Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele Gurih

cara-membuat-kerupuk-ikan lele

Cara membuat kerupuk ikan lele – Ikan lele mengandung tinggi gizi dan protein yang membantu kecerdasan otak anak. Banyak mengkonsumsi ikan lele juga dapat membatu meningkatkan kesuburan pria dan wanita ikan lele juga kini sering diolah menjadi kerupuk ikan lele sebagai makanan cemilan saat santai maupun untuk makan .

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat kerupuk ikan lele dan proses yang dilengkapi dengan langkah-langah step by step dengan mudah dan sederhana serta praktis. Hampir semua bagian pada ikan lele ternyata bisa dimanfaatkan mulai dari kulit, tulang, kepala lele, apalagi daging bisa dibuat kerupuk atau kripik yang sangat istimewa karena kaya gizi dan kalsium.

Cara Membuat Kerupuk ikan Lele Gurih dan Menyehatkan

BAHAN :
  • 500 gram Daging ikan lele tanpa tulang
  • 500 gram Tepung tapioka
  • Minyak goreng secukupnya
  • 100 ml Air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 butir Telur bebek
  • Plastik pembungkus
  • Tali karet atau benang
Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele :
  1. Masukkan adonan yang telah disiapkan sebelumnya tunggu hingga matang lalu angkat dan diinginkan.
  2. Bersihkan terlebih dahulu ikan lele dari sirip, patil dan isi perutnya lalu cuci bersih hingga bersih.
  3. Kukus ikan lele hingga matang, kemudian dinginkan
  4. Haluskan daging dengan gilingan daging atau tumbuk
  5. Kemudian tepung tapioka yang telah disiapkan campurkan dengan air sedikit demi sedikit, Kemudian masukkan daging ikan lele halus, gula, garam, dan telur bebek.
  6. Aduk dan uleni campuran bahan tersebut hingga kalis.
  7. Iris tipis adonan dasar yang telah dikukus, kemudian jemur hingga kering dengan menggunakan sinar matahari/mesin pengering.
  8. Kerupuk lele kering siap dikemas dan dikonsumsi. Kerupuk lele juga dapat digoreng kering garing renyah dan dikemas, kemudian dijual dalam bentuk matang.

Manfaat mengonsumsi Kerupuk Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Di balik sebuah rasanya yang begitu lezat, lele mempunyai kandungan gizi yang melimpah. Di dalamnya terkandung berbagai sumber protein seperti, vitamin B, Omega-3, zat besi, fosfor, dan rendah lemak. Berikut ini beberapa 5 manfaat yang menyehatkan bagi anda yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur.

1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Dengan mengonsumsi ikan lele, secara tidak langsung dapat menyembuhkan bekas luka yang terdapat pada tubuh kita atau saat pasca-operasi. Jika Anda baru saja selesai dalam menjalani suatu operasi, mengonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur bisa membantu pemulihan. Namun perlu diingat, makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan.

2. Menjaga kesehatan sistem saraf

Jika Anda memakan ikan lele secara teratur tiap harinya juga bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh. Ikan Lele memang bagus bagi kesehatan sistem syaraf tubuh anda.

3. Berguna untuk kesehatan otak dan jantung

Seberapa pun usianya, manusia sangat wajib menjaga kesehatan otak dan jantung maupun itu yang tua maupun yang muda. Nah, untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Suatu masalah kesehatan pada tekanan darah yang naik turun disebut hipertensi atau darah tinggi. Anda bisa mengoptimalkan dan menurunkannya dengan cara mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur setiap harinya. Ini karena salah satu manfaat mengonsumsi ikan lele ialah dapat menurunkan tekanan darah yang tidak stabil atau sering disebut dengan darah tinggi. Oleh karena itu, tekanan darah Anda akan terjaga dan stabil dengan baik.

5. Membantu kesehatan kardiovaskuler

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita, adalah penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari masalah kardiovaskuler dengan mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur

6.Baik Untuk Pencernaan bagi Ibu Hamil

Pada masa kehamilan,tak jarang ibu hamil mengalami masalah pencernaan karena faktor hormon, tapi jangan khawatir , karena ikan lele sangat mudah untuk dicerna

kandungan Gizi  Lele yang Bernilai Tinggi

Untuk selalu mendapatkan sumber protein yang baik, tentunya ikan menjadi pilihan atau alternatif selain daging. Bagaimana kalau mengonsumsi salah satu jenis ikan yang kaya manfaat untuk menu makan siang si Kecil, misalnya lele? Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki kandungan proteinnya yang melimpah. Selain adanya protein, dalam daging lele mengandung juga asam omega 3, kandungan gizi lele yang lain akan diulas pada uraian singkat berikut ini.

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Kerupuk Ikan Lele

cara-membuat-kerupuk-ikan lele

Ikan lele atau bahasa latinnya catfish merupakan jenis ikan yang banyak diternakkan untuk kepentingan konsumsi di Indonesia. Ikan ini juga sering disebut-sebut memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tiap 100 gram ikan lele mengandung:

  • Energi 145 kalori.
  • protein 15,45 gram.
  • Lemak 9,09 gram.
  • Natrium 65 miligram.
  • Kolesterol 82 miligram.
  • Asam lemak jenuh 2730 gram.

