Cara Membuat Keripik Bayam Agar Tidak Berminyak – Cara membuat keripik bayam krispi yang renyah itu tidak gampang. Memang terlihat simpel yaitu celup saja akan tetapi tidak semua orang bisa membuat keripik bayam yang layak dimakan dan dijual di pasaran.
Kegagalan yang sering dialami adalah peyek bayam yang terlalu berminyak ataupun terlalu lebek. Adanya minyak berlebih ini membuat kripik tidak tahan lama dan berbau apek dan tidak baik bagi kesehatan.
Cara Membuat Keripik Bayam Agar Tidak Berminyak
Sekarang rempeyek bayam sering menjadi pilihan camilan saat kita makan. Daun bayam yang kaya akan gizi tentu lebih baik dibandingkan dengan kerupuk biasa yang terbuat dari tepung saja. Anak-anak pun suka dengan camilan satu ini, hitung-hitung agar mereka berlatih lebih menyukai sayuran untuk dikonsumsi.
Cara Membuat Keripik Bayam Renyah
Langkah pertama dalam resep keripik bayam adalah memilih daun bayam yang merupakan bahan utama. Cari daun bayam yang lebar untuk pembuatan kerpiki bayam, terlihat segar dan berwarna hijau. Untuk menghindari sayuran berpestisida maka belilah bayam yang daunnya ada bolong-bolong dimakan ulat. Lebih mudah menghilangkan kotoran ulat dibandingkan bekas pestisida.
Bahan:
  • Bayam 1 ikat
  • Tepung beras 500 gram
  • Air secukupnya

Bumbu Keripik Bayam:

Sering kali peyek bayam yang dijual di warung-warung terasa hambar hanya ada rasa minyak saja, hal ini dikarenakan bumbu yang kurang lengkap. Berikut adalah contoh bumbu dasar yang dapat membuat keripik bayam aneka rasa.
  • Kunyit bubuk 1 sdt
  • Ketumbar 2 sdt
  • Kemiri 2 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara Membuat Peyek Bayam

Pertama-tama ambil daun bayam dari tangkainya, buang yang sudah layu dan cuci semua daun yang berkualitas baik. Setelah bersih tiriskan sampai kering, kalau ingin lebih cepat bisa dilap satu persatu.

Haluskan semua bumbu, sebaiknya diuleg saja jangan diblender. Masukkan tepung beras dalam wadah kecil lalu tambahkan bumbu yang sudah halus. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga tepung rata.

Hentikan proses mengaduk jika sudah mendapatkan adonan tepung yang agak kental tapi sedikit encer. Untuk mendapatkan adonan yang pas, silahkan coba celupkan satu daun. Kalau terlihat mengumpal maka kurang encer sedangkan kalau tidak menempel berarti terlalu encer.

Setelah adonan sudah selesai celupkan daun bayam lalu angkat sambil sedikit dikibas. Masukkan daun yang dilumuri tepung ke minyak panas di atas wajan. Tata yang rapi di wajan agar tidak ada daun yang saling menempel. Angkat dan tiriskan daun bayam setelah tepung terlihat kuning, bayam yang tipis tidak butuh waktu lama.

Taruh daun yang sudah selesai digoreng diwadah yang sudah di lapisi tisu untuk menyerap minyak dari keripik bayam tersebut. Buat anda yang ingin keripik bayam pedas, tinggal menaburkan bubuk cabai saja. Cara membuat keripik bayam agar tidak berminyak telah selesai, sudah bisa dinikmati bersama keluarga. Masukkan keripik bayam anda ke dalam toples atau wadah tertutup lainnya agar tahan lama.

Memang untuk sekarang dengan mudah mendapatkan keripik bayam di warung terdekat. Tapi disarankan membuat sendiri di rumah, kebanyakan pedagang menggunakan kertas koran untuk membungkus atau meletakkannya setelah di goreng, tau sendiri kan bahaya tinta koran ini? kalau tidak menanam sendiri bayamnya dan membuat keripik bayam sendiri sudah tentu sehat dan tahu bagaimana kondisi sayurannya.