Hiasi langit malam-mu dengan cara membuat lampion dari bambu dengan bentuk bintang berikut ini. Kami akan membahas secara tuntas dan lugas agar kamu bisa mendekorasi rumah maupun taman-mu dengan cantik dan ciamik!

Cara Membuat Lampion dari Bambu dengan Bentuk Bintang

Di bawah ini akan saya paparkan sebuah instruksi lengkap mengenai cara membuat lampion dari bambu dengan bentuk bintang. Lampion ini nantinya bisa digunakan sebagai dekorasi beranda rumah, taman, atau untuk diikutkan dalam festival lampion.

Langkah 1: Memulai dan Menyiapkan

cara-membuat-lampion-dari-bambu-1

Langkah pertama tentunya adalah mempersiapkan bahan-bahan yang akan kamu perlukan. Nah, sebelum kita memulai lebih jauh, coba kamu siapkan dulu bahan dan alat berikut ini:

  • Bilah bambu pipih
  • Bambu bulat
  • Lem putih, lem tembak, dan lem batangan
  • Wadah untuk lem
  • Gunting tanaman (untuk memotong bambu)
  • Kertas tisu
  • Gunting, kawat, penggaris, dan tang
  • Pisau kayu
  • Wadah kue alumunium
  • Lilin kecil
  • Kuas untuk lem

Langkah 2: Memotong Bambu

cara-membuat-lampion-dari-bambu-2

Untuk memastikan bentuk dan ukuran lampion-mu konsisten, jumlah dan panjang bambu pipih harus sama persis, atau setidaknya mendekati. Saya menyarankan untuk panjangnya sekitar 50-70 cm, tapi semua kembali ke selera anda.

Sebelum memotong  bambu pipih yang akan kita gunakan untuk rangka, jangan lupa untuk mengukur dan menandainya terlebih dahulu. Ingat, presisi itu penting! Nah, setelah itu potong bambu dengan gunting tanaman hingga kita punya 10 batang bambu dengan ukuran yang sama.

Langkah 3: Merangkai Bambu Menjadi Bentuk Bintang

cara-membuat-lampion-dari-bambu-3

Sekarang kan kamu punya 10 batang bambu tuh. Nah, ambil 5 saja dulu. Kita akan membuat bintang pertama kita dari 5 bilah bambu ini. 5 yang lainnya akan kita buat nanti menjadi bintang yang satunya.

Susun 5 bambu tadi seperti gambar di atas. Disarankan agar sisi dalam bambu menghadap ke atas. Kami juga menyarankan agar penyusunan bambu divariasikan atas/bawah layaknya anyaman agar strukturnya lebih kuat.

Langkah 4: Menggunakan Lem Panas/Tembak

cara-membuat-lampion-dari-bambu-4

Apabila kamu sudah selesai menyusun bambumu menyerupai bentuk bintang, sekarang saatnya untuk mengunci bentuk tersebut. Untuk langkah ini, kamu perlu menggunakan lem panas, atau lem tembak.

Yang perlu kamu lem hanya 5 ujungnya saja. Kamu tidak perlu merekatkan sendi-sendi segi lima di dalam bintangnya.

Langkah 5: Membuat Bintang yang Satunya

cara-membuat-lampion-dari-bambu-5

Di langkah 5 ini, kamu cukup mengulang langkah nomor 3. Namun demikian, untuk memastikan bentuk dan ukuran bintang yang kedua ini sama dengan bintang yang pertama, kami sarankan kamu membuatnya persis di atas bintang yang sudah jadi.

Jangan lupa juga untuk merekatkan ujung-ujung bintang kedua dengan lem panas. Tapi jangan rekatkan kedua bintang ini menjadi satu. Sabar dulu, kita belum sampai tahap itu hehehe.

Nah, kalau kamu sudah puas dengan kedua bintangmu, sekarang saatnya kamu merekatkan sendi-sendi segilima di bagian dalam bintangmu dengan lem panas. Setelah di-lem, tunggu beberapa menit agar lem-nya mengering.

