Cara membuat kopi yang enak penting untuk diketahui bagi kalian semua penikmat kopi.  Life’s too precious to be wasted on a bad coffee. Artinya? Hidup kamu terlalu berharga untuk dihabiskan dengan meminum kopi jelek atau tidak enak.

Bagi banyak orang, kopi memiliki filosofi yang amat mendalam. Disinyalir bahwa rasa pahit dalam kopi memiliki makna atas pahitnya kehidupan. Tapi ya disruput aja, lama-lama enak kok. Hehehe.

Mau pahit maupun asam, kopi (menurut saya) penting bagi kehidupan dan segala tetek bengek rutinitasnya. Bagi saya, waktu paling nikmat untuk menikmati secangkir kopi hitam terbagi menjadi 2.

Yang pertama adalah di pagi hari guna bikin “melek”. Konsentrasi dan mata yang masih kriyep-kriyep bekas tidur di malam hari langsung jadi segar di pagi-nya berkat seteguk kopi panas.

Yang kedua adalah saat kongko dengan karib-karib terdekat di malam hari, ditemani obrolan berkualitas penuh canda dan cemilan kriuk-kriuk. Nyeruput kopi di tengah tawa canda menjadi lebih nikmat dan hangat.

15 Cara Membuat Kopi yang Enak dan Mantap

1. Drip Method

cara-membuat-kopi-yang-enak-drip-method

Metode ini juga dikenal dengan nama filter method. Ini karena penggunaan filter atau saringan dalam cara pembuatannya. Metode pembuatan kopi satu ini cukup umum untuk ditemukan di kedai-kedai kopi.

Cara yang sederhana beserta efisiensinya membuat metode tetes ini menjadi cara yang paling populer dalam cara membuat kopi yang enak. Konsep dasarnya, bubuk kopi diletakkan di saringan di atas gelas/teko kopi, lalu tuangkan air panas dan tunggu hingga kopi menetes secara perlahan.

2. French Press

cara-membuat-kopi-yang-enak-french-press

Cara membuat kopi yang enak satu ini juga dikenal dengan sebutan plunger atau cafetiere. Metode french press ini menjadi unggul karena kemampuannya untuk mengeluarkan citarasa yang maksimal dari bubuk kopi.

Untuk peralatan french press saat ini bisa kamu beli dimanapun dan mudah ditemukan.

3. Turkish Coffee

cara-membuat-kopi-yang-enak-turkish-coffee

Metode Turkish Coffee ini juga biasa disebut dengan Arab Method. Mungkin cara ini merupakan cara pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan dengan metode ini juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat.

Meskipun tidak semua orang suka dengan kopi jenis ini, tapi bagi para penikmat kopi, kopi jenis ini merupakan salah satu jenis kopi yang nikmat.

Cara pembuatannya adalah kopi digiling secara manual dengan menggunakan lesung dan alu, atau kalau bisa juga dengan menggunakan alat penggiling kopi yang bisa kita temukan dipasaran, kemudian ditaruuh di sebuah bejana yang disebut ‘ibrik’ bersama gula dan air. Setelah itu itu dididihkan tigak kali dna dituang ke dalam cangkir.

4. Percolator

cara-membuat-kopi-yang-enak-percolator

Sebenarnya metode ini sudah mulai kehilangan banyak penggemarnya sejak drip method mulai populer. Teko dengan penyaring didalamnya ini sebenarnya memiliki proses pembuatan yang mudah.

Anda cukup memasukkan bubuk kopi, air, dan gula dalam teko lalu didihkan airnya. Sayangnya, metode ini dianggap oleh beberapa orang dapat menghilangkan citarasa dan aroma kopinya. Kalau saya sih, coba aja dulu dan nanti tergantung selera hehe.

5. Espresso

cara-membuat-kopi-yang-enak-espresso

Mesin espresso ini mungkin adalah mesin yang paling umum dijumpai di berbagai kedai kopi. Espresso sendiri adalah hasil ekstrak biji kopi dengan konsentrasi dan kekentalan yang tinggi.

Biasanya orang memilih metode espresso ini untuk menikmati kopi secara cepat, karena takarannya yang kecil, namun dengan citarasa yang biasanya lebih kuat dari kopi biasa. Mesin espresso yang otomatis membuat ngopi jadi lebih mudah.

6. Vacuum

cara-membuat-kopi-yang-enak-vacuum

Nama lain dari metode ini adalah syphon method. Cara membuat kopi yang enak dengan metode membutuhkan kesabaran ekstra dikarenakan caranya yang cukup unik. Dengan metode ini, anda bisa menghasilkan kopi tanpa ampas.

Pertama, giling biji kopi menggunakan grinder kopi terbaik.

Untuk membuatnya, anda tempatkan bubuk kopi pada tabung bagian atas dan air pada bagian bawah. Air yang ada di bagian bawah yang sudah dididihkan akan menguap dan masuk ke dalam tabung atas yang berisi kopi melalui selang penghubung antara tabung atas dan tabung bawah.

Selanjutnya setelah semua air sudah berada di tabung atas, Anda hentikan proses pendidihan airnya dan tunggu airnya sampai menjadi dingin, setelah itu Anda hanya menunggu air yang berada di tabung atas kembali ke tabung bagian bawah.

7. Cold Brew Method

cara-membuat-kopi-yang-enak-cold-brew

Merasa bosan dengan kopi panas? Cold brew atau cold water method ini bisa jadi jawabannya. Menikmati cita rasa kopi yang khas dengan sensasi dingin di mulut tampaknya bisa menjadi opsi baru bagi anda untuk menikmati kopi.

