Seperti yang sudah kita ketahui bersama, siapa pun bisa Membuat Minyak Kelapa. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Berikut ini adalah cara-cara Membuat Minyak Kelapa yang sederhana, dan dapat dilakukan dirumah.

  • Direbus

Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua.

Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

  • Diblender

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya.

Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah.

Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

  • Didinginkan

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari.

Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar.

Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh.

Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Kelapa

Kelapa merupakan tumbuhan asli daerah tropis, yakni daerah yang terletak di sepanjang garis katulistiwa. Di daerah-daerah tropis tersebut, tanaman kelapa banyak tumbuh dan dibudidayakan oleh sebagaian besar patani.

Disini Tempatnya! Memulai Proses Cara Membuat Minyak Kelapa

Di Indonesia, banyak ditemukan hampir seluruh provinsi, dari daerah pantai yang datar sampai ke daerah pegunungan yang agak tinggi.

Tanaman kelapa juga merupakan tanaman yang serbaguna. Hampir seluruh bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

Dari pohon kelapa dapat diperoleh bahan makanan dan minuman, bahan industri, bahan bangunan, alat-alat rumah tangga, dan sebagainya.

Salah satu hasil dari bagian kelapa yaitu tempurung kelapa dapat dimanfaatkan sebagai arang tempurung.

Arang tempurung dihasilkan dari pembakaran tempurung buah kelapa yang sudah tua, dengan cara perlakuan tertentu.

Dalam proses pembakaran tersebut, jumlah udara yang dimasukan hanya sekedar cukup melaksanakan proses karbonisasi. Dengan demikian, udara yang digunakan terbatas jumlahnya.

Karena kandungan karbonnya cukup tinggi, arang tempurung dapat menghisap gas dan zat-zat warna dan dalam bentuk activated carbon digunakan sebagai pengikis asker gas beracun.

Adapun komposisi kelapa yaitu buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gram, daging kelapa setengah tua mengandung sejumlah kalori sebesar 180 kal per 100 gram.

Daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram. Sedangkan nilai kalori rata-rata yang terkandung dalam air kelapa berkisar 17 kal per 100 gram.

Demikian dari saya semoga bermanfaat untuk anda. selamat mencoba…