Cara membuat masker dari kopi adalah cara yang ampuh untuk menyuntikkan secercah kesegaran ke kulit wajah kamu yang kusam dan penuh kelelahan.

Aroma kopi yang khas ini dapat memberikanmu sensasi nikmatnya secangkir kopi hangat di pagi hari. Apalagi kalau kamu tahu cara membuat kopi yang enak. Kendati demikian, jangan salah… Kopi adalah bahan masker yang ideal untuk jenis kulit apapun lho.

Nyaris sekitar 10 tahun silam, banyak perusahaan kecantikan yang mulai menggunakan cara membuat masker dari kopi dan kopi sendiri sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan khususnya untuk wajah.

Penggunaan kopi dalam produk kecantikan wajah disebabkan oleh efek mengencangkan kulit yang dimiliki oleh kopi. Jadi, tidak hanya membuat wajahmu lebih bersinar, kopi juga bisa membuatmu wajahmu terlihat lebih kencang dan tampak lebih muda!

Cara Membuat Masker dari Kopi

Sebenarnya banyak variasi yang dapat kamu gunakan dalam cara membuat masker dari kopi. Namun berdasarkan peninjauan banyak ahli, cara membuat masker dari kopi yang satu ini adalah yang paling simpel, cepat dan efektif.

Bahan yang Kamu Butuhkan

Sebelum kita memulai prosesnya, ada baiknya kamu siapkan dahulu bahan-bahan di bawah ini:

  • Biji kopi organik, 1/2 gelas (bisa kamu giling sendiri atau beli di toko)
  • Bubuk cocoa organik tanpa pemanis, 1/2 gelas
  • Susu murni 1 gelas
  • Perasan lemon 1 sendok teh (untuk kulit kering, coba gunakan minyak zaitun)
  • Madu 1 sendok teh (untuk kulit berminyak atau mudah berjerawat, coba gunakan tambahan perasan lemon sebagai pengganti madu)
  • Mangkok

Kegunaan Bahan-bahan Cara Membuat Masker dari Kopi

Biji kopi dapat mengurangi inflamasi, mencegah kulit memerah, serta mencegah munculnya kantong mata hitam. Selain itu, biji kopi juga dapat menghilangkan sel kulit mati.

Bubuk cocoa dapat menjadi sumber antioksidan yang baik bagi wajah, serta memperbaiki kerusakan wajah yang disebabkan oleh polusi lingkungan. Selain itu, bubuk cocoa ini juga mengandung sulfur yang tinggi yang berguna untuk melawan jerawat.

Susu dipercaya dapat membuat kulit lebih bersinar, berkat Cleopatra yang sering mandi susu. Selain itu, susu juga mengandung asam laktid yang dapat membuat kulit tetap halus.

Perasan lemon  mengandung vitamin C yang mampu membuat kulit menjadi lebih terang, lebih kencang, dan lebih bercahaya. Selain itu, perasan lemon juga dapat mengontrol produksi minyak di wajah.

Madu dapat menjadi pelembab alami yang mengatur kelembaban wajah.

Langkah-langkah Cara Membuat Masker dari Kopi

Nah, sekarang kan kamu sudah tahu manfaat dan bahan cara membuat masker dari kopi. Sekarang saatnya kita mulai membuat maskernya. Simak cara di bawah ini dengan baik ya!

  1. Campurkan biji kopi yang sudah dihaluskan dengan bubuk cocoa dalam mangkok yang sudah disiapkan.
  2. Untuk menghasilkan bubuk kopi yang sempurna, gunakan grinder kopi. Gak usah khawatir, ada kok harga grinder kopi yang murah tapi berkualitas.
  3. Tambahkan susu, lalu aduk hingga menjadi kental seperti selai.
  4. Tambahkan perasan lemon dan madu ke adonan kopi mu.
  5. Oleskan ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  6. Setelah 20 menit, cuci wajahmu dan simpan sisanya di kulkas untuk digunakan lagi.

Tips Tambahan

Untuk proses pengelupasan yang lebih efektif, oleskan ke wajahmu dengan gerakan memijat memutar selama kurang lebih 2 menit, lalu diamkan.

Nah, kalau untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar matamu, coba pertama-tama campurkan biji kopi dengan susu secukupnya atau dengan minyak zaitun  lalu aduk hingga menjadi adonan.

Oleskan ke sekitar matamu sehari sekali selama 4-5 kali pemakaian. Niscaya, kantung matamu akan mudah hilang.

*****

Nah, kira-kira itu dia tips mudah cara membuat masker dari kopi beserta manfaatnya. Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai jenis-jenis minuman kopi, bahkan cara membuat kopi hijau di laman ini.