Cara membuat kerupuk jengkol tanpa tepung – Jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang khas dari indonesia, biasanya orang Indonesia mengolah jengkol untuk dijadikan sebagai lauk makan seperti jengkol balado, semur jengkol, rendang jengkol dan masih banyak lagi.

Selain sebagai bahan lauk untuk makan, ternyata jengkol juga sering dijadikan kerupuk oleh para pengusaha karena selain bahannya yang mudah dicari ternyata jengkol jika diolah menjadi kerupuk jengkol tidak akan mengeluarkan bau yang khas meskipun ciri rasanya tidak banyak berubah.

nah, disini saya akan mencoba untuk berbagi mengenai cara membuat kerupuk jengkol tanpa tepung, mulai dari bahan dan alat  yang harus kita siapkan terlebih dahulu dan bagaimana proses pembuatannya. Baiklah, kita langsung saja masuk kedalam pembahasan kali ini bagaimana cara membuat kerupuk jengkol tanpa tepung.

 

Cara Membuat Kerupuk Jengkol Tanpa Tepung

Bahan :

  • 500 gram jengkol tua
  • air bersih
  • garam secukupnya
  • minyak goreng

Peralatan :

  • Tampah
  • Penumbuk Jengkol
  • Sendok Tipis

Langkah Cara Membuat Kerupuk Jengkol Tanpa Tepung

  1. Pertama kita keluarkan biji jengkol dari kulit luarnya
  2. Belah jengkol menjadi dua bagian lalu bersihkan dengan air bersih
  3. Rendam jengkol dalam air selama kurang lebih 20 menit, lakukan 3 kali perendaman dan ganti airnya setiap 20 menit sekali
  4. Masukan jengkol kedalam air mendidih sambil tambahkan garam
  5. Rebus jengkol hingga empuk
  6. Keringkan jengkol dari air yang terkandung, hingga benar-benar kering
  7. Setelah kering kemudian pukul secara perlahan setiap keping biji jengkol, dengan meletakan bagian yang lunak dibawah
  8. Pukul kepingan jengkol hingga menjadi tipis
  9. Setelah itu tambahkan kepingan jengkol disamping jengkol yang pertama kemudian sambungkan dan tumbuk
  10. Angkat jengkol yang sudah tipis menggunakan sendok kemudain letakan didalam tampah
  11. Selanjutnya kita jemur dibawah sinar matahari langsung hingga kering
  12. Goreng kerupuk yang sudah kering menggunakan minyak panas
  13. Jika dirasa sudah matang, angkat kemudian tiriskan, jangan lupa simpan kerupuk jengkol didalam wadah yang kedap udara

Yuk, Baca juga artikel ini cara membuat kerupuk dari terigu

 

Cara Memilih Jengkol Yang Baik

1. Bentuk

Pilihlah biji jengkol yang  memiliki bentuk bulat tetapi sedikit agak pipih sempurna bukan yang berbiji gepeng seutuhnya. Jengkol yang memiliki ukuran kecil dan bulat lebih baik dibanding ukuran besar tapi gepeng karena pemakaian jengkol tersebut pada masakan lebih enak dan legit.

2. Kulit

Selain berbentuk bulat dan agak pipih carilah jengkol yang memiliki kulit mulus dan tidak ada bagian yang rusak sama sekali pada kulitnya, karena ini sangat mempengaruhi tekstur dan cita rasa dari jengkol.

3. Jengkol tua

Cita rasa masakan yang berbahan dasar jengkol akan bertambah enak apabila kita memakai jengkol yang sudah benar-benar tua. Meskipun bijinya keras saat sudah matang, tetapi akan berubah menjadi lunak dan empuk setelah direbus dan direndam. Warna biji jengkol akan cenderung berubah merah  kecokelat setelah benar-benar matang.

4. Jengkol muda

Bila kita ingin menyajikan jengkol sebagai lalapan saat kita makan, sebaiknya pilihlah jengkol yang masih muda, karena meskipun teksturnya jauh lebih keras dibanding jengkol yang sudah tua dan memiliki rasa pahit, akan tetapi jengkol yang masih muda cocok untuk konsumsi mentah dan tentunya sangat lezat dimakan bersama dengan sambal lalapan.

bagaimana kawan mudah kan cara membuat kerupuk jengkol tepung ini? jangan lupa baca artikel lainnya seperti cara membuat kerupuk jengkol dan share ya kawan-kawan. terima kasih