Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih

Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih – Cilacap selain kaya akan hasil lautnya, kota ini  juga mempunyai produk unggulan dibidang pertanian yaitu sukun. Buah sukun terkenal sampai ke luar negeri sampai-sampai Ratu Inggris pernah menyebutnya sebagai buah roti. Buah sukun pada dasarnya sudah enak dan gurih, rasa buah ini seperti roti tawar, tetapi lebih enak lagi bila diolah.

Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih

Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih – Berdasarkan data yang dihimpun, produksi buah sukun bisa mencapai 50-150 buah per pohonnya. Berat buah sukun rata-rata 2 hingga 4 kg dengan harga eceran berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per buah tergantung besarnya ukuran. Musim panen sukun biasanya dua kali setahun antara bulan Januari – februari dan Juli – September. Ini menjadi peluang tersendiri bagi para petani untuk membudidayakan buah ini secara intensif. Saat ini sukun di Cilacap umumnya merupakan tanaman sampingan atau digunakan buat penghalang angin belum banyak dibudidayakan secara intensif.

Pada kesempatan kali ini databisnisekonomi akan membagikan resep dan cara membuat keripik sukun tanpa kapur sirih beserta rahasia pembuatannya. Langsung saja dibawah ini adalah bahan bahan yang harus disiapkan untuk membuat keripik sukun tanpa kapur sirih

Bahan Dan Cara Membuat Keripik Sukun

Bahan

  • Buah Sukun sebanyak 2 buah.
  • Minyak Goreng 2 liter.
  • Kunir secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Bawang Putih 3 siung.
  • Air Bersih secukupnya..

Cara Pembuatan:

  1. kupas kulit sukun hingga bersih.
  2. Iris tipis sukun membentuk stick.
  3. Haluskan Bumbu : Kunir, garam, bawang putih. tambahkan air sebanyak 1 Lt atau sesuai kebutuhan.
  4. Rendam irisan sukun tadi kedalam bumbu sampai meresap.
  5. Goreng sukun tadi kedalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Minyak harus benar-benar panas supaya hasilnya bisa garing dan renyah, dan dalam penggorengan diusahakan stick sukun terendam dalam minyak, jadi penggunaan minyak juga harus banyak.
  6. Angkat dan tiriskan hingga keripik sukun benar-benar dingin.
  7. taburkan bumbu tabur variant rasa seperti rasa balado dengan stick sukun yang sudah di dinginkan, lalu kocok hingga rata.
  8. stick sukun dengan taburan bumbu siap di sajikan dan kita nikmati.

Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih – Itu dia Cara Membuat Keripik Sukun Tanpa Kapur Sirih yang sangat mudah sekali untuk dicoba. Semoga anda tidak mengalami kesulitan baik dalam hal mencari bahan maupun dalam membuatnya, Selamat Mencoba…