Cara membuat kerupuk ikan bandeng. Ikan Bandeng sudah menjadi salah satu jenis ikan yang populer dan banyak digemari di kalangan masyarakat. Karena selain rasanya yang khas, ikan bandeng ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Salah satu inovasi baru yang semakin dikembangkan saat ini adalah pengolahan ikan bandeng menjadi kerupuk. Kerupuk Ikan Bandeng ini juga memiliki rasa dan aromanya yang enak dan gurih.

Dengan kesehatan yang terjamin tentu banyak orang yang memburu jenis makanan olahan yang satu ini. Karena disamping dapat dijadikan pelengkap ketika makan, kerupuk ikan bandeng pun dapat dijadikan sebagai camilan.

Cara membuat kerupuk ikan bandeng ini relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Hal ini menjadikan bisnis kerupuk ikan sangat cocok untuk dirintis oleh pengusaha kecil maupun besar di Indonesia.

Mengingat olahan hasil laut berupa kerupuk ikan laut sangat cocok diterapkan pada cuaca panas dan dapat dimulai sebagai bisnis rumahan modal kecil. Ide bisnis rumahan ini bisa dilakoni oleh anggota keluarga Anda yang masih belum memiliki pekerjaan. Hasil penjualan dapat digunakan untuk menambah penghasilan.

Memulai bisnis olahan hasil laut berupa kerupuk ikan laut dapat diawali dari teknik membuat adonan kerupuk, mengetahui alat – alat yang diperlukan, dan bahan-bahan yang digunakan.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Bandeng

  • 6 Ekor Ikan Bandeng yang sudah difillet dagingnya
  • 10 Sdm Tepung Tapioka
  • 3 Sdm Tepung Terigu
  • 1 1/2 Sdm Garam
  • 2 Sdt Kaldu Bubuk
  • 1 Sdt Merica Bubuk
  • 6 Siung Bawang Putih
  • 50 ml Air
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Bandeng

  1. Pertama kali, untuk cara membuat kerupuk ikan bandeng, Cuci bersih ikan bandeng lalu kukus 1 jam.
  2. Blender ikan bandeng yang sudah dikukus, tambahkan air dan bawang putih, lakukan sampai hancur semua
  3. Tuang adonan yang sudah halus kedalam wadah berisi tepung tapioka, tepung terigu, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, aduk hingga rata.
  4. Panaskan kukusan dengan api sedang, masukkan adonan kedalam plastik ukuran 1/4 kg, ikat dengan karet gelang dan masukkan kedalam panci kukusan, tunggu ±30 menit, angkat dan tiriskan.
  5. Jika sudah hangat (jangan sampai dingin karena adonan akan mengeras), iris tipis-tipis, gilas dengan botol kaca, lakukan sampai adonan habis, lalu jemur diterik matahari sampai kering.
  6. Goreng keripik dengan minyak panas, hidangkan sebagai teman makan.

Ini Dia 4 Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Renyah Dan Gurih

Tips Membersihkan Duri Dari Ikan Bandeng

Bersihkan sisiknya terlebih dahulu

Membersihkan sisik bandeng harus dilakukan pertama kali. Karena kalau dilakukan nanti setelah duri tercabut, sisik akan jauh lebih sulit untuk dibersihkan. Daging ikan bandeng pun jadi rawan rusak.

Untuk membersihkan sisik, gunakan pisau yang cukup tajam. Kemudian, gosok searah dari ekor ke kepala. Lakukan berulang-ulang sampai kedua sisi badan ikan bersih dari sisik.

Belah melebar ikan bandeng dari pangkal ekor, punggung, hingga kepala

Setelah bersih dari sisik, ikan bandeng dibelah secara melebar dan tidak putus, seperti kupu-kupu. Membelahnya tidak boleh asal, lho. Harus dimulai dari pangkal ekor dan dilanjutkan dengan menyayat bagian punggung hingga kepala.

Saat menyayat bagian punggung ikan bandeng, anda perlu berhati-hati. Jangan menusuk dan menyayatnya terlalu dalam, karena nanti tulang punggung ikan bandeng bisa terpotong. Sayat tipis saja dengan ujung mata pisau, yang penting ikan bandeng terbelah secara melebar.

Buang isi perut bandeng dan cuci hingga bersih

Menghilangkan duri pada ikan bandeng akan sulit dilakukan bila ikan tidak dalam keadaan bersih. Maka dari itu, setelah berhasil terbelah, buang isi perut ikan bandeng berserta kotoran dan insangnya. Kemudian, cuci ikan bandeng dengan air mengalir kecil untuk membersihkan sisa-sisa darah atau lendir yang masih melekat.

Patahkan tulang belakang pada bagian ekor dan tarik ke arah kepala

Proses menghilangkan duri pada ikan bandeng dimulai dari tulang belakangnya. Pada tulang punggung ini, sudah ada menempel sekitar 42 duri ikan bandeng. Patahkan ujung tulang belakang yang terletak pada bagian ekor. Kemudian, tarik tulang belakang tersebut ke arah kepala ikan.

Saat menarik tulang punggung, tekan daging ikan dengan tangan anda supaya tidak ikut terangkat. Pastikan daging ikan bandeng tidak ikut terangkat dan menjadi hancur, ya.

Cabut sisa-sisa duri dengan menggunakan pinset

Duri-duri besar ikan bandeng sudah terangkat dan terbuang bersama tulang belakang. Sisanya, tinggal duri-duri halus saja. Namun, jumlah duri halus ini masih cukup banyak, sekitar 40 pasang, saling terpisah dan menempel pada daging ikan. Jadi, untuk menghilangkan duri-duri halus tersebut, anda harus menggunakan alat bantu seperti pinset.

Resep Kerupuk Rambak Yang Renyah Beserta Manfaatnya!

Ke-40 pasang duri ini terletak di bagian perut sebanyak 16 pasang, di dekat kepala 12 pasang, dan di dekat ekor 12 pasang. Cabuti duri satu per satu menggunakan pinset. Pastikan anda menekan perlahan daging ikan saat mencabut duri supaya tidak ada yang ikut terangkat. Setelah duri di 3 bagian tersebut dicabut , tetap raba kembali daging ikan bandeng untuk memastikan tidak ada duri yang tertinggal.