Begitu banyak cara membuat kerajinan dari bambu. Tapi tentunya tidak perlu kita bahas semuanya satu persatu. Nah, di artikel ini, saya akan mengajak para pembaca untuk menelaah cara pembuatan lonceng angin dengan bahan dasar bambu.

Lonceng Angin dari Bambu

Kamu ingin memberi hadiah kepada orang yang spesial bagimu? Cara membuat kerajinan dari bambu satu ini bisa menjadi hadiah yang unik. Atau juga bisa kamu buat sendiri untuk memanjakan saat-saat santaimu di beranda rumah.

Umumnya, lonceng angin atau wind chimes dibuat dari besi atau tabung kayu. Biasanya lonceng bambu digunakan dengan cara digantung  di taman atau di luar rumah atau bahkan di balik jendela yang terbuka.

Lonceng angin akan bersuara jika ia tertiup dan tergerakkan oleh hembusan angin. Gerakan yang disebabkan oleh angin ini akan menyebabkan lonceng-lonceng bambu ini saling berbenturan atau dibenturkan dengan bahan lain yang diletakkan di bagian tengah lonceng.

Dengan cara membuat kerajinan dari bambu ini, kamu dapat menghibur diri atau relaksasi berkat suara yang dihasilkan oleh derai-derai lonceng bambu ini.

Suasana yang damai di taman, kupu-kupu berterbangan, serta suara dan nada-nada yang dihasilkan oleh lonceng bambu yang bergoyang pelan, juga hembusan angin yang bertiup sejuk, pastinya akan membuatmu berasa sedang liburan ke pulau tropis yang penuh kedamaian.

Suara Lonceng Angin

Suara yang dihasilkan oleh lonceng angin tidak hanya bergantung pada bahan dasarnya, yakni bambu, tapi juga bergantung pada bahan yang digunakan sebagai ‘jangkar’-nya.

Maksud dari ‘jangkar’ disini adalah material utama yang diletakkan di bagian tengah bilah-bilah bambu yang membentuk lonceng, dan berfungsi sebagai poros benturan agar ketika bersinggungan dengan bambu dapat menghasilkan suara yang mantap.

Biasanya, ‘jangkar’ dari lonceng ini dapat terbuat dari besi, tabung kayu, atau bahan lain yang solid. Perbedaan bahan tentunya dapat menghasilkan suara yang berbeda. Contohnya, kaca, kayu, besi, plastik, atau pipa pvc.

Nah, untuk jenis suara apa yang kamu inginkan, itu semua kembali ke kreativitasmu!

Bambu Sebagai Bahan Lonceng Angin

Sebagai bahan dasar utama dalam pembuatan lonceng angin, bambu adalah bahan yang cukup ideal. Kenapa? Karena teksturnya, bambu mudah dipotong/digergaji. Berkat ini, kamu dapat menyesuaikan nada yang kamu inginkan dengan cara memotong bambu lebih pendek/panjang.

Dengan memotong bambu lebih pendek, maka nadanya akan lebih tinggi, dan bambu yang lebih panjang akan menghasilkan nada yang lebih rendah. Konsepnya sama dengan alat musik angklung.

Cara Membuat Kerajinan dari Bambu: Lonceng Angin

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan dan peralatan sebagai berikut:

  • Bambu
  • Batok kelapa
  • Tali
  • Gergaji potong
  • Amplas
  • Pisau
  • Gunting
  • Bor listrik

 

Nah, sekarang kita beralih ke cara membuat kerajinan dari bambu untuk membuat lonceng angin seperti berikut ini:

  1. Pilihlah bambu yang berukuran sedang. Pastikan bambu yang kamu gunakan masih sehat, tidak retak dan masih kuat.
  2. Ukur bambu kurang lebih 15-17 cm sebanyak 5 bambu.
  3. Ukur bambu lagi sepanjang 7 cm sebanyak 5 buah yang nantinya akan dimasukkan ke tiap bambu berbentuk stick kecil yang akan berfungsi sebagai ‘jangkar’ individual (masing-masing untuk tiap bambu).
  4. Potong/gergaji bambu.
  5. Bersihkan bagian dalam bambu dari serat-seratnya menggunakan pisau kecil.
  6. Bentuk bagian bawah bambu dengan melengkung (lihat gambar artikel ini) dengan jarak 8 cm dari atas bambu.
  7. Amplas bambu hingga halus.
  8. Lubangi bagian atas bambu untuk dimasukkan tali menggunakan bor listrik.
  9. Belah batok kelapa menjadi setengah lingkaran.
  10. Amplas batok kelapa hingga halus.
  11. Lubangi pinggiran batok kelapa sesuai dengan jumlah bambu untuk lubang tali.
  12. Ikat masing-masing bambu dengan tali dan sambungkan ke batok kelapa.
  13. Jika sudah, masukkan tali tadi ke lubang batok kelapa dan tarik ke atas.
  14. Buat simpul tali untuk menyatukan lonceng angin dan mengunci talian.
  15. Finishing lonceng menggunakan pelitur untuk mendapatkan hasil yang estetis dan maksimal.

Bagaimana, mudah bukan? Jika sudah selesai, lonceng angin dari bambu ini juga bisa kamu warnai sedemikian rupa untuk menyesuaikan seleramu.

Makna dan Guna Lonceng Angin Sebagai Cara Membuat Kerajinan dari Bambu

Dalam tradisi Cina, lonceng atau wind chimes ini merupakan simbolisasi dari kedamaian, harmoni, dan kemakmuran. Tentunya dengan makna yang sedemikian rupa, lonceng angin ini juga berguna sebagai hadiah maupun bingkisan.

Selain berfungsi sebagai ornamen, lonceng angin adalah salah satu benda feng shui yang populer. Dalam feng shui, lonceng angin dipercaya dapat menghalau chi buruk dan memecahkan masalah-masalah tabu dalam feng shui. Selain itu, lonceng angin sering dipercaya sebagai benda pembawa keberuntungan bagi penghuni rumah.