Selain air kelapa yang memiliki khasiat untuk kecantikan, ternyata olahan dari kelapa ini juga mampu memberikan nutrisi yang baik untuk rambut dengan cara membuat masker rambut dari santan kelapa.

Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota. Maka dari itu, siapa yang tidak ingin mempercantik mahkotanya?

Manfaat Santan Kelapa untuk Kecantikan Rambut

Tentunya konsep dari menggunakan bahan makanan seperti santan kelapa untuk mempercantik rambut bukanlah konsep yang umum digunakan. Bukan begitu?

Tapi tunggu dulu, disini saya akan menjelaskan beberapa manfaat santan kelapa untuk kecantikan rambut yang tentunya bisa merubah pola pikirmu dan membuatmu ingin mencobanya.

  • Mengatasi rambut kering — Rambut kamu kering? Itu artinya rambutmu kekurangan protein. Santan kelapa yang kaya akan protein dapat memberikan nutrisi secara alami pada rambutmu.
  • Menjadikan rambut hitam berkilau — Cobalah cara membuat masker rambut dari masker kelapa, niscaya mampu memberikan warna rambut yang hitam berkilau dalam 3 kali pemakaian.
  • Memberikan nutrisi pada rambut — Santan mampu memperbaiki kerusakan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut berkat kandungan nutrisinya.
  • Mengatasi rambut kusut — Rambut yang kusut menjadikannya sulit diatur dan menjadikannya rapuh dan mudah patah saat disisir. Ini dapat diatasi dengan masker santan kelapa.
  • Mengatasi rambut kasar — Berkat penggunaan masker santan kelapa pada rambutmu, rambut selembut sutra kini bukan impian lagi.
  • Mempercepat pertumbuhan rambut — Selain mempercepat pertumbuhan rambut, penggunaan masker santan kelapa juga dapat mencegah kerontokkan atau kebotakan permanen.
  • Mengatasi ketombe — Pengaplikasian santan kelapa pada kulit kelapa dapat membantu menghilangkan ketombe dan kulit kepala gatal. Setelah diaplikasikan, jangan lupa bilas dengan shampo setelahnya.
  • Melindungi rambut — Santan kelapa dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap rambutmu berkat berbagai macam kandungan nutrisi dan vitaminnya.

Cara Membuat Masker Rambut dari Santan Kelapa

Untuk membuat masker rambut dari santan kelapa, caranya cukup mudah. Kira-kira inilah yang perlu kamu lakukan.

Bahan:

  • Santan kental 50 ml

Cara Pemakaian:

  1. Gunakan santan kental yang sudah disiapkan tadi untuk dibasuhkan pada rambut secara merata.
  2. Tutup rambut dengan menggunakan handuk hangat.
  3. Tunggu selama sekitar 1 jam.
  4. Terakhir, bilas dengan air dan shampo hingga bersih.

Kira-kira begitu. Mudah bukan? Manfaatnya secara lengkap bisa kamu baca disini.

Penggunaan Masker Rambut dari Santan untuk Meluruskan Rambut

Agar rambut bisa nampak lurus dan berkilau, Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti stroberi, susu, madu, santan kelapa, telur dan minyak zaitun.

Anda bisa membuat masker rambut sebagai cara meluruskan rambut secara alami dan mudah menggunakan bahan-bahan ini. Anda bahkan tidak perlu pengering rambut, pelurus rambut, perawatan ekstra di salon, dan sebagainya.

Berbeda dengan cara di atas tadi, cara membuat masker kelapa dari santan kelapa berikut akan memadukan santan kelapa dengan bahan lainnya guna menjadikan rambutmu lurus dan sehat. Penasaran? Yuk disimak!

Pertama-tama, siapkan bahan sebagai berikut:

  • Santan kelapa 1 cangkir
  • Air perasan jeruk nipis 1/4 cangkir

Nah, kalau sudah, yuk ikuti langkah-langkah ini demi rambut yang lurus.

  1. Campurkan secangkir santan kelapa dengan air perasan jeruk nipis, lalu aduk sampai merata.
  2. Taruh campuran tadi ke dalam lemari es dan diamkan selama 30-60 menit hingga campuran mengental.
  3. Oleskan pada seluruh rambut secara merata.
  4. Diamkan selama 10 menit.
  5. Keramas, lalu sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang.

Gunakan masker rambut ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Mengapa Menggunakan Santan Kelapa?

Santan kelapa jelas bermanfaat untuk menjadikan rambut lebih berkilau, mampu mengatasi kerusakan rambut dan rambut kusut.

Disisi lain, santan kelapa ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut kasar dan sulit untuk diatur, kemudian juga mampu menjaga pertumbuhan rambut dengan baik.

Jadi bayangkan saja bila Anda menggunakan santan kelapa untuk perawatan rambut secara rutin, pasti banyak kebaikan yang akan Anda dapatkan, bukan?

Bagi kalian yang rutin menggunakan santan kelapa, akan terhindar dari kebotakan, ketombe dan rambut rontok serta mendapatkan perlindungan rambut dari alam yang akan membuat mahkota anda jadi semakin menawan.

Tidak hanya untuk rambut lho, tapi santan kelapa juga bermanfaat untuk wajah. Gak percaya? Silahkan baca artikelnya disini.