Halo teman – teman pembaca setia data bisnis. Kali ini saya akan berbagi info mengenai membangun industri rumahan,  melalui cara membuat pelet kelinci sendiri. Simak langkah – langkahnya berikut ini!

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki lahan pertanian yang luas dan banyak yang  penduduknya bekerja di sektor  peternakan. Dari info tadi dapat kita lihat bahwa  ada peluang untuk memanfaatkannya .

Oleh karena itu, beberapa jika anda adalah calon atau ingin menjadi wirausahawan sukses, bisa kita memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka usaha sebagai penunjang kebutuhan peternak,

Salah satu caranya adalah usaha pembuatan pakan ternak pelet. Peluang usaha yang memang jika dilihat dari sisi keutungan sepertinya aneh dan tidak menguntungkan tetapi jangan salah sangka!

Banyak pengusaha sukses yang memanfaatkan peluang yang tidak terlihat. Bahkan seorang pengumpul sampah jika pandai memanfaatkan peluang bisa jadi seorang pengusaha sukses.

Oke, kembali ke masalah Pelet.  Pertama – tama kita bertanya apa itu pelet? Pelet adalah olahan ransum (makanan) yang umumnya berbentuk silinder atau bulat dibuat dari berbagai bahan pakan dengan komposisi tertentu.

Lalu apa tujuan dan manfaatnya daripada bahan makanan organik lainnya. Tujuan dan manfaat membuat pelet dalam dunia peternakan adalah untuk mengurangi hilangnya nutrisi pakan, dan  lebih efesien dalam penyimpanan dan pemberian pakan.

Pelet  merupakan kebutuhan pokok bagi para peternak.  Sehingga dengan jumlah petani ternak yang besar, maka usaha pembuatan pakan ternak berupa pelet menjadi salah satu alternatif usaha yang menjanjikan.

Jika sudah paham apa dan kenapa itu pelet merupakan bisnis menjanjikan, maka kita akan coba jabarkan bagaimana langkah demi langkahnya dalam memulai.

Membangun Industri Rumahan, Melalui Cara Membuat Pelet Kelinci Sendiri!

oke, langsung saja kita mulai, tanpa langkah – langkahnya.  Membangun Industri Rumahan, Melalui Cara Membuat Pelet Kelinci Sendiri!

1. Menentukan Jenis Pelet Yang Akan Di Produksi

Langkah pertama yang anda lakukan adalah menentukan jenis pelet apa yang akan diproduksi. Dengan menggunakan metode terjun langsung ke lapangan dengan survey.

Untuk menentukan jenis pelet tersebut, ada baiknya di survey dulu pada jenis ternak yang banyak dipelihara di daerah anda. Misalnya di daerah kami banyak orang yang beternak kelinci, maka pilihlah untuk memproduksi pelet kelinci .

2. Mengumpulkan Bahan dan Alat Pembuatan Pelet

Untuk memulai mengumpulkan bahan dan alat anda bisa melakukan pengumpulan informasi, dan banyak info – info yang bermanfaat di internet.

Dan untuk membuat pakan pellet dapat dilakukan dengan metode manual atau menggunakan mesin cetak (pelletizer) agar produksi bisa banyak, dan lebih efektif dan efisien.

Alat Yang Dibutuhkan

 1. Wadah penampung bahan
 2. Blender
3. Pisau & gunting
4. Sendok & gelas
5. Mesin Cetak ( Bisa mencetak dengan tangan  jika modal belum mencukupi)

Komposisi Bahan

1. Bungkil Kedelai (ampas kedelai)       18%
2. Tepung jagung                                            43 %
3. Tepung dedak halus                                22%
4. Rumput dan sayur                                   10%   (Harus kering)
5. Mineral premix                                         0,25
6. Molasses                                                      1,25%
7. Garam dapur                                              0,25%
8. Gula                                                                 0,25%
9. Minyak sayur                                             5%

3. Memulai Proses Produksi Pelet Kelinci

  • Pertama – tama sesuaikan dengan ukuran semua bahan sudah di tentukan ada di atas, dan pisahkan dengan wadah yang berbeda, jangan lupa di timbang.
  • Lalu berikutnya kalian harus siapkan wadah besar untuk menampung bahan – bahan yang akan di campur
  • Campurkan tepung jagung terlebih dahulu
  • Lalu masukan tepung halus
  • Masukan bungkil kedelai, dan bahan lainnya seperti, Rumput dan sayur, Mineral premix, Molasses, Gula, Garam dapur
  • Lalu campurkan semua bahan yang saya sebut kan di atas, kecuali minyak sayur
  • Aduk-aduk di dalam wadah usahakan tercampur rata. Aduk hingga bahan menjadi halus.
  • Setelah di rasa cukup saat nya memasukkan minyak sayur masukan perlahan lahan
  • Jangan sampai kalian masukan minyak nya yang banyak karena nanti akan berminyak dan pasti nya gagal.
  • Jika dikira minyak nya cukup lalu aduk kembali dengan tangan saja ya,
    nah jika semua bahan sudah menyatu lalu bentuk lah bahan dengan tangan anda menjadi bulat/kotak/lonjong/memanjang setelah itu anda bisa mencetak nya menggunakan mesin pembuat pelet.
  • Jika tidak mempunyai mesin pembuat pelet, tenang saya saran kan anda mencetak dengan tangan, yang penting kelinci bisa memakan nya dengan nyaman.

4. Melakukan Pemasaran

Cara Membuat Pelet Kelinci Sendiri

Cara Membuat Pelet Kelinci Sendiri

Bungkus dengan kemasan yang menarik, agar para pembeli tertarik dengan apa yang kita jual. Biasanya produk di jual langsung ke peternak dan toko – toko alat ternak.

Kunci dalam menjual barang ini adalah dengan harga yang kompetitif jika anda bisa membuat dengan harga yang kompetitif maka anda akan bisa meraih keutungan di pasar dan industri ini.

Selamat dan berjuang dalam berjuang menjadi wirausawan yang sukses!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter