Awalnya saya sendiri penasaran, bagaimana sih cara membuat keripik buah salak? Kok bisa buah yang lembut dan manis itu diubah jadi keripik yang kriuk-kriuk? Yuk kita cari tahu!

Citra Si Buah Salak

Kita memang tidak bisa menilai orang buah hanya dari luarnya saja. Contoh buah salak.

Di negara barat sana, buah Salak disebut snake fruit atau buah ular. Julukan ini didapatkannya karena kulit buah salak yang bersisik seperti kulit ular.

Dengan warna cokelat gelap dan tekstur kulit yang kasar, tentunya tampilan luar buah Salak mudah membuat kita yang belum pernah menjumpai buah semacam ini menjadi ragu.

Namun jangan salah sangka, dibalik kulitnya yang seperti sisik ular, buah Salak tidak berbisa kok hehehe. Daging buah ini berwarna putih susu agak keemasan dengan rasa yang manis dan crunchy saat digigit.

Modern ini, tampilan buah Salak dianggap cukup eksotis sehingga menjadikannya satu dari sekian pilihan buah yang berfungsi sebagai hiasan meja.

Manfaat Buah Salak dalam Cara Membuat Keripik Buah Salak

Buah Salak selain dimakan segar, juga dapat dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai kudapan seperti yang akan kita cari tahu di artikel cara membuat keripik buah salak ini.

Secara kesehatan, buah Salak sangat baik untuk menjaga stamina tubuh berkat kandungan vitamin A yang terdapat pada buahnya. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata juga.

Jadi, buat kamu yang kurang suka mengonsumsi wortel, buah Salak bisa menjadi alternatif kamu untuk menjaga kualitas penglihatanmu.

Tidak hanya membuat sehat, Salak juga bermanfaat buat kecantikan lho. Berkat kandungan vitamin yang ada di dalamnya,  buah Salak juga berguna untuk mencegah penuaan dini pada kulit dengan cara melancarkan proses regenerasi kulit dengan baik.

Buah Salak juga dipercaya dapat menghilangkan rasa mual pada ibu hamil lho. Terutama untuk para ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Ibu yang menyusui juga dapat memberikan manfaat kepada bayinya dengan cara mengonsumsi buah salak pada masa memberi ASI.

Selain itu, buah Salak juga punya khasiat yang sama seperti buah jambu biji, yakni mencegah maupun menyembuhkan diare. Buah Salak sangat berguna untuk memperlancar pencernaan.

Wow, banyak banget kan manfaat dan khasiat si buah sisik ular ini. Gimana ya kalau Salak dijadiin keripik? Masih penasaran? Yuk kita cari tahu dengan cara membuat keripik buah salak di bawah ini.

Bahan yang Dibutuhkan dan Cara Membuat Keripik Buah Salak

Ini dia bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • Buah Salah 1 kg (pastikan sudah matang)
  • Gula Pasir 100 gr
  • Air Kapur Sirih 1 sdm
  • Air 2 liter
  • Garam Halus 2 sdm
  • Minyak Goreng secukupnya

Untuk cara membuat keripik buah salak ini, kamu memerlukan alat khusus yang disebut vacuum fryer. Apa sih gunanya? Coba kita tilik ya di cara pembuatannya.

Ikuti langkah-langkah cara membuat keripik buah salak ini ya:

  1. Kupas kulit salak, kemudian pisahkan daging dari bijinya, kemudian belah per buah menjadi 2 bagian.
  2. Rendam buah salak yang sudah dibelah kedalam air yang dicampur air kapur sirih.
  3. Biarkan salah terendam selama kurang lebih 5-6 jam.
  4. Setelah direndam, cuci salak dengan air mengalir sampai benar-benar bersih, lalu keringkan.
  5. Apabila sudah kering, goreng salak dalam mesin penggoreng hampa atau disebut juga vacuum fryer yang sudah diisi minyak.
  6. Tunggu sampai keripik salak matang dan kadar airnya sudah dihisap semua oleh mesin vacuum fryer.
  7. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Simpan keripik buah salak yang sudah matang ke dalam wadah kedap udara agar kerenyahan dan rasa gurihnya tahan lama.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba membuat keripik dengan buah lain, kamu bisa cek cara membuat keripik dari buah nangka, atau buah naga. Selamat mencoba!