Untuk membuat mie sehat dari sayuran hijau, diperlukan bahan pewarna hijau yang bisa kita peroleh dari sawi hijau atau kangkung dan banyak macam sayuran lagi.

Sementara untuk tepung terigunya, kita memerlukan tepung terigu berprotein tinggi agar hasilnya lebih kenyal dan lentur.

Selanjutnya, langsung saja kita simak bahan-bahan apa saja yang perlu kita persiapkan untuk cara membuat mie sehat dari sayuran kali ini. Simak juga cara membuat mie sehat dari sayuran melalui step by step yang disertakan dibawahini.

Baca Juga :Peluang Bisnis Mie Ayam Pelangi Dan Proses Pembuatannya

Bahan Resep Mie Hijau Sayuran

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdm tepung sagu / tapioka
  • 100 gr sawi hijau / kangkung, rajang pendek
  • 1 btr telur
  • 1 sdt garam
  • 2-3 sdm minyak goreng
  • air untuk merebus

Cara Membuat Mie Hijau Sayuran

  1. Blender sawi / kangkung bersama dengan 2 sendok makan air. Saring sarinya dengan cara memerasnya menggunakan kain bersih. Nanti hasilnya menjadi kurang lebih setengah gelas kecil. Sisihkan.
  1. Campur tepung terigu dan tepung sagu, lebih baik jika pencampuran dilakukan dengan cara diayak. Bubuhkan garam, aduk rata.
  2. Masukkan telur, aduk rata.
  3. Uleni adonan menggunakan tangan. Sambil diuleni, tuangkan sari sayuran sawi / kangkung pada adonan secara bertahap, jangan sekaligus. Uleni adonan hingga menggumpal dan setengah kalis, cirinya yaitu sudah tidak lengket di tangan. Jika sudah tidak lengket, adonan bisa digiling.
  4. Giling adonan berulang kali secara bertahap mulai dari gilingan paling tebal hingga ketebalan kurang lebih 2mm. Untuk skala pada gilingannya, biasanya antara 1-4. Atau hingga ketebalan mie yang diinginkan. Giling hingga adonan halus dan tidak menyisakan gumpalan tepung.
  5. Potong adonan mie menggunakan gilingan pemotong mie. Ketebalannya sesuai selera, bisa pipih bisa juga bulat. Jangan lupa, setelah dipotong, taburkan tepung sagu atau tepung terigu agar lembaran mie tidak saling menempel satu sama lain.
  6. Didihkan air bersama dengan 2-3 sendok makan minyak goreng. Setelah mendidih, masukkan mie dan rebus hingga matang. Lamanya waktu kurang lebih 2-3 menit, jangan terlalu lama karena mie bisa melar dan hancur.
  7. Setelah kurang lebih 3 menit, segera angkat dan tiriskan.
  8. Tuangkan 1-2 sendok makan minyak goreng pada mie dan aduk rata agar kelembaban mie terjaga dan tidak kering.

Manfaat Sayuran

  1. Mencegah dan Mengurangi Stress Berlebih

    Dengan kandungan nutrisinya, Sayuran dapat menstimulasi berbagai jenis hormon dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia.Sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain; ubi, sayurah hijau, tomat, cer, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah, bit, pisang dll.

  2. Memperlancar Buang Air Besar

    Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun adakalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya.

    Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi antara lain: bayam, kubis, wortel, pepaya, kacang-kacangan dll.

  3. Mencegah Penyakit Jantung Dan Kanker

    Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.Sebelum terserang penyakit ini tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi sayuran untuk meminimalisir penyakit ini menyerang kesehatan kita.Sayuran terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker adalah lobak, labu dan jamur, bisa juga paprika merah dan bayam yang berguna untuk melemahkan benih kanker dalam tubuh seseorang.

  4. Sumber Energi Tubuh

    Menyantap sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi dan membuat tubuh sehat dan langsing, sayuran tidak membuat orang gemuk, melainkan membuat orang lebih energik dan aktif dalam kegiatan keseharian, sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan daripada kita mengkonsumsi daging. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan energi tinggi antara lain: kentang, beras merah, kacang-kacangan dan pisang.

  5. Membersihkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi)

    Mengkonsumsi sayuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam tubuh kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detoksifikasi.Nah, untuk membuat proses ini bisa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8 jam sehari dan banyak minum air putih juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.Namun sayuran juga harus dilindungi dari pencemaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita, contohnya mencuci sayuran sebelum di konsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan.

    Sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lain terbaik untuk detoksifikasi adalah; selada air, kubis, bawang putih, brokoli, jahe, rumput laut, kunyit, serai, lemon, rumput laut dan jeruk bali.

Lihat juga!Resep Kroket Mie Tahu Yang Enak Dan Pengertiannya

Demikianlah artikel yang sudah saya buat tentang cara membuat mie sehat dari sayuran,  langkah-langkah dalam cara membuat mie sehat dari sayuran ini memang melelahkan, namun hasil dari cara membuat mie sehat dari sayuran ini akan menjadi makanan yang di suka bagi anak-anak maupun orang dewasa loh.