Kue mochi adalah jenis kue basah yang bahan utamanya adalah tepung beras ketan dan dibuat menjadi sebuah adonan. Bagian dalam dari kue mochi ini biasanya diisi kacang tanah. Cara membuat kue mochi jepang ini sangat gampang.

Penganan khas Kota Sukabumi ini sangat disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Jika anda berkunjung ke Sukabumi, janganlah lupa untuk membeli penganan ini sebagai buah tangan bagi keluarga anda.

Saat ini kue mochi memiliki banyak pilihan rasa dengan berbagai macam kemasan. Namun satu hal yang pasti, kue mochi ini dibuat alami tanpa campuran pewarna atau bahan pengawet lainnya.

Penganan yang dibuat secara alami tentunya tak bisa disimpan terlalu lama karena akan basi. Untuk itu, anda tidak mesti membuat terlalu banyak apabila hanya dikonsumsi untuk sedikit orang.

Cara membuat mochi pun sederhana dan sangat mudah. Ingin tahu resep tentang kue mochi ini? Sebelumnya akan kami ulas beberapa fakta mengenai kue mochi berikut ini:

Sejarah Kue Mochi

Kue Mochi pertama kali dibuat di Jepang sekitar abad ke-7 masehi. Pada awal abad ke-10 kue ini dibuat untuk perayaan tradisional di Jepang yaitu mochitsuki atau perayaan tahun baru bagi bangsawan selama masa Heian dan juga sebagai persembahan kekaisaran pada upacara keagamaan.

Hal ini mengindikasikan bahwa mochi adalah makanan yang dibawa dan diberikan kepada para dewa. Selain itu ada juga istilah “mochizuki (望月)” yang berarti bulan purnama.

Petani zaman dahulu dikisahkan para petani memakan mochi ketika musim dingin tiba dengan tujuan untuk meningkatkan stamina mereka.

Para samurai Jepang pun menyukai mochi karena praktis dan mudah dibawa bepergian. Suara mochi pada saat ditumbuk menandakan mereka hendak pergi ke medan pertempuran.

Sudah menjadi tradisi dalam masyarakat Jepang ketika merayakan acara tahun baru diwajibkan untuk menyediakan mochi sebagai camilan.

Mochitsuki adalah cara tradisional membuat kue mochi dengan menggunakan palu kayu untuk menumbuk beras yang dikukus dalam wadah batu atau kayu. Setelah beras menjadi lengket kemudian dipotong kecil dan dibentuk menjadi bulat atau oval.

Di zaman serba modern ini, kue mochi sudah diproduksi massal di pabrik-pabrik berteknologi canggih serta sudah banyak dijual di supermarket dan toko kue.

Cara Membuat Kue Mochi Jepang

nilah saatnya untuk membahas bagian paling menarik yaitu resep cara membuat kue mochi yang kenyal dan enak serta tanpa menggunakan pewarna dan pengawet buatan. Proses pembuatannya kurang lebih seperti ini :

Bahan :

  • Tepung ketan 300 gram
  • Mentega putih 50 gram
  • Gula pasir 175 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Garam ½ sdt
  • Selai rasa coklat
  • Wijen putih

Cara Membuat Kue Mochi Jepang :

  1. Siapkan 300 gram tepung ketan, lalu campurkan dengan garam kemudian aduk sampai merata.
  2. Tambahkan santan sedikit demi sedikit, jangan lupa juga kita harus menguleninya menggunakan tangan agar adonan menjadi halus.
  3. Sediakan wadah atau loyang yang sudah diolesi dengan minyak untuk mengukus. Setelah itu tuangkan adonan yang sudah halus. Kukus selama kurang-lebih 35 menit.
  4. Adonan yang telah dikukus kemudian aduk menggunakan mixer kaki spiral.
  5. Tambahkan gula dan mentega putih ke dalam adonan yang sedang dimixer. Aduk rata lalu tunggu adonan sampai menjadi halus dan dingin.
  6. Bentuk adonan mochi menjadi bulat-bulat kecil, masukkan selai coklat atau bisa diganti yang lain sebagai bahan isian mochi.
  7. Adonan mochi kemudian dibaluri dengan wijen putih yang sebelumnya sudah disangrai terlebih dahulu.
  8. Kue mochi siap untuk dihidangkan bersama secangkir teh hangat.

Isian kue mochi bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Semoga resep membuat kue mochi Jepang ini bisa memberikan inspirasi bagi anda dan keluarga.