nasi goreng memang merupakan salah satu alternatif atau pilihan tercepat yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga ketika terburu-buru hendak memasak apa untuk keluarganya.Berikut saya sajikan Cara Membuat Nasi Goreng Sosis yang lezat.

A. Pengertian Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan menghasilkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan kecap manis.

Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging. Makanan tersebut seringkali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya. Nasi goreng adalah komponen populer dari masakan Asia Timur, Tenggara dan Selatan pada wilayah tertentu.

Sebagai hidangan buatan rumah, nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan-bahan yang tersisa dari hidangan lainnya, yang berujung pada ragam yang tak terbatas. Menjadi penopang ekonomi, hal yang sama juga terjadi pada mi goreng.

Beberapa ragam populer dari nasi goreng memiliki daftar bahan spesifik mereka sendiri. Di Tiongkok Raya, ragam paling terkenal meliputi nasi goreng Yangzhou dan nasi goreng Hokkien. Chāhan Jepang dianggap sebuah hidangan Tionghoa Jepang, yang berasal dari hidangan nasi goreng Tionghoa.

Bokkeum-bap dari Korea umumnya tak dianggap demikian, meskipun terdapat ragam Tionghoa Korea dari bokkeum-bap. Di Asia Tenggara, nasi goreng Indonesia, Malaysia, dan Singapura yang berkonstruksi serupa dan khao phat Thai adalah hidangan populer.

1. Cara Membuat Nasi Goreng Sosis

Nasi goreng pun banyak variasinya, begitu pula dengan cara membuat bumbu nasi gorengnya. Variasi yang Anda temui saat ini dikarenakan bahan yang digunakan tergantung pada masyarakat setempat.

Di Indonesia sendiri variasi umum nasi goreng ada nasi goreng biasa, nasi goreng jawa, nasi goreng putih, dan masih banyak lagi. Menu tambahan yang disajikan pada nasi goreng pun beragam.

cara membuat nasi goreng sosis

 

Bahan :

  • Nasi 600 gr
  • Daging ayam 125 g. Cincang halus
  • Telur 1 butir.
  • Sosis
  • Bawang merah 5 siung
  • bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 3 buah
  • Daun bawang 1 batang. Iris halus
  • Kecap manis 2 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Merica sdt
  • Minyak

Cara membuat Nasi Goreng  Sosis:

  1. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah ke dalam cobek kemudian haluskan.
  2. Goreng telur menjadi orak-arik lalu sisihkan.
  3. Bumbu yang telah dihaluskan kemudian di tumis dengan minyak secukupnya. Tumis terus hingga harum.
  4. Masukkan ayam cincang, telur, dan daun bawang ke dalam bumbu. Tumis lagi hingga merata.
  5. Tambahkan kecap, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
  6. Baru kemudian masukkan nasi dan aduk hingga rata.
  7. Lalu tabur i dengan sosis
  8. Kemudian nasi goreng telah jadi dan sajikan pada piring saji.
  9. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa nasi goreng banyak macamnya. Tidak hanya cara membuat nasi goreng rumahan saja yang bisa Anda praktikkan. Anda juga bisa mencoba cara membuat nasi goreng jawa, seperti pada resep di bawah

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

1.Pembentukan Otot

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa protein yang cukup tinggi. Sehingga bisa membantu anda di dalam menyehatkan dan membantu perkembangan otot. Jadi, tidak heran hingga kini makanan ini banyak di gemari para binaragawan, dengan kandungan proteinya yang tinggi dapat di gunakan untuk membentuk otot tubuh agar lebih baik.

2. Baik untuk Jantung

Nasi goreng memiliki kandungan sulfida methylallyl serta asam amino sulfur yang dapat membantu anda di dalam penurunan pada kadar kolesterol jahat di dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Selain itu, makanan ini memiliki khasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

3. Sebagai Antioksidan yang Sangat Ampuh

Kandungan yang ada di dalam nasi goreng ini memiliki sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya di butuhkan oleh tubuh. Kemudian, makanan ini juga di kenal sebagai anti bakteri serta virus, senyawa yang terdapat pada makanan ini bisa membantu anda untuk mencegah perkembangan cacing di dalam tubuh serta bakteri.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Nasi goreng ternyata dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, salah satunya mengobati penyakit kanker. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk menurunkan resiko penyakit kanker.

Itulah Artikel tentang pembuatan nasi goreng sosis yang lezat beserta manfaatnya. Selamat menconba, semoga bermanfaat.