Kopi hijau? Kopi warnanya hijau? Terus gimana cara membuat kopi hijau?

Sebagai orang yang merasa dirinya adalah pecinta kopi, saya sendiri belum pernah merasakan kopi hijau sebelumnya. Kalau teh hijau sih saya pernah, tapi kopi hijau? Rasa-rasanya agak asing bagi saya.

Ternyata cara membuat kopi hijau tidak asing bagi saya saja. Bagi beberapa teman pun kopi hijau masih jarang didengar, apalagi dikonsumsi.

Awalnya, saya kira kopi hijau adalah kopi dalam bentuk cairan yang berwarna hijau. Di benak saya, wujudnya nyaris sama dengan matcha tapi ternyata asumsi saya terbantahkan.

Apa Itu Kopi Hijau?

Cara membuat kopi hijau masih menjadi misteri buat saya. Jangankan cara membuatnya, bahan dasarnya saja masih membuat saya bertanya-tanya.

Berdasarkan hasil googling, banyak orang bilang bahwa cara membuat kopi hijau ini adalah cara alternatif untuk diet. Dan berdasarkan pengalaman saya, biasanya yang sehat-sehat itu jarang memiliki rasa yang enak. Hehehe.

cara membuat kopi hijau

Sebenarnya, kopi hijau atau green coffee ini adalah biji kopi biasa pada umumnya. Kondisinya yang masih berwarna hijau kering dan belum dipanggang menyebabkan benda ini dinamakan kopi hijau.

Penanaman biji kopi sendiri sudah dilakukan sejak 1100 M di kawasan Laut Merah di Arab. Pada masa itu, pemanggangan belum diterapkan sehingga biji kopi langsung diseduh untuk menciptakan minuman yang mirip teh. Biji hijau masih dipakai dalam berbagai bentuk kopi Arab tradisional.

Cara Membuat Kopi Hijau

Buat kamu, kamu, dan kamu yang tertarik ingin mengurangi berat badan, katanya kebiasaan mengonsumsi kopi hijau bisa sangat membantu lho! Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya kamu perlu tahu gimana sih cara membuat kopi hijau. Yuk disimak:

  1. Sediakan kopi hijau mentah yang sudah kering. Anda bisa mendapatkannya di pasaran. Cuci bersih kopi hijau, perlu di ingat jangan terlalu cepat dan keras dalam menyuci kopi hijau karena akan mengikis lapisan luar kopi hijau yang banyak mengandung nutrisinya. Cukup Anda cuci sebentar dengan air bersih.
  2. Takar 1 gelas kopi hijau 1 gelas dan 3 gelas air untuk merebusnya. Takaran merebus yaitu 1;3, jika Anda ingin membuat lebih banyak misalnya 2 gelas kopi hijau maka campuran airnya adalah 6 gelas.
  3. Gunakan panci bersih untuk membuat kopi hijau. Tuangkan 3 gelas air putih ke dalam panci dan tambahkan 1 gelas kopi hijaunya.
  4. Nyalakan kompor dengan api besar sampai mendidih airnya. Sesekali aduk dengan lembut kopi hijau dalam rebusan. Hal ini bermanfaat untuk meratakan perebusan kopi hijau.
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan atur hingga perebusan selama 12 menit. Aduk kembali kopi hijaunya.
  6. Setelah itu saring, dan ambil airnya. Dengan begitu Anda telah membuat kopi hijau sendiri, mudah kan?
Tips Mengonsumsi Kopi Hijau

Setelah anda paham cara membuat kopi hijau, anda juga perlu tahu cara yang benar untuk mengonsumsinya agar anda mendapat manfaat yang maksimal. Apalagi untuk anda-anda yang berniat mengurangi berat badan dengan mengonsumsi kopi hijau ini.

Untuk menurunkan berat badan, silahkan minum 2 kali sehari yaitu pagi sebelum anda sarapan dan usahakan perut anda masih dalam keadaan kosong. Dan minum lagi pada malam hari sebelum anda tidur.

Dianjurkan untuk memperoleh hasil maksimal dalam menurunkan berat badan, usahakan anda hindari aktivitas makan 2 jam sebelum Anda tidur.

Manfaat dan Hasil dari Cara Membuat Kopi Hijau

Seperti banyak artikel yang di-post di laman ini, pastinya banyak yang sehat dan banyak manfaat. Contohnya, seperti minyak kelapa, santan kelapa, maupun keripik buah. Nah, sekarang coba perhatikan manfaat kopi hijau berikut ini:

1. Untuk menurunkan berat badan

Green Coffee atau kopi hijau diyakini bisa membantu menurunkan berat badan khususnya membantu program diet dengan cara menekan nafsu makan. Fakta ini diperkuat berdasarkan hasil penelitian di tahun 2001, yang dilakukan oleh Gastroenterology research and practice. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak dari biji kopi hijau lebih efektif untuk membantu penurunan berat badan.

2. Untuk detoksifikasi secara alami

Manfaat lainnnya dari ekstrak kopi hijau adalah sebagai pendetoks tubuh secara alami. Kandungan pada kopi hijau akan membersihkan racun yang terdapat pada organ hati. Bahkan kopi hijau bisa membantu membersihkan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh, kolesterol jahat, dan lainnya. Sehingga dari situ kopi hijau akan membantu memberikan efek dalam meningkatkan fungsi organ dalam tubuh.

3. Untuk menurunkan tekanan darah

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Hypertension Research menunjukkan bahwa, khasiat dari green coffee (kopi Hijua) terbukti bisa membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Hal ini dibuktikan ketika para tim peneliti mengumpulkan 117 pria yang memiliki tekanan darah tinggi ringan, kemudian mereka disuguhkan kopi hijau dan plasebo untuk mereka konsumsi selama kurun waktu 28 hari.

Dari situ bisa ditemukan hasil bahwa tekanan darah yang telah dialami oleh para pasien tersebut bisa menurun, dibandingkan mereka menggunakan plasebo. Dari tahap perbandingan ini, dinyatakan bahwa kopi hijau memang bisa memberikan khasiat yang luar biasa, yaitu bisa menjadi bahan alami untuk membantu menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan metabolisme

Dengan kandungan klorogenat yang terdapat pada Green Coffee (kopi hijau), yang ntinya akan diproduksi tubuh menjadi zat antioksidan, mampu membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga khasiat yang terdapat dari Green coffee ini juga tidak kalah dengan sajian kopi lain.

5. Membantu melembabkan Kulit

Kandungan asam lemak dan ester yang terdapat pada kopi hijau ini, bisa anda gunakan untuk memelihara  sekaligus melembabkan kulit. Dimana kedua kandungan tersebut mencakup Arachidonic Asam, Asam oleat, dan Asam linoleat.

Semuanya itu memang baik untuk menjaga kulit agar tidak mudah kendur, dan cepat kering. Sehingga mengkonsumsi kopi hijau sangat baik untuk melembabkan kulit.