuang. Banyak sekali ya olahan telur selain pempek kalian juga bisa coba dirumah cara membuat telur dadar gulung yang gak kalah enak sama pempek

Merebus dan Menggoreng

Saat merebus pastikan menggunakan minyak agar tidak menempel. Masukan pempek saat sudah mendidih. Jika terlalu awal memasukan kedalam air yang belum mendidih maka adonan akan lembek dan bisa hancur. Saat menggoreng gunakan minyak yang banyak agar matang merata.

Sekian Resep Pempek Telur kali ini  Selamat mencoba!

Theme by Anders Norén