Sebelum kamu salah kaprah, saya akan luruskan dulu bahwa artikel cara membuat keripik buah naga ini tidak ada sangkut-pautnya dengan binatang mitos, kadal bersayap, atau semacamnya ya.

Buah naga adalah….. buah. Yang bentuknya mungkin mirip….. yah mungkin mirip bagian tertentu dari naga. Hehehe.

Nah, kalau kamu sudah paham, ayo kita bahas cara kreatif satu ini dalam rangka menghasilkan kudapan yang sehat dan penuh khasiat!

Asal-usul Buah Naga

cara membuat keripik buah naga

Buah naga adalah satu dari sekian buah dengan tampilan paling eksotis menurut saya. Tapi tidak seperti buah eksotis lainnya, saya belum lama mengenal buah satu ini. Kemana saja si Naga selama ini?

Buah naga yang merupakan buah hasil beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus ini ternyata dulu dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias pada tahun 1870.

Bahkan tanaman hias pun ujung-ujungnya jadi makanan. Dasar manusia ckckck.

Nah, oleh saudara-saudara kita dari Cina dan Vietnam, Buah dengan tampilan yang ngejreng ini dianggap membawa berkah. Oleh karena itu, penyajian buah ini dibuat begitu spesial. Buah Naga ini selalu diletakkan di antara 2 ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar.

Tampilan Buah Naga yang berwarna merah menyala ini tentunya terlihat sangat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Itulah mengapa–khususnya di kalangan orang Vietnam yang terpengaruh oleh budaya Cina–buah ini mendapat julukan thang loy atau buah naga.

Istilah thang loy ini kemudian dikenal di Eropa sebagai dragon fruit, yang artinya juga buah naga. Namun istilah bahasa inggris bagi buah ini adalah pittaya.

Ada anggapan juga bahwa karena kulit buahnya yang memiliki jumbai-jumbai yang disamakan dengan sisik kulit naga menyebabkan buah ini disebut buah naga.

Kehadiran Buah Naga di Indonesia

Buah Naga sendiri merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian Indonesia. Buah Naga ini juga sempat disebut-sebut sebagai buah kaktus madu.

Lantaran bentuknya yang eksotik, aroma yang harum, dan rasanya yang manis membuat buah kaktus madu ini makin mendapat tempat tersendiri di hati pencinta buah-buahan di Indonesia.

Buah Naga mulai dikenal secara luas di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Peredaran buah naga di Indonesia diawali dengan mengimpor buah ini dari Thailand.

Entah kreativitas macam apa yang menghasilkan cara membuat keripik buah naga sebagai alternatif olahan buah ini.

Melihat minat yang tinggi dari para konsumen, para pekebun buah mulai membudidayakan buah naga di Indonesia.

Hingga saat ini, buah naga dikembangkan di daerah-daerah tertentu seperti Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Ponorogo, Kulon Progo, Batam, Bandung, dan banyak lagi.

Cara Membuat Keripik Buah Naga

Dilihat dari segi teknis, cara membuat keripik buah naga ini bisa dibilang cukup mudah. Namun untuk bisa menghasilkan keripik buah naga yang mantap dan nikmat, kamu memerlukan beberapa alat khusus.

Alat seperti vacuum fryer dan alat peniris minyak sangat dianjurkan dalam cara membuat keripik buah naga ini.

Kalau alatnya sudah tersedia, yuk ikuti langkah-langkah pembuatan ini:

  1. Siapkan buah naga yang segar dan pastinya sudah matang.
  2. Dengan menggunakan pisau, kupas kulit buah naga hingga bersih.
  3. Jika buah naga sudah terkupas, potong buah naga tipis-tipis mengikuti bentuk lingkaran buahnya.
  4. Masukkan irisan-irisan buah naga ke dalam vacuum fryer dan tunggu hingga matang dan mengeras.
  5. Jika sudah matang, angkat buah naga dan pindahkan ke alat peniris minyak agar sisa minyaknya terpisah.
  6. Sesudah minyaknya ditiriskan, keripik buah naga kamu siap dikonsumsi, atau dikemas untuk kemudian dijual 🙂

Mudah bukan? Jika kamu tertarik untuk mencoba resep lain, kamu bisa mencoba cara membuat keripik buah salak atau mungkin keripik buah nangka.

Manfaat dan Khasiat Buah Naga

Buah naga merah dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit kanker karena kandungan vitamin kompleksnya yang juga menjadi anjuran dokter.

Selain itu, berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah naga dapat membantu mempercantik penampilan. Bahkan buah dan kulitnya dapat digunakan sebagai bahan lulur.

Ditambah lagi, karena rasa manis buah naga bukan berasal dari glukosa, buah naga juga berguna untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

Buah naga juga bisa berkhasiat menjaga kesehatan dan stamina berkat kandungan antioksidannya, mencegah penyakit osteoporosis berkat kandungan kalsium organiknya.

Selain itu, buah naga juga bisa menurunkan kadar kolesterol, menyembuhkan penyakit batuk dan asma berkat kandungan vitamin B3-nya, serta menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Tidak hanya itu, buah naga juga bisa membantu merawat kesehatan mata berkat kandungan betakarotin-nya, serta menjaga kesehatan jantung berkat kandungan vitaminnya yang sangat kaya.

Jadi, apa lagi yang kamu ragukan? Yuk mulai mengonsumsi buah naga, apalagi sekarang ada alternatif pengolahannya menjadi cemilan kriuk untuk menemani kegiatanmu!