Langkah 6: Menyatukan Kedua Bintang

cara-membuat-lampion-dari-bambu-6

Kalau di langkah sebelum ini kita me-lem sendi-sendi di masing-masing bintang, sekarang saatnya kita menyatukan kedua bintang agar mereka tak terpisahkan. Tsah!!

Gunakan lem panas dan satukan kedua bintang dengan mengelem 5 ujung dari masing-masing bintang menjadi satu seperti di gambar.

Langkah 7: Mengikat Ujung Bintang dengan Kawat

cara-membuat-lampion-dari-bambu-7

Potong kawat besi secukupnya, lalu ikat ujung bintang dengan kawat seperti di gambar. Lakukan cara ini untuk semua 5 ujung bintang.

Langkah 8: Menjadikan Bintangmu 3 Dimensi

cara-membuat-lampion-dari-bambu-8

Pertama-tama, ambil bambu utuh/bambu bundar mu dan potong sesuai seleramu untuk menentukan ‘gemuk’ lampion bintangmu nanti. Cara membuat lampion dari bambu ini menyarankanmu untuk menggunakan ukuran 10-15 cm. Siapkan 5 batang juga.

Selanjutnya, kamu perlu meregangkan bintangmu untuk meletakkan batang bambu pengganjalnya. Batang bambu pengganjal ini akan kamu letakkan di 5 sudut segilima dalam bintang.

Gunakan lem tembak untuk memastikan posisi bambu pengganjal ini tidak tergoyahkan.

Langkah 9: Membuat Tempat untuk Meletakkan Lilin

cara-membuat-lampion-dari-bambu-9

Nah, sekarang saatnya kita membuat dudukan untuk wadah lilin agar bintang kita dapat bercahaya terang. Ambil batang bambu kecil yang tidak terpakai, lalu ukur dan potong disesuaikan dengan lebar sisi dalam bintangmu (lihat gambar).

Siapkan wadah kue aluminum dan letakkan lilin di dalamnya. Lalu, dengan menggunakan lem tembak, rekatkan dudukan dari bambu tadi ke bambu bintang, lalu rekatkan wadah kue ke dudukan bambu.

Langkah 10: Membuat Gantungan/Pegangan Lampion

cara-membuat-lampion-dari-bambu-10

Sekarang rangka lampion bintangmu sudah hampir selesai! Ambil kawat secukupnya lalu lilitkan di ujung paling atas dari lampion bintangmu. Gulung kawat sedemikian rupa agar bisa menjadi gantungan/pegangan.

Langkah 11: Melapisi Lampion dengan Kertas Tisu

cara-membuat-lampion-dari-bambu-11

Gunakan tisu, sedikit bubur kertas, dan lem putih untuk melapisi lampionmu seperti gambar di atas. Lapisi bagian depan dan belakangnya terlebih dahulu. Jika sudah, gunakan kuas lalu oleskan sedikit lem di semua permukaannya.

Langkah 12: Menutup Bagian Samping dan Menyediakan Ventilasi

cara-membuat-lampion-dari-bambu-12

Melapisi lampionmu dengan kertas tisu sebenarnya cukup mudah, tapi kamu perlu mengingat untuk menyediakan 2 lubang ventilasi, yakni di 2 bagian atas (lihat gambar).

Langkah 13: Menghias Lampionmu

cara-membuat-lampion-dari-bambu-gelap

Nah, langkah terakhir ini adalah yang paling menyenangkan! Kamu bisa menggunakan bahan dan warna apapun dengan perhitungan tertentu agar lampionmu dapat menjadi lebih indah.

*****

Bagaimana? Mudah bukan. Cara membuat lampion dari bambu ini bisa jadi salah satu kerajinan dari bambu untuk menghias taman-mu.

Kalau kamu tertarik ingin mencoba kerajinan dari bambu lainnya, silahkan baca artikel membuat lampu hias dari bambu, membuat lonceng angin dari bambu, dan membuat air mancur dari bambu.