Cara Membuat Mie Lidi Pedas. Satu lagi jajanan kota Pemalang yang ngehitz dan populer dimana-mana setelah buah nanas dan selai nanas. Bernama mie lidi yang sering disebut mie lidi-lidian, mie biting dan mie lidi kering ini merupakan salah satu klethikan alias camilan unik melegenda di sana.

Cemilan enak dengan rasa pedas merupakan cemilan yang banyak disukai orang termasuk mie lidi. Cemilan dengan bentuk seperti sapu lidi ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi termasuk orang dewasa juga banyak yang menyukainya.

Citarasa dari mie lidi ini tidak hanya terasa pedas saja namun rasa gurih dan kriuk membuat mulut tidak merasa bosan untuk selalu menikmatinya.

Jajanan sederhana yang berupa mie berbentuk seperti lidi ini ada di daerah Cokra, Mulyoharjo Pemalang.

Di lansir dari kuliner Pemalang situs kabarpemalang.com, mie lidi ini merupakan mie kering yang memiliki bentuk bermacam-macam dengan variasi ukuran yang bisa di atur sesuai selera.

Mulai dari mie lidi biting kering yang berdiameter kecil, sedang sampai mie lidi yang bentuknya agak besar. Untuk panjang mie lidi rata-rata kurang lebih 10 cm.

Mie lidi original menurut saya rasanya sepeti mie pada umumnya, yaitu hambar yang sedikit ada rasa gurihnya. Namun kini mie lidi di sulap menjadi camilan yang memiliki aneka rasa yang menggoda.

Mulai dari mie lidi asin gurih, mie lidi pedas, mie lidi balado, mie lidi setan alias super pedas, mie lidi baberque, jagung dan masih banyak pilihan rasa lainnya.

Satu bungkus mie lidi pada umumnya di jual sekitar Rp 8.000,- hingga Rp 15.000,- per bungkus-nya. Harga mungkin di pengaruhi oleh rasa serta kemasan yang di pakai.

Jadi harganya pun bervariasi dengan berat dan rasa yang bervariasi pula. Terlepas dari itu semua jajanan era 90-an ini memang layak untuk dicoba.

Bahan-bahan Cara Membuat Mie Lidi Pedas

  1. 250 gram Tepung Terigu
  2. 30 gram Tepung Sagu
  3. 1/4 sendok teh Baking Powder
  4. 1 sendok teh Garam
  5. 2 siung Bawang Putih, kemudian anda haluskan
  6. 1/4 sendok teh Penyedap Rasa (optional jika anda suka)
  7. 1 butir Telur, kemudian anda kocok lepas
  8. 50 ml Air
  9. 1 sendok makan Mentega Blue band
  10. 1 sdm Tepung Sagu/Kanji untuk taburan sebelum digoreng

Bahan tambahan jika anda ingin pedas :

  1. 1 sendok makan Bubuk Balado
  2. 1 sendok makan Bubuk Cabai
  3. 25 gram tepung sagu

Cara membuat mie lidi pedas :

  1. Pertama silahkan anda campurkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, garam, bawang putih halus dan penyedap rasa hingga rata, sisihkan.
  2. Kemudian anda kocok lepas telur. Masukkan ke tepung terigu dan diuleni hinga rata. Tambahkan air lalu aduk rata.
  3. Siapkan gilingan, giling tipis adonan dari ketebalan pertama sampai tipis. Jangan tipis sekali. (atau menurut selera, setiap ganti ketebalan, lakukan 2 sampai 3 kali penggilingan).
  4. Selanjutnya anda potong lembaran adonan dengan panjang kira kira 1 jengkal. giling/potong dengan pemotong mie.
  5. Sebelum digoreng, silahkan anda taburkan tepung agar tidak lengket.
  6. Anda goreng dalam minyak panas yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang. Biarkan dingin. Tabur dengan bahan taburan pedas sesuai selera.

Demikian artikel tentang bagaimana cara mmbuat mie lidi pedas, semoga bisa membantu anda semuanya.

Terimakasih.