Cara Membuat Kerupuk Rambak Tanpa Bleng Yang Menyehatkan

Cara Membuat Kerupuk Rambak Tanpa Bleng – Bahan dan Alat yang digunakan saat membuat kerupuk rambak ini cukuplah mudah untuk kita dapati di dapur rumah kita, untuk hasilnya pun tidak akan kalah enak dengan kerupuk rambak yang dihasilkan dari produksi industri yang besar.

Disini saya akan mencoba memberikan resep dan cara untuk membuat kerupuk rambak tanpa bleng sehingga enak dan sehat untuk dinikmati sebagai camilan saat santai ataupu sebagai pelengkap saat kita makan.

Bahan dan peralatan untuk membuat kerupuk rambak tanpa bleng ini bisa kita sesuaikan dengan yang berada dirumah maupun sekitar kita sehingga kita tidak perlu repot untuk mencarinya. Berikut adalah resep dan langkah – langkah dalam membuat kerupuk rambak tanpa bleng:

Bahan-Bahan Kerupuk Rambak :

  • 1 ons kulit sapi
  • 1 kg tepung tapioka
  • 1/4 tepung terigu
  • 1/4 ons bawang putih
  • ketumbar
  • garam
  • penyedap rasa
  • air

Cara Membuat Kerupuk Rambak

  1. Cuci dan bersihkan rambak yang akan kita masak
  2. Haluskan atau giling bumbu seperti bawang putih, ketumbar, garam, penyedap rasa dan juga rambak sapi
  3. Tuangkan air sekitar 600 ml kedalam suatu wadah, kemudian masukan tepung terigu dan juga tepung tapioka
  4. Masukan bumbu yang sudah kita haluskan tadi kemudian aduk adonan hingga merata
  5. Kemudian kita tuangkan adonan kedalam cetakan dengan ketebalan adonan sekita 1 cm atau sesuai selera
  6. Kukus adonan yang sudah dicetak selama kurang lebih  20 hingga 30 menit
  7. Apabila sudah matang, angkat kemudian tiriskan dan dijemur setengah atau satu hari supaya adonan menjadi lengket
  8. Potong adonan kerupuk menjadi bagian-bagian kecil dengan ukuran bisa sesuai dengan selera lalu bisa dijemur kembali atau dioven supaya kering
  9. Goreng adonan kerupuk rambak yang sudah kering dan apabila dirasa sudah matang angkat dan tiriskan. Kerupuk rambak siap untuk dihidangkan

Yuk kawan baca artikel ini juga : resep stick bawang tanpa telur

Efek Samping Bleng Bagi Kesehatan :

Mengapa borax atau yang biasa kita sebut dengan bleng sangat berbahaya bagi kesehatan? Perlu kalian ketahui bahwa, bleng atau borax memiliki kandungan zat beracun sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia.

Bleng yang telah dikonsumsi manusia, makan substansi zat berbahaya akan terserap oleh usus untuk kemudian menumpuk di dalam hati, ginjal, serta testis. Dan akhirnya kadar toksin yang terdapatl di dalam tubuh akan semakin tinggi sehingga mengakibatkan ganguan fungsi. Berikut adalah 13 efek bahaya bleng atau borak bagi kesehatan;

  1. Bisa menyebabkan gangguan otak
  2. Hati
  3. Ginjal
  4. Bleng atau borak juga dapat menyebabkan demam
  5. Anuria (tidak terbentuknya urin)
  6. Bisa mengakibatkan koma
  7. Mampu merangsang sistem saraf pusat
  8. Bisa menyebabkan depresi
  9. Menyababkan apatis, yaitu kurangnya gairah dalam otaknya seperti kurang emosi dan cenderung “datar”
  10. Dapat menyebabkan sianosis, atau warna kulit menjadi pucat dan kebiruan
  11. Bisa menurunnya tekanan darah
  12. Menyebabkan kerusakan ginjal
  13. Menyebabkan pingsan

Boraks merupakan zat yang berbahaya bagi manusia, karena boraks bisa diserap oleh tubuh dan tersimpan secara kumulatif dalam hati, otak, usus, atau testis yang berdampak dosisnya dalam tubuh semakin lama semakin tinggi. Bila kita mengkonsumsinya secara terus menerus maka bahaya borax bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan kanker.

Boraks memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh, karena dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh kita. Namun, bahan yang berbahaya ini memiliki tingkat efek keracunan yang berbeda. Tetapi yang pasti adalah bahaya daari boraks pada makanan bagi kesehatan sangat mematikan.

cukup mudah kan teman-teman cara membuat kerupuk rambak tanpa bleng dirumah sendiri? mungkin ini bisa dijadikan teman-teman sebagai refrensi dalam berbisnis dan baca juga cara membuat kerupuk rambak yang renyah untuk bisnis.