Kue Gemblong Ketan Hitam atau sering disebut Getas, jajanan ini adalah jajanan yang berasal dari Jawa Timur. Meskipun rasanya sama seperti Kue Gemblong ketan putih, terdapat perbedaan pada bahan dasarnya yaitu ketan hitam dan cara membuat kue gemblong ketan hitam ini tergolong mudah.

Kue Gemblong ini sendiri termasuk ke dalam beberapa aneka makanan dari kelapa yang mudah dibuat. Kelapa pada gemblong ini dijadikan santan lalu dicampurkan ke dalam adonan pembuatan jajanan tradisional yang satu ini.

Cara membuat kue gemblong ini yang paling harus diperhatikan adalah saat menggorengnya supaya hasilnya matang sampai didalam dan warnanya tidak gosong. Gunakan minyak yang banyak denga api sedang saja. Jangan terlau besar apinya supaya tidak gosong dan masih mentah dan keras di dalam gemblong gorengnya. Selain itu jangan kebanyakan dibolak balik. Cukup sekali atau dua kali saja supaya kulit luarnya nanti tidak pecah.

Cara Membuat Kue Gemblong Ketan Hitam

Bahan :

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung ketan putih kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Pilih tepung yang bagus dan tidak apek.
  • Santan asli yang diambil dari parutan 1/2 buah kelapa kurang lebih sebanyak 125 ml saja.
  • Parutan kelapa kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  • Minyak goreng secukupnya ntuk menggoreng adonan kue gemblong nya.
  • Garam dapur sedikit saja. Bisa dihilangkan kalau tidak terlalu suka rasa asin (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Gula putih dan Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih masing-masing sebanyak 100 gram saja (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Daun pandang segar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih kemudian buat simpul (bahan untuk lapisan besta gula merah).
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 ml saja (bahan untuk lapisan besta gula merah).

Langkah Pembuatan Kue Gemblong Ketan Hitam

  1. Masak santan bersama dengan garam dapur kemudian aduk-aduk sampai hangat saja kemudian sisihkan.
  2. Ambil wadah dan masukkan tepung ketan hitam, tepung ketan putih, parutan kelapa dan garam dapur beryodium lalu aduk dan campur sampai benar-benar rata.
  3. Masukkan santan yang sudah dihangatkan tadi sedikit-demi sedikit sambil diuleni sambai benar-benar kalis.
  4. Setelah kalis ambil sedikit adonan gemblong ketan hitamnya kemudian bentuk dengan rapi. Ulangi sampai adonan habis.
  5. Siapkan wajan dan goreng gemblong ketan hitam sampai matang dan mengambang kemudian tiriskan.
  6. Sekarang kita buat lapisan gula putihnya. Masak gula putih berserta dengan garam sejumput dan air nya dan aduk sampai rata dan mengental.
  7. Masukkan gemblong ketan hitam gorengnya kedalam larutan gula tadi lalu aduk sampai rata dan matikan apinya.
  8. Aduk kembali sebentar sampai benar-benar rata kemudian biarkan sampai dingin.

Kreasi Topping Kue Gemblong Ketan Hitam

1. Coklat

Coklat adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki rasa yang manis dan lezat. Sering sekali coklat dijadikan topping dan menjadi varian rasa pada beberapa jajanan. Ada juga coklat yang berbentuk batang yang dapat langsung dimakan.

2. Keju

Keju merupakan produk makanan yang umumnya dibuat dari susu sapi dengan cara mengkoagulasi protein susu, kemudian memisahkan dan memadatkannya. Koagulasi atau penggumpalan susu terjadi karena adanya penggumpalan kasein yang terdapat pada susu. Koagulasi susu dapat dipengaruhi oleh 3 macam koagulan yaitu koagulan asam dan garam, serta koagulan enzim.

3. Selai Kacang

Salah satu bahan tambahan atau bumbu makanan yang disukai oleh banyak orang adalah selai kacang. Meskipun seringkali hanya dipakai sebagai olesan roti, dalam realitanya kita juga sering menjadikannya camilan karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang enak, selai kacang juga memiliki manfaat seperti banyaknya protein dan vitamin.