Selain itu, ikan lele juga dianggap sebagai salah satu ikan air tawar dengan kandungan gizi bermacam yang tak kalah dari makanan laut, seperti udang, ikan tuna kalengan, salmon, dan pollock. Ikan lele juga mengandung merkuri yang lebih rendah.

Porsi Konsumsi Lele

Secara umum, ikan adalah salah satu sumber protein yang baik. Meski demikian, selalulah cermat dalam menghidangkan sebuah ikan terutama pada bayi, anak-anak, ibu hamil, serta wanita yang sedang menyusui. Cermatlah memilih ikan yang paling sedikit mengandung merkuri, seperti lele. Merkuri yang berlebihan pada tubuh dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, di antaranya menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak, gemetaran, mati rasa, depresi, bahkan kehilangan ingatan pada orang dewasa.

Namun harus diingat, bahwa ikan lele mengandung kadar asam lemak tidak sehat yang tinggi. Asam lemak tersebut tidak baik untuk kesehatan jantung. Untuk mengambil manfaat yang terdapat pada ikan lele, sekaligus menekan risikonya, sebaiknya batasi konsumsi ikan lele. Selain itu, variasikan asupan dari ikan jenis lain yang kaya akan kandungan manfaat dan gizi, seperti salmon dan tongkol. Konsumsi ikan sangat disarankan sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu, atau setara 340 gram ikan dalam seminggu.

Yang tak kalah pentingnya dalam mengambil manfaat dari ikan lele yaitu memerhatikan cara memasaknya. Masaklah dengan cara yang lebih sehat. . Dibandingkan menggoreng, ikan lele dapat dikukus atau direbus.

Ikan lele termasuk kedalam sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Pilihlah cara pengolahan yang sehat  agar dapat manfaat yang maksimal pula dan menu yang sesuai selera, untuk memaksimalkan manfaat ikan lele.

1.Lemak

Dikutip pembuatan Filet Lele dan Produk Olahannya oleh Murniyati, Th. Dwi Suryaningrum, dan Ijah Muljanah, bahwa lele mengandung lemak sebesar 1,1 gram/100 gram. Jumlah tersebut sangat sangat sedikit dibandingkan lemak pada daging sapi atau daging ayam. Seharusnya, daging lele dikonsumsi dengan cara dikukus untuk mempertahankan kandungan asam omega 3.

2.Protein

Selain dari daging sapi dan daging ayam, tahukah anda? , bahwa lele juga memiliki sumber protein hewani yang baik? Kandungan protein dalam lele sekitar 18,7 gram/100 gram.

3.Kaya Vitamin B

Kandungan gizi lele lainnya adalah vitamin B. Di dalam daging lele, terdapat beberapa kandungan seperti vitamin (Vitamin B1) sebesar 0,1 mg, serta riboflavin (Vitamin B2) sebesar 0,05 mg.

5.posfor

Sekitar dari 260 miligram fosfor terkandung dalam 100 gram ikan lele. Dengan jumlah yang disebutkan tadi, maka Ibu bisa memenuhi 30 persen kebutuhan mineral untuk tubuh setiap harinya.

Kandungan gizi yang teradapat pada lele lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan di antaranya adalah kalsium, zat besi, natrium, dan niasin

 5.Rendah Merkuri

Karena dikembangbiakan pada suatu  wadah yang berisikan air tawar, maka ikan lele dipercaya memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah dibandingkan dengan ikan laut. Bahkan suatu organisasi Environmental Working Group dari Amerika Serikat juga melakukan penelitian dan menyatakannya bahwa ikan lele aman dikonsumsi oleh siapapun.

6. Sumber Protein

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa protein yang terdapat dalam ikan lele baik untuk anak, khususnya saat dalam perkembangan sel otak anak dan menjaga sistem imunitasnya. Jika uraikan, kandungan protein tersebut di antaranya adalah asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin.

7.Tinggi Omega-3

Sama seperti halnya ikan tuna dan salmon yang harganya cukup tinggi, ikan lele juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Selain membantu dalam perkembangan otak, omega-3 juga berperan dalam pertumbuhan fungsi penglihatan dan saraf Si Kecil. Sistem metabolisme dan perkembangan sel dalam tubuh kita akan terjaga.

8. Kaya Vitamin

Ikan lele mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk penyerapan kalsium. Hal ini akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang Si Kecil. Selain itu, mengandung  vitamin B12 yang juga membantu memaksimalkan produksi sel darah merah anak Anda.

Mungkin sekian artikel yang saya sampaikan kali ini, jika anda memiliki produk minuman atau sebagainya yang berbentuk minuman bisa anda kemas kedalam botol buatan anda sendiri menggunakan mesin induksi sealer supaya botol minuman anda rapat dan terjaga keutuhannya dan kehigienisannya. Semoga bermanfaat

Theme by Anders Norén