Saya yakin tidak banyak orang yang memikirkan cara membuat keripik pepaya sebagai alternatif mengolah buah yang kaya akan serat ini.

Buah Pepaya

Pepaya, atau betik, adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko atau bagian utara dari Amerika Selatan. Hingga saat ini buah Pepaya tersebar luas dan banyak ditanam di berbagai daerah tropis.

Nama Pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, papajayang juga diambil dari bahasa Arawak, yakni papaya. Pada bahasa Jawa, Pepaya disebut “kates” dan di bahasa Sunda disebut “gedang”.

Buah berwarna hijau dengan bentuk lonjong ini memiliki daging berwarna kuning-jingga. Teksturnya lembut dan mudah dicerna.

Manfaat Buah Pepaya

Kita semua tahu bahwa manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk memperlancar pencernaan dan BAB. Buah Pepaya ini manjur banget untuk urusan ‘ke belakang’ hehehe.

Buah pepaya juga berfungsi memperkuat sistem imun tubuh berkat kandungan vitamin A dan vitamin C didalamnya. Pepaya juga berguna untuk kesehatan mata lho.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, buah pepaya juga berguna terhadap kesehatan kulit. Berkat kandungan vitamin yang kaya, buah pepaya dapat membantu mencerahkan dan menyegarkan permukaan kulit yang kusam.

Nah, selain itu, buah pepaya juga bisa membantu membesarkan alat vital pria lho. Wow banget gak sih. Berkat kandungan enzim arginine yang disimpan dalam buah pepaya, aliran darah pada Mr. P dapat terdongkrak  dan merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah.

Alhasil, Mr. P akan membesar dalam waktu yang signifikan berkat banyaknya enzim arginine yang masuk kedalam tubuh.

Memilih Bahan Baku Daging Buah Pepaya dalam Cara Membuat Keripik Pepaya

Untuk bahan cara membuat keripik Pepaya, kita cukup membutuhkan daging buah pepaya yang segar serta minyak goreng. Minyak goreng sawit lebih dianjurkan karena akan menambah cita rasa pada keripik yang dihasilkan.

cara membuat keripik pepaya

Untuk jenis buah pepaya yang akan digunakan dalam cara membuat keripik pepaya ini bebas saja menggunakan pepaya varian apapun.

Tetapi dianjurkan untuk menggunakan daging pepaya yang berwarna kemerahan, seperti Pepaya Bangkok atau Pepaya California karena tampilannya yang bagus dan segar.

Saya akan menyarankan agar tidak menggunakan buah pepaya yang terlalu matang atau yang dagingnya sudah bonyok. Penggunaan daging buah pepaya yang terlalu matang akan menghasilkan keripik yang mengkerut dan keriput.

Estetika juga tetap harus diperhitungkan dalam memasak lho hehehehe.

Intinya, pemilihan bahan baku daging buah pepaya yang bagus adalah kunci dalam menghasilkan keripik pepaya yang berkualitas dan kriuk-nya pas.

Cara Membuat Keripik Pepaya

Nah, kalau sudah paham, yuk kita ikuti langkah-langkah cara pembuatan keripik pepaya berikut ini:

  1. Kupas buah pepaya dan buang bijinya hingga bersih. Dianjurkan juga untuk menghilangkan serabut lembut daging buah pepaya di sisi dalam buahnya.
  2. Jika buah sudah selesai dikupas dan dibersihkan, cuci buah pepaya hingga bersih.
  3. Setelah dibersihkan, iris buah pepaya sesuai selera kamu. Bisa memanjang, setengah lingkaran, atau satu lingkaran menyerupai donat.
  4. Usahakan ketebalan pengirisan sekitar kurang lebih 5 mm.
  5. Masukkan irisan buah pepaya yang akan dijadikan keripik ke dalam freezer selama kurang lebih 24 jam.
  6. Isi mesin vacuum fryer dengan minyak goreng dan panaskan pada suhu sekitar 85 derajat celcius.
  7. Masukkan irisan buah pepaya yang dingin kedalam mesin penggoreng vacuum fryer dan goreng hingga matang.
  8. Jika sudah matang, angkat keripik pepaya dan tiriskan minyaknya menggunakan mesin spinner.
  9. Apabila minyak sudah ditirikan dari keripik pepaya, maka keripik pepaya kamu sudah siap disajikan atau disimpan di wadah kedap udara supaya tahan lama.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba membuat keripik dengan buah lain, kamu bisa cek cara membuat keripik dari buah salak, buah nangka, atau buah naga. Selamat mencoba!