Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Artikel

Cara Membuat Kompos di Dalam Tanah dengan Jumlah Banyak

Hallo! Kali ini saya akan membagikan cara membuat kompos di dalam tanah dengan jumlah banyak. Kompos adalah pupuk yang dibuat dari sisa-sisa mahluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang diurailkan oleh organisme pengurai.

Proses pengomposan kali ini akan memanfaatkan lubang galian di tanah sebagai tempat untuk membusukan samaph organik.

Yuk langsung saja siapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan.

Alat dan Bahan yang Digunakan

  • Cangkul atau sekop
  • Sarung tangan
  • alat pencacah
  • Ember
  • Terpal
  • Sampah organik
  • Kotoran ternak
  • Dekomposer em4
  • Air
  • tanah

CaraMembuat Kompos di Dalam Tanah

cara membuat kompos di dalam tanah Berikut ini cara membuat kompos di dalam tanah :

  1. Siapkan tempat kosong seluas 10 meter persegi sebagai tempat pengomposan. Lebih baik apabila tempat pengomposan tersebut dibuatkan peneduh untuk menghindari hujan.
  2. Buat lubang persegi empat menggunakan cangkul atau sekop dengan lebar 1 meter dan panjang 1,5 meter.
  3. Siapkan sampahorganik dari sisa-sisa tanaman, bisa juga dicampur dengan kotoran hewan ternak. Cacah sampah organik tersebut hingga menjadi potongan kecil. Semakin kecil potongan bahan organik semakin baik. Tapi jangan sampai terlalu halus, supaya proses penguraian bisa berlangsung sempurna saat pengomposan berlangsung. Untuk mendapatkan potongan yang pas anda bisa menggunakan Mesin Pencacah Kompos.
  4. Masukan bahan organik yang sudah dicacah ke dalam lubang tadi, kemudidan padatkan. Isi seluruh lubang hingga hampir penuh.
  5. Siramkan air pada bahan baku kompos yang sudah tersusun dalam lubang untuk memberikan kelembaban. Untuk mempercepat proses pengomposan anda bisa menambahkan dekomposer pembusuk contohnya em4 ke dalam tumpukan kompos tersebut.
  6. Setelah 1 hari, suhu dalam tumpukan kompos akan naik hingga 65oC, biarkan keadaan seperti ini hingga 2-4 hari. Fungsinya untuk membunuh bakteri patogen, jamur dan gulma. Perlu anda perhatikan, proses pembiaran jangan sampai melebih dari 4 hari. Karena berpotensi membunuh mikroorganisme pengurai kompos. Apabila mikroorganisme dekomposer ikut mati, maka proses pengomposan akan menjadi lebih lama.
  7. Setelah 4 hari, turunkan suhu untuk mencegah kematian mikroorganisme dekomposer. Pertahankan suhu optimum pengomposan pada kisaran 45-60oC dan kelembabannya pada 40-50%. Cara mempertahankan suhu adalah dengan cara membolak-balik bahannkompos, sedangkan untuk menjaga kelembaban siram kompos dengan air. Pada kondisi ini penguapan relatif tinggi, untuk mencegahnya anda dapat menutup tumpukan kompos yang ada dalam lubang tanah dengan terpal plastik, sekaligus juga melindungi kompos dari siraman air hujan.
  8. Cara membalik kompos sebaiknya dilakukan dengan metode berikut. Aduk-aduk saemua bahan kompos yang ada di dalam lubang tanah hingga semua bahannya teebalik. Dengan begitu, semua kompos dipastikan sudah teraduk rata semua. Proses pembalikan sebaiknya dilakukan setiap 3 hari sekali hingga proses pengomposan selesai. Atau balik apabila suhu dan kelembaban melebihi batas yang ditentukan.
  9. Apabila suhu sudahnya telah stabil dibawah 45oC, warna kompos hitam kecoklatan dan volume menyusut hingga 50% hentikan proses pembalikan.
  10. Langkah selanjutnya adalah proses pematangan yang berlangsung selama 14 hari.
    Secara teoritis, proses pengomposan selesai setelah 40-50 hari. Namun dapat lebih cepat atau malah lebih lambat tergantung dari keadaan dekomposer dan bahan baku kompos. Pupuk kompos yang sudah matang memiliki ciri khasd warnanya yang hitam kecoklatan, teksturnya gembur, tidak berbau.
  11. Untuk memperbaiki penampilan dan agar dapat disimpan lama, sebaiknya kompos disaring dan di kemas dalam karung. Simpan pupuk kompos di tempat kering dan teduh.

Proses pembuatan kompos dengan metode ini, sangat cocok untuk memproduksi kompos dalam jumlah besar.

Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai tanah humus salah satunya dengan membaca artikel Cara Membuat Tanah Kompos dari Bahan Sampah Organik

Sekian dulu pembahasan saya mengenai cara membuat kompos di dalam tanah. Semoga bermanfaat bagi anda.
Selamat mencoba!

Theme by Anders Norén