Penulis kali ini akan menjelaskan 5 alternatif cara membuat pelet ikan nila sendiri yang sudah terbukti jitu dan teruji. Dan tentu saja bahan yang di pakai untuk pembuatan adalah bahan yang murah dan mudah didapat.

Pelet merupakan komponen paling penting dalam usaha menangkap ikan, termasuk ikan nila. Sayangnya, harga pelet tidak murah lagi karena  bahan bakunya di impor dari luar negeri.

Pelet merupakan makanan buatan untuk ikan yang digunakan untuk membantu menambah nutrisi untuk ikan agar dapat berkembang maksimal.

Harga pelet yang semakin lama semakin mahal, membuat beberapa orang memutuskan untuk membuat pelet sendiri sehingga dapat menekan biaya pembelian pelet.

Dalam pembuatan pelet, bahan haruslah memiliki kandungan protein, lemak dan serat yang seimbang dan sesuai untuk perkembangan ikan. Karena hal itu akan menentukan kualitas ikan.

Lalu bagaimana cara alternatif membuat pelet ikan nila? silahkan baca lanjutan artikel ini.

Cara Membuat Pelet Ikan Nila Jitu dan Teruji

Jika ingin membuat  umpan ikan nila ada  Ikan yang hidup di air tawar ini lebih menyukai umpan yang berbau amis jadi anda harus meraciknya dengan suatu tujuan yang memang mengundang nafsu makan para ikan nila tersebut.

cara membuat pelet ikan nila sendiri

cara membuat pelet ikan nila sendiri

1). Ramuan Pelet Ikan Nila Menggunakan Tepung Roti

Siapkan bahan-bahan meliputi:

  1. ¼  kg tepung roti
  2. ½  kg tepung tapioka
  3. 1 kg udang rebon yang sudah dicuci dan jemur hingga kering
  4. 2 ekor ikan kembung yang sudah dikukus
  5. 5 butir telor bebek
  6. 5 sachet vanili

Caranya :
Aduk rata tepung roti dan tepung tapioca, lalu masukan telor bebek dan vanili aduk kembali sampai  tepung roti dan tepung tapioca, tercampur dengan telor bebek dan fanili.

Bahan ini adalah tambahan untuk dasar pelet ikan nilai yang akan anda buat.

Udang rebon yang sudah kering lalu diblender sampai halus kemudian campurkan dengan adonan umpan tadi.

Aduk lagi sampai merata dan terakhir masukan ikan kembung yang sudah dikukus, lalu aduk sampai benar-benar merata, kemudian kukus sampai matang.

2). Ramuan Pelet Ikan Nila Menggunakan Cacing

Anda dapat menggunakan cacing sebagai umpan ikan Nila. Banyak sekali cacing disekitar anda. Namun, ikan nila lebih menyukai cacing sawah daripada cacing tanah biasa. Kemudian anda pasangkan cacing sawah pada mata kail pancing anda.

Umpan siap digunakan dan bersiaplah membawa pulang ikan Nila kesayangan anda.

3). Ramuan Pelet Ikan Nila Menggunakan Lumut Sawah

cara membuat pelet ikan nila

cara membuat pelet ikan nila

Cara menarik ikan Nila, anda bisa menggunakan umpan dari lumut sawah. Campurkanlah esen pandan pada lumut supaya baunya wangi yang akan menambah ketertarikan ikan Nila.

4). Ramuan Pelet Ikan Nila Menggunakan Tambahan Kuning Telur & Madu

Sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 1/2 gelas pelet PF-1000
  2. 1/2 gelas pelet 781-2 SP
  3. 1 butir kuning telur
  4. 2 sendok teh madu
  5. Air secukupnya.

Campur semua bahan diatas hingga rata, usahakan jangan terlalu encer. Kemudian bentuklah bulatan sesuai ukuran mulut ikan sasaran anda.

5). Ramuan Pelet Ikan Nila Menggunakan Tambahan Roti Keju

Resep yang terakhir hampir sama dengan nomor 4, hanya saja anda harus menambahkan roti pada racikan umpan. Bahan-bahannya antara lain:

  1. Roti rasa keju 2 bungkus
  2. 1/2 gelas pelet PF-1000
  3. 1/2 gelas pelet 781-2 SP
  4. 1 butir kuning telur
  5. 2 sendok teh madu
  6. Air secukupnya.

Caranya: hancurkan roti terlebih dahulu sampai halus. Kemudian campur semua bahan yang lain dan aduk rata. Umpan siap diajak tempur.

Itulah tadi 5 alternatif cara membuat pelet ikan nila sendiri, jitu dan teruji dengan biaya murah. Sebuah alternatif untuk mendapatkan kualitas.