Sayangnya, butuh kesabaran super ekstra bagi anda yang ingin menikmati kopi dengan metode ini. Sebab, kopi ini harus didiamkan terlebih dahulu selama 12 jam sebelum siap disajikan.

Untungnya, kopi ini katanya sangat ramah buat kalian yang punya perut yang sensitif terhadap kopi. Untuk penyajiannya, bisa kamu kombinasikan dengan es batu, cokelat, atau es krim.

8. Neapolitan Flip

cara-membuat-kopi-yang-enak-neapolitan

Pada dasarnya cara yang digunakan dalam Neapolitan Flip ini tidak jauh berbeda dengan metode Drip karena sama-sama menggunakan alat penyaring untuk memisahkan ampas kopi.

Alat yang digunakan berbentuk dua buah tabung yang saling berhimpitan dan pada bagian tengahnya terdapat saringan yang nantinya akan menjadi pemisah antara ampas kopi dengan sari kopinya.

9. Single Serve Coffee Machine

cara-membuat-kopi-yang-enak-single-serve

10. Kopi Instan

cara-membuat-kopi-yang-enak-kopi-instan

Kalau untuk metode satu ini sih benar-benar tergantung selera dan kebiasaan lidah anda. Mungkin banyak penikmat kopi gilingan yang akan menentang konsumsi kopi instan, tapi ya namanya selera ya bebas kan?

Anda bisa memilih dari puluhan merk yang ada yang sesuai dengan selera anda. Cara membuatnya juga mungkin adalah yang paling mudah. Cukup tuangkan bubuk ke gelas, lalu isi dengan air panas dan aduk, lalu tinggal minum.

11. Vietnam Drip

cara-membuat-kopi-yang-enak-vietnam-drip

Metode satu ini adalah metode favorit saya, dan mungkin juga sama halnya dengan kebanyakan orang. Penggunaan metode tetes yang mencampurkan citarasa kopi dengan aroma yang mantap dengan susu kental manis menjadi alasan saya menjadikan metode ini favorit saya.

Rasanya manis yang dihasilkan serta aroma yang tidak hilang membuat metode vietnam drip ini mudah diterima oleh orang-orang Indonesia.

12. Presso

cara-membuat-kopi-yang-enak-presso

Para produsen peralatan kopi dari waktu ke waktu selalu menciptakan berbagai macam alternatif alat pembuatn kopi dengan berbagai inovasi kreatif dan juga memberikan kebebasan kepada konsumen alat yang paling cocok untuk digunakan, salah satunya yaitu Presso.

Pada dasarnya, Presso ini adalah alat pembuat espresso. Presso ini memiliki beberapa kelebihan, seperti penggunaannya yang tidak memerlukan listrik, ramah lingkungan, dan juga harganya yang relatif terjangkau.

13. Moka Pot

cara-membuat-kopi-yang-enak-moka-pot

Salah satu metode pembuatan kopi selanjutnya itu adalah Moka Pot. Moka Pot ini lebih rumit daripada Vietnam Drip, karena melibatkan tekanan dan panas untuk bisa mengeluarkan sari pati kopi sehingga alat ini menghasilkan espresso.

Kopi yang dihasilkan oleh Moka Pot ini lebih kuat rasa pahitnya, rasa asamnya pun tidak sekuat saat menggunakan Vietnam Drip. Jadi kalau Anda ingin membuat kopi espresso, tidak perlu membeli mesin espresso, dengan menggunakan Moka Pot saja sudah cukup. Selain itu,

Moka Pot Sendiri memiliki takaran dalam bentuk beberapa cangkir. Moka Pot untuk 2 cup espresso, artinya kalau saringan dipenuhi dengan bubuk kopi makan Moka Pot bisa menghasilkan 2 cangkir espresso.

14. Aeropress

cara-membuat-kopi-yang-enak-aeropress

Cara membuat kopi yang nikmat satu ini juga banyak digandrungi karena kemudahannya, dari segi alat maupun cara pembuatan. Kopi yang dihasilkan juga nikmat dan berkualitas tinggi.

Konsep dasarnya, kopi ini mempertemukan air panas dengan bubuk kopi dengan cara menekannya dengan tekanan udara sehingga aroma kopi yang khas masih terasa kuat di kopinya.

15. Clever Dripper

cara-membuat-kopi-yang-enak-clever-dripper

Salah satu metode sederhana dalam proses pembuatan kopi adalah Clever Dripper. Metode ini juga dikenal dengan sebutan Cone Pour Over karena bentuknya yang kerucut dan menggunakan tambahan filter kertas.

Alat ini merupakan sebuah gabungan ekstraksi kopi antara ‘pour over’ dengan ‘french press’. Jadi pada intinya, ‘Clever’ itu metode gabungan antara ‘french press’ dengan ‘drip’, salah satu cara brewing yang cukup populer, khususnya di Amerika.

Mungkin disebut dengan ‘Clever’ karena dianggap “pandai”, karena alat sederhana ini akan secara otomatis mengalirkan hasil brewing saat dudukannya diletakkan diatas cangkir. Merendam kopi seperti pada cara ‘french press’ sekaligus memberikan kontrol terhadap si pengguna kapan waktunya menghentikan proses brewing.

*****

Nah, itulah 15 cara membuat kopi yang enak yang bisa saya bahas kali ini. Jangan lupa baca juga artikel nikmatnya kopi hijau.