Cara Membuat Kopi Susu Dingin – Cara membuat kopi susu dingin yang nikmat sebenarnya mudah. Kopi sering dinikmati saat pagi hari ketika mau berangkat kerja, santai-santai di rumah, atau untuk menemani begadang. Penggemar kopi di Indonesia sangat banyak. Mereka rata-rata suka menikmati kopi manis yang ditambah gula atau creamer. Berbagai racikan kopi pun dibuat untuk memanjakan lidah para penikmat kopi. Walaupun sebenarnya minum kopi tanpa gula, susu, atau creamer lebih baik untuk kesehatan, namun tidak ada salahnya jika sekali-kali memanjakan indera perasa kita dengan kopi susu yang mantap.

Kopi adalah sejenis biji-bijian yang memiliki kandungan kafein dan dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh. Kafein dalam kopi selain dapat menghilangkan rasa kantuk, juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Selain kandungan kafein, kopi juga mengandung asam organik, potassium, mineral, zat besi, dan magnesium yang berfungsi untuk merawat kulit.

Manfaat kopi di antaranya selain untuk menemani begadang ketika banyak tugas menumpuk, juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah serangan jantung dan stroke, serta dapat meningkatkan stamina tubuh. Kopi mengandung senyawa polifenol dan flavonoid yang bagus bagi tubuh.

Kopi yang rasa aslinya pahit akan terasa lebih nikmat jika ditambah susu yang rasanya manis. Rasa pahit dan manis akan menimbulkan rasa gurih dan membuat kopi susu ini nikmat untuk disantap, baik di pagi maupun malam hari. Kopi susu juga dapat meningkatkan mood kita agar dapat menjalani hari dengan sebaik mungkin. Mood yang baik akan menentukan kualitas pekerjaan sehari-hari kita.

BACA JUGA : Cara Membuat Kopi Susu Sendiri Yang Nikmat Rasanya

Cara Membuat Kopi Susu Dingin

Rasa Coklat Plain

 

Bahan-bahan untuk membuat kopi susu coklat plain diantaranya: susu kental manis, bubuk kopi hitam, creamer, bubuk coklat plain, gula pasir, dan air panas. Ada beberapa resep kopi susu dengan beberapa bahan di atas. Yang membedakan adalah takaran dan cara membuatnya. Anda bisa memilih resepnya sesuai selera.

Resep Kopi Susu Coklat Plain Pertama :

Untuk resep pertama ini bahan dan takarannya: 1 sachet susu kental manis, 1 sendok makan kopi bubuk hitam, 1 sendok makan creamer, 1/2 sendok teh bubuk coklat plain, 3 sendok teh gula pasir, dan air panas secukupnya. Coklat bubuk yang dimaksud adalah coklat murni rasa plain yang dapat dibeli di toko yang menjual bahan-bahan pembuat kue.

Cara Membuat:

Siapkan satu buah gelas. Tuang kopi bubuk hitam, gula pasir, dan coklat bubuk ke dalam gelas yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas secukupnya. Lalu, tambah susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir, sebagai penikmat rasa, tambahkan creamer di atasnya. Kopi susu coklat plain (resep pertama) pun siap dinikmati.

Cara Roasting Kopi Tradisional Agar Harum Baunya

Resep Kopi Susu Coklat Plain Kedua :

Untuk resep kedua ini, bahan dan takarannya adalah sebagai berikut: 1 sendok makan kopi bubuk, 2 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan susu kental manis, 1 sendok teh bubuk coklat plain, 160 ml air panas, dan creamer. Coklat bubuk yang dimaksud adalah coklat murni rasa plain yang dapat dibeli di toko yang menjual bahan-bahan pembuat kue.

Cara Membuat :

Siapkan semua bahan-bahan pembuat kopi susu coklat plain. Siapkan satu buah cangkir. Tuang kopi bubuk, gula pasir, dan bubuk coklat plain ke dalam cangkir yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas, aduk rata. Lalu, tuang susu kental manis, dan aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan creamer di atasnya sebagai penikmat rasa. Kopi susu coklat plain pun siap dihidangkan.

Jika ingin kopi susu buatan Anda tidak terlalu manis agar kadar kalori tetap rendah, jangan ditambah dengan gula atau creamer. Dengan ditambah gula atau creamer akan membuat kadar kalori naik. Sebaiknya jika ingin menikmati kopi dengan sedikit rasa manis, bisa ditambah dengan gula rendah kalori Tropicana Slim. Gula rendah kalori sangat cocok untuk diet dan melawan penyakit diabetes.

Nah segitu saja yang bisa miin bagikan tentang Cara Membuat Kopi Susu Dingin Sendiri Di Rumah.