Cara Membuat Kerupuk Dari Terigu – Apakah kalian suka kerupuk gandum alias tepung terigu? jika benar sepertinya kalian perlu membelinya lagi. Karena, Kalian bisa mempelajari cara membuat kerupuk dari terigu disini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat mudah didapat. Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah meskipun prosesnya memang cukup panjang. Soalnya untuk membuat adonan kerupuk tepung terigu harus dikukus supaya matang baru setelah itu  dijemur hingga kering dan kemudian baru bisa digoreng.

Cara Mambuat kerupuk Dari Terigu

Bahan untuk Membuat Kerupuk Tepung Terigu Renyah:

  • 0,5 kilogram tepung terigu.
  • 275 mililiter air putih.
  • Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih.
  • Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
  • 0,5 sendok teh penyedap rasa.

Cara Membuat Kerupuk Tepung Terigu Renyah:

  1. Pertama kita larutkan 50 gram tepung terigu dengan air putih lalu rebus sampai menjadi bubur dan meletup-letup.
  2. Angkat adonan yang sudah dikukus lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan sisa tepung terigu sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diuleni hingga kalis.
  4. Ambil adonan yang sudah kalis lalu letakkan pada selembar daun pisang hingga bentuknya seperti lontong.
  5. kukus adonan sampai matang atau kurang lebih 30 menit,apabila adonan sudah matang angkat dan biarkan adonan sampai suhunya dingin lalu kita iris tipis.
  6. Susun adonan yang sudah di iris tipis diatas nampan,lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  7. Masukkan irisan adonan yang sudah kering ke dalam minyak goreng panas  sambil dibolak-balik sampai matang,
  8. Apabila dirasa sudah matang angkat dan tiriskan.
  9. Masukan kerupuk yang sudah matang ke dalam wadah yang kedap udara, supaya tetap renyah dan kerupuk tepung terigu sudah siap dinikmati.

Tips Membuat Kerupuk Terigu:

  • Pastikan saat dalam proses penjemuran dilakukan sampai irisan adonan kerupuk tepung terigu benar-benar kering.
  • Tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan ketumbar dalam bumbu adonannya bila kalian suka.

baca juga : cara membuat kerupuk strawberry yang menyehatkan

Manfaat Tepung Terigu

1. Mengkilaukan Kerajinan Logam

Kerajinan-kerajian yang terbuat dari logam tembaga atau perak biasanya akan terlihat kusam atau kehilangan kilaunya jika disimpan sudah terlalu lama. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa pakai tepung terigu. Caranya campurkan sejumlah tepung terigu dan cuka putih serta garam secukupnya hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada barang yang terbuat dari tembagalalu biarkan hingga kering dan bersihkan tepung dengan kain yang lembut.

2. Shampo Kering Saat Lupa Keramas

Ketika kalian sedang terburu-buru dan rambut kalian berminyak, tepung terigu dapat mengatasi masalahmu. Caranya taburkan sedikit tepung di akar rambutmu lalu sisir hingga tepung menghilang secara merata. Tepung dapat mengurangi kadar minyak berlebih dalam rambutmu sehingga rambut kalian tak akan terlihat lepek dan berminyak.

3. Mencerahkan Kulit

Kalian Ingin kulit yang tampak lebih cerah? Gampang, caranya campurkan 2 sendok makan tepung dengan 1 sendok makan yogurt serta tambahkan sedikit bubuk kunyit. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering kurang lebih selama 25 menit, setelah itu cuci wajah dengan air hangat.

4. Mengatasi Jerawat Di Wajah

Jerawat yang tak terduga memang menyebalkan apalagi jika beberapa hari ke depan kita memiliki jadwal agenda penting dan kita pasti tidak mau wajah terdapat jerawat. Untuk menyingkirkannya,kita cukup campurkan sejumlah tepung, madu, daun teh hijau yang telah diseduh dan beberapa tetes air lemon. Tempelkan pada jerawat kalian lalu tutupi dengan plester jerawat selama satu malam.

Bagaimana teman-teman mudah kan cara membuat kerupuk dari terigu? Yuk Baca artikel lainnya juga teman-teman seperti cara membuat kerupuk kanji. Terima Kasih teman-teman