Cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu ini akan mematahkan mitos yang ada mengenai pohon bambu. Biasanya, pohon bambu, apalagi yang lebat dipercayai banyak ‘penunggu’-nya. Apalagi jika didukung oleh suasana yang sepi dan gelap.

Nah, artikel cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu ini akan mengajak anda untuk menggunakan bambu untuk memberi pijar cahaya dan menerangi kegelapan! Keren sekali bukan?

Tidak hanya terang dan asal nyala, cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu yang akan kita bahas akan mengulas langkah-langkahnya secara lengkap dan tentunya dengan kreatifitas maksimal.

Memulai Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

l-300x200

Cara yang akan kita bahas kali ini akan menghasilkan lampu hias yang pastinya akan membuat teman-temanmu yang berkunjung ke rumah menanyakan, “Eh kok bagus? Beli di mana??”

Kamu bisa jawab dengan mantap, “Bikin sendiri kok!” Jadi, daripada banyak ba-bi-bu, lebih baik langsung disimak saja langkah-langkah berikut ini:

Bahan Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Sebelum kita memulai membuat lampu hias-nya, ada baiknya kamu persiapkan lebih dahulu bahan-bahan dan peralatan berikut ini:

  • Batang bambu 1-3 meter
  • Lampu hemat energi 5 watt dengan warna sesuai selera anda (merah, kuning, putih, biru, dll)
  • Kabel lampu secukupnya
  • Kuas cat
  • Cat warna sesuai selera anda atau pelitur jika anda menginginkan warna natural bambu
  • Cat clear
  • Semen
  • Amplas
  • Gunting/cutter
  • Gergaji
  • Alat Pahat

Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Kalau bahan-bahannya sudah siap semua, sekarang kita bisa mulai. Perhatikan langkah-langkah berikut dengan seksama ya!

  1. Potong bambu yang sudah disiapkan se-panjang 1,5 meter atau bisa menyesuaikan selera kamu. Pastikan bambu yang kamu pilih adalah bambu kering yang masih kuat dan berdiameter kurang lebih 10 cm.
  2. Amplas permukaan bambu hingga halus, lalu cat keseluruhan permukaan bambu atau bisa juga kamu gunakan pelitur. Setelah itu tunggu hingga cat kering.
  3. Apabila cat sudah kering, gergaji bambu di bawah bagian ruas bambu untuk menjadi tatakan lambu bambu kamu.
  4. Gergaji juga bagian atas bambu untuk keluarnya cahaya lampu.
  5. Lubangi bagian tengah dari ruas bambu bagian bawah lampu-mu untuk lubang masuk kabel.
  6. Dengan menggunakan alat pahat dan gergaji, berikan beberapa lubang dengan ukuran yang bervariasi di batang lampu bambu-mu untuk tempat keluarnya cahaya.
  7. Amplas kembali bagian lampu yang terbuka agar halus dan rapih.
  8. Gunakan semen untuk membuat dudukan lampu bambu agar dapat berdiri tegak. Tinggi dudukan kurang lebih 7-10 cm. Gunakan ember kecil atau kaleng bekas cat untuk cetakan semen.
  9. Cat/pelitur kembali lampu bambu-mu berikut dudukannya agar tampilan lampu hias lebih menarik.
  10. Pasang lampu di lampu hias dari bambu-mu berikut instalasi kabelnya.
  11. Letakkan di tempat yang direncanakan.
  12. Nyalakan lampu dan nikmati hasil kreatifitasmu!

Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Cara membuat kerajinan lampu hias dari bambu ini dapat kamu gunakan agar rumahmu terlihat lebih menarik dan estetis. Keindahan interior rumah bisa dicapai tanpa perlu modal yang besar.

Lampu hias dari bambu semacam ini dapat kamu letakkan di berbagai sudut ruangan, di atas meja, atau bahkan di luar rumah. Kamu bisa baca 7 kerajinan tangan dari bambu ini untuk ide-ide menghias tamanmu dengan kerajinan dari bambu.

Jika kamu ingin menjadikan lampu hias dari bambu ini sebagai penerangan outdoor, kami sarankan untuk memastikan kelistrikan lampu aman dari hujan. Hal ini bisa kamu pastikan dengan meletakkan kaca atau plastik di bagian atas lampu bambu.

Jika cara membuat kerajian lampu hias dari bambu ini masih belum memuaskanmu, kamu bisa mencoba cara membuat kerajinan dari bambu ini untuk membuat lonceng angin agar rumahmu makin indah dan damai.