Siapa sangka cara membuat minyak kelapa murni dapat dilakukan dengan begitu mudah?

Kita semua tahu bahwa minyak kelapa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak kelapa juga berguna untuk memasak lho.

Tentunya selain berfungsi memberi tambahan rasa sedap pada hidangan kita, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan, bahkan kecantikan.

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil, jika dibuat dengan cara yang benar, dapat menjadi minyak kelapa murni dengan kualitas yang tinggi, alami, serta bebas dari zat-zat kimia yang berbahaya.

Nah, dibawah ini, saya akan membahas 3 jenis cara membuat minyak kelapa murni, yakni dengan metode penghancuran dengan air, metode pendinginan, serta metode merebus kelapa. Penasaran? Yuk disimak!

Cara membuat minyak kelapa murni dengan metode penghancuran dengan air

  1. Belahlah kelapa (pilih yang sudah tua dan dagingnya tebal) menggunakan pisau yang besar dan tajam.
  2. Keruklah daging kelapa dari tempurung/batoknya menggunakan sendok logam yang kokoh. Atau bisa parut dengan menggunakan mesin parut kelapa mini
  3. Cincang daging kelapa menjadi ukuran kecil.
  4. Masukkan daging kelapa yang sudah dicincang ke dalam blender/alat penghalus makanan.
  5. Atur blender dengan kecepatan sedang dan tunggu hingga daging kelapa benar-benar hancur lebur (tambahkan sedikit air untuk membantu proses pelumatan jika diperlukan).
  6. Sediakan toples dan letakkan saringan dari kertas (coffee filter) atau kain kasa di atas toples lalu tuangkan larutan kelapa ke atas toples lalu peras santannya ke dalam toples.
  7. Ulangi proses nomor 6 hingga semua santannya terperas habis.
  8. Diamkan santan dalam toples selama kurang lebih 24 jam hingga santan dan minyak kelapa terpisah dan muncul lapisan kental di permukaan larutan.
  9. Jika sudah 24 jam, buang lapisan kental di permukaan larutan menggunakan sendok. Minyak kelapa murni yang asli akan tertinggal di dalam toples.

CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI DENGAN METODE pendinginan

  1. Gunakan kelapa kering atau kelapa yang sudah di-dehidrasi (bisa dibeli di toko makanan).
  2. Masukkan kelapa kering ke dalam juicer sedikit-sedikit agar tidak tersumbat. Juicer ini berfungsi memisahkan minyak dan lapisan santan dari serat kelapa. Lanjutkan terus proses ini hingga semua kelapa terproses dalam juicer.
  3. Ulangi lagi proses ke-2 agar minyaknya benar-benar terekstrak dari serutan kelapa.
  4. Masukkan minyak kelapa yang sudah halus ke dalam toples dan simpan di ruangan yang hangat dan tunggu selama kurang lebih 24 jam.
  5. Jika sudah 24 jam, buang lapisan kental di permukaan larutan menggunakan sendok. Minyak kelapa murni yang asli akan tertinggal di dalam toples.

CARA MEMBUAT MINYAK KELAPA MURNI DENGAN METODE merebus kelapa

  1. Panaskan 1 liter air di dalam panci dengan api sedang hingga air mendidih.
  2. Belahlah kelapa (pilih yang sudah tua dan dagingnya tebal) menggunakan pisau yang besar dan tajam.
  3. Keruklah daging kelapa dari tempurung/batoknya menggunakan sendok logam yang kokoh.
  4. Masukkan kelapa parut ke dalam blender. Tuangkan air panas ke dalamnya dan tutuplah blender. Peganglah tutup blender pada tempatnya dan haluskan kelapa dan air menjadi campuran yang halus.
  5. Letakkan kain kasa atau saringan di atas mangkuk. Tuangkan kelapa yang sudah dihaluskan di atas kain atau saringan sehingga santannya masuk ke dalam mangkuk. Gunakan spatula untuk menekan kelapa parut dan peras santannya sebanyak mungkin.
  6. Masukkan santan ke dalam panci dan masak di atas kompor menggunakan api sedang. Didihkan dan masak santan, aduk terus-menerus sampai airnya menguap dan lapisan kentalnya terpisah dari minyak dan berubah menjadi cokelat.

Nah, kira-kira itulah 3 cara membuat minyak kelapa murni yang bisa kita berikan ke kalian para pembaca. Temukan juga manfaat minyak kelapa bagi kecantikan disini.