Cara membuat kerupuk strawberry – kerupuk yang dihasilkan dari hasil olahan buah saat ini sudah sering kita temui ditoko maupun minimarket, karena olahan buah jenis ini merupakan salah satu jenis inovasi terbaru yang sangat bermanfaat terutama untuk orang yang malas makan buah tetapi suka cemilan.

strawberry merupakan salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh orang – orang, karena selain rasanya yang asam manis buah strawberry sangatlah segar untuk dimakan langsung maupun dijadikan olahan seperti juz atau salad buah.

Akhir – akhir ini terdapat jenis olahan terbaru dari jenis buah berry, yaitu kerupuk strawberry, karena jenis buah ini sangatlah banyak peminatnya sehingga banyak industri maupun usaha rumahan yang mencoba untuk memproduksinya.

Cara membuat kerupuk strawberry sangatlah mudah, karena kita tidak membutuhan bahan dan alat yang sangat sulit untuk didapatkan.

Cara Membuat Kerupuk Strawberry

Bahan Kerupuk Strawberry

  • Stroberi
  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Bawang putih
  • air

Cara membuat Kerupuk Stroberi

  1. Kupas strawberry dan potong menjadi bagian kecil kemudian cuci dengan air bersih
  2. Kemudian blender strawberry hingga halus
  3. Apabila sudah halus saring blenderan strawberry, pisahkan sari air dari ampasnya
  4. Campur sari air strawberry dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya
  5. Masukan tepung tapioka, tepung terigu dan garam kedalam sari air strawberry
  6. Aduk adonan hingga merata dan perhatikan jangan sampai terlalu lembek
  7. Bentuk adonan yang sudah kalis menjadi lonjong bulat atau sesuai selera
  8. Potong tipis – tipis adonan tersebut
  9. Jemur adonan yang telah diiris dibawah sinar matahari selama kurang lebih 1 hari
  10. Setelah dirasa kering, goreng kerupuk strawberry dengan minyak panas
  11. Angkat kerupuk strawberry yang sudah matang lalu tiriskan
  12. Simpan kerupuk strawberry kedalam toples dan kerupuk siap disajikan

baca juga : cara membuat stick bawang putih tanpa telur

Manfaat Buah Strawberry Yang Menyegarkan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Didalam strawbeery terdapat kandungan vitamin C yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Vitamin C akan memberikan manfaat double apabila kita juga memakan makanan yang mengandung zat besi.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Strawberry mengandung antioksidan seperti anthocyanidin yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat, hal ini juga dapat memberikan efek anti inflamasi yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Melawan kanker

Asam ellagic dalam stroberi sangatlah penting dalam menekan pertumbuhan dari sel kanker. Seiring dengan ini, kandungan antioksidan yang membuat kanker menjauh. Vitamin C dapat membantu k untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dengan demikian juga melawan sel-sel kanker.

4. Mengurangi berat badan

Buah strawberry memiliki sedikit kalori dan kaya akan serat. Karena kaya akan serat bisa memberikan rasa kenyang jika kita makan strawberry sebelum makan. Faktor lainnya yaitu Vitamin C yang dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori lebih cepat.

5. Membuat rambut jadi sehat dan berkilau

Kandungan nutrisi dari strawberry efektif untuk mencegah penipisan rambut, ketombe dan infeksi jamur. Banyak orang yang menggunakan strawbeery sebagai paket bahan perawatan rambut dan menerapkan pulp pada kulit kepala untuk mendapatkan hasil rambut yang berkilau dan sehat.

6. Membantu meningkatkan memori

Dalam strawberry terdapat falvanoid atau yang disebut fistein yang berguna untuk meningkatkan memori otak. Menurut sebuah penelitian, makan dua atau lebih buah strawberry dalam seminggu dapat membantu meningkatkan memori otak kita.

yuk baca juga artikel lainnya seperti cara membuat kerupuk sayuran yang menyehatkan ini