Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat lupis ketan hitam yang mudah dan yang jelas citarasanya tetap nikmat tak kalah dengan olahan direstoran.

Nah siapa sih yang nggak tahu tentang lupis ketan, saya yakin banyak darri anda yang telah tahu cara pembuatanya dan jika belum tahu. Berikut ini cara membuat lupis ketan hitam yang bisa anda coba dirumah.

Cara Membuat Lupis Ketan Hitam

Bahan untuk Membuat Lupis Ketan Hitam :

  • 1 gelas ketan hitam
  • 1/4 sdt kapur sirih
  • Daun pisang
  • Tali
  • Kelapa parut
  • secukupnya Garam
  • 200 gr gula merah
  • 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Langkah Untuk Membuat Lupis Ketan Hitam :

  1. Rendam ketan hitam bersama kapur sirih semalaman (untuk ketan putih, rendam selama 6 jam, setelah itu cara pembuatannya sama)
  2. Bilas bersih.
  3. Siapkan daun pisang, kira-kira selebar 3-4 jari.Bentuk seperti corong, isi 1-2 sdm ketan hitam
  4. Kemudian lipat. Jika lembar pertama selesai, sambung dgn daun lembar kedua agar kokoh dan ikat dgn tali.
  5. Rebus dengan air selama kira-kira 1,5 jam (jika menggunakan panci presto cukup 40 menit)
  6. Rebus air, bersama daun pandan dan gula jawa, sampai sedikit mengental
  7. Kukus kelapa parut dgn sedikit garam.
  8. Sajikan sesuai dengan selera anda.

Manfaat Ketan Hitam

1. Menunjang Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat ang terkandung di dalam ketan hitam bagi kesehatan yaitu efeknya dalam membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Ketan hitam juga memiliki kemampuan lebih baik bila dibandingkan dengan beras merah untuk hal ini. Kemampuan ketan hitam tersebut mungkin saja terkait dengan tingginya kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya.

Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin E juga melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Hal ini juga mungkin terkait dengan tingginya kandungan antosianin yang terdapat didalam ketan hitam tersebut.

Bahkan, kandungan antosianin yang merupakan antioksidan ini, lebih tinggi dalam ketan hitam dibandingkan dalam bluberi.

2. Melawan Kanker dan Penyakit Jantung

Ternyata manfaat ketan hitam ini juga dianggap bisa digunakan untuk membantu melawan penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Terkait manfaat tersebut, kandungan antosianin yang terdapat pada ketan hitam yang berperan penting.

Antioksidan diprediksi berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL, sehingga turut berkontribusi dalam upaya melawan penyakit jantung.
Selain itu, antioksidan juga memiliki sifat antiradang dan antikanker.

Antosianin sebagai antioksidan diketahui dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Namun penemuan mengenai sifat antikanker dari zat ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam kategosri gandum utuh, sehingga kandungan seratnya dapat dibilang cukup tinggi. Serat sangat penting dalam menjaga kesehatan usus.

Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolest Menurut penelitian, beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah Anemia

Ketan hitam juga memiliki kadungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan penyakit anemia.

Karena itu, dengan mengkonsumsi ketan hitam dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit anemia akibat kekurangan zat besi. Namun, hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.

5. Membentuk sel dan jaringan

Ketan hitam juga kaya akan kandungan protein, sehingga itu bisa menjadi alternatif sumber protein nabati. Protein penting dalam membentuk sel dan membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang.

6. Pewarna Alami Makanan

Ternyata, pigmen warna dalam ketan hitam itu juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan, mulai dari merah muda hingga hitam.

Memakai pewarna makanan dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan bila dibandingkan dengan pewarna makanan, karena beras ketan merupakan bahan alami, ketimbang memakai pewarna buatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan pewarna buatan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko kanker, hiperaktif pada anak-anak, dan alergi.

Nah itu tadi sedikit pemaparan mengenai cara membuat lupis ketan hitam yang bisa anda coba membuatnya dirumah, selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai manfaat dari ketan hitam itu sendiri.

Oh iya bagi anda yang  gemar membuat berbagai macam olahan dirumah, saya ada sedikit reverensi untuk anda Resep Kue Apem Mekar yang Legit dan Sederhana