Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu – Umbi adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk (pembengkakan) sebagai akibat perubahan fungsinya. Perubahan ini berakibat pula pada perubahan anatominya. Organ yang membentuk umbi terutama batang, akar, atau modifikasinya. Hanya sedikit kelompok tumbuhan yang membentuk umbi dengan melibatkan daunnya.

Umbi biasanya terbentuk tepat di bawah permukaan tanah, meskipun dapat pula terbentuk jauh di dalam maupun di atas permukaan. Beberapa tanaman umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai makanan pokok.Umbi-umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk patinya yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi.

Umbi-umbian yang umumnya banyak dibudidayakan salah satunya adalah ubi jalar. Terdapat tiga jenis ubi jalar yang populer dibudidayakan di Indonesia yaitu ubi jalar berwarna putih kecoklatan, merah dan ungu. Ketiga jenis ubi jalar tersebut memiliki varietas unggul dengan produktivitas tinggi.

Beberapa varietas ubi jalar yang populer antara lain cilembu, ibaraki, lampeneng, georgia, borobudur, prambanan, mendut, dan kalasan. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi. Ubi jalar merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sehat dan sangat baik.

Karena ubi jalar memiliki kandungan gizi karbohidrat kompleks yang tinggi, sehingga membuat energi tidak sekaligus terlepas. Ubi jalar juga mengandung vitamin C tinggi berguna untuk merawat elastisitas kulit, serta vitamin A dan beta carotene dari warna ungu, oranye dan merah ubi untuk melindungi paru dan mencegah kanker paru dan kanker mulut.

Ubi jalar merupakan makanan yang memiliki rasa manis yang bebas lemak, sehingga cocok bagi penderita diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah sertangan jantung dan kalium yang berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mengurangi stres. Serat tinggi dan kandungan zat besi, folat, tembaga, dan mangan pun ada pada ubi jalar.

Nah, Selanjutnya kita akan membahas beberapa resep mengolah ubi menjadi cemilan yang renyah dan gurih. Ubi jalar ini tergolong pada berbagai macam warna semisal putih kekuningan maupun ubi jalar yang warnanya ungu. Dalam melakukan proses pembuatan keripik ubi jalar kali ini, kita akan memakai bahan ubi jalar yang berwarna ungu. Berikut cara membuatnya.

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar Ungu

Bahan-bahan :

  • Ubi jalar ungu 1 kg, (yang masih segar)
  • Gula pasir 200 gram.
  • Air kapur sirih sebanyak 2 sdm.
  • Air bersih seperlunya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat :

  1. Kupas kulit ubi, kemudian cuci dengan menggunakan air hingga berih.
  2. Ubi ungu diiris tipis dengan menggunakan pisau yang cukup tajam maupun menggunakan alat pemotong agar hasilnya sama.
  3. Campurkan air kapur sirih bersama air yang bersih.
  4. Rendam ubi yang telah diiris pada air kapur sirih sekitar 1 sampai 2 jam, angkat dan tiriskan
  5. Jemur di bawah matahari hingga betul-betul kering.
  6. Larutkan gula bersama air seperlunya kemudian masukan ubi yang telah dijemur pada larutan gula.
  7. Panaskan minyak kemudian goreng ubi sedikit-sedikit hingga matang serta kering, ngkat, tiriskan dan biarkan hingga dingin.
  8. Masukan keripik ubi pada toples serta siap buat di sajikan.

Seperti itulah cara membuat keripik ubi jalar ungu. bagaimana? mudah bukan? Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda.

Selamat Mencoba.