Info Peluang Bisnis UKM

Acuan Informasi Peluang Bisnis Untuk UKM

Uncategorized

Cara Membuat Kentang Keju Kekinian Enaknya Kebangetan

cara membuat kentang keju

Pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan cara membuat kentang keju yang enaknya kebangetan. Dan beberapa contoh olahan lain dari kentang keju.

Kentang  keju yaitu  makanan yang cepat saji, yang terdiri dari kentang goreng yang dilumuri keju dengan tambahan berbagai topping lain. Kentang keju ini umumnya disajikan sebagai hidangan makan siang atau makan malam. Jenis makanan ini bisa ditemukan di tempat makanan cepat saji, makan malam, dan tempat pemanggangan di seluruh belahan Amerika Serikat, serta belahan dunia lainnya.

Selain nasi,  kentang juga salah satu makanan berkarbohidrat tinggi yang sering dijadikan sebagai makanan pokok adalah kentang. Meskipun kentang bukan makanan pokok yang biasa disantap masyarakat Indonesia, olahan kentang termasuk jenis makanan yang digemari banyak orang di Indonesia.

Kentang bukan hanya mengandung karbohidrat, kentang juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Hal tersebut dikarenakan kentang juga mengandung vitamin A, B-kompleks, C, asam folat, mineral, protein, polifenol dan masih banyak lagi.

Sekilas Keju

cara membuat kentang keju

Keju merupakan jenis makanan yang didapatkan dengan memisahkan antara zat-zat padat yang ada didalam kandungan susu serta pembuatannya melalui sebuah proses koagulasi, pemadatan atau pengentalan. Keju juga makanan yang sudah diproduksi sejak zaman prasejarah, walaupun belum ada bukti konkret kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan. Pada saat itu, masyarakat prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden kemudian beralih menjadi peternak kambing, domba juga sapi.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat keju adalah  bisa membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar dengan memelihara sel-sel usus dan mengurangi peradangan yang bisa merusak usus besar.

2. Merupakan Protein Baik Bagi Otot

Protein yang ada pada keju terbuat dari asam amino yang akan membentuk jaringan otot dan untuk mendapatkan protein terbaik, cobalah untuk makan keju ricotta yang merupakan Sumber tunggal terbaik dari protein whey .

3. Membantu Kesehatan Tulang

Keju terbuat dari bahan dasar susu ini tentu kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Memakan sekitar 1 ons keju parmesan akan memberikan 336 mg kalsium, sedangkan keju Cheddar mengandung sekitar 216 mg kalsium. Jumlah itu sangat baik bagi tubuh, karena kebanyakan pria dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium untuk setiap harinya demi membangun otot.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Selain itu keju juga dapat  menjaga gigi tetap sehat karena kandungan fosfor dan kalsium pada keju. Dan mengandung mineral ini dapat membantu melawan asam laktat alami di mulut serta mencegah kerusakan enamel gigi. Enamel ini sangat diperlukan saat mengunyah makanan tampa merusak gigi, serta akan mencegah gigi terkikis dan berlubang.

Manfaat Kentang

resep kentang roll sosis

Manfaat kentang sudah sejak dulu  dijadikan menu diet bagi orang-orang yang memiliki keluhan gejala penyakit diabetes. Kentang  juga masuk ke dalam keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika, dan sudah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk Indonesia.

Di negara asalnya , kentang sudah lama dijadikan makanan pokok bagi penduduknya. Tidak heran lagi dengan kentang karena kentang merupakan salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Dan kentang juga memiliki kandungan yang tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh.

Kandungan Pada Kentang

Pada kentang mengandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya. Hal ini yang menyebabkan kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari. Dibawah ini merupakan  kandungan gizi Kentang yang terdapat dalam satu porsi 173 Gr Kentang .

Pada kentang memiliki kandungan gizi memang ia sangat tinggi kandungan vitamin B6 dan Potasium, lalu apa saja manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita.

1. Pencegahan kanker

Manfaat lainpada kentang yaitu adanya Vitamin B6  yang dapat melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Memakan kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Kentang juga dapat mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Karena pada kentang memiliki kandungan  zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Zat yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko batu ginjal

Pada kentang memiliki kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Terhadap orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Jantung

Manfaat lain yag ada pada kentang adalah Zat gizi yang mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Tidak hanya iru kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

5. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 ini membutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri merupakan protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian lain protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Oleh karena  itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

Cara Membuat Kentang Keju

cara membuat kentang keju

Bahan :

  • 500 gram kentang
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram keju parut
  • Garam (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 1 batang daun seledri (cincang halus)
  • Minyak goreng

Langkah Membuat Kentang Keju :

  1. Rebus atau kukus kentang hingga matang dan empuk. Kupas kulitnya, hancurkan kentang.
  2. Campurkan tepung maizena, keju parut, garam, lada bubuk, kaldu ayam dan daun seledri ke dalam kentang.
  3. Kemudian, aduk semua bahan hingga rata dan pastikan rasanya pas.
  4. Setelah semuanya tercampur rata lalu, cetak kentang dengan cara diambil sedikit dari wajan kemudian gulung-gulung pakai tangan sesuai selera.
  5. Siapkan  wajan panas , goreng kentang keju hingga bagian luarnya kering dan berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat kentang keju goreng yang matang, tiriskan.
  7. Setelah itu kentang keju siap untuk disajikan bersama saus sambal atau saus tomat.

 Cara Membuat Stik Kentang Keju

Bahan :

  • 500 gr / 3 ~ 4 Buah Kentang.
  • 100 gr / 0,6 Kotak Keju.
  • 100 gr / 8 Sdm Tepung Maizena.
  • 1 Batang Seledri.
  • 0,5 Sendok Teh Garam.
  • 0,5 Sendok Teh Lada.

Cara Membuat Stik Kentang Keju :

  1. Ambil “Kentang”, lalu kupas dan cuci. Kemudian rebus atau kukus sampai empuk sekitar 15 menit. Angkat, lalu tumbuk dalam wadah sampai halus.
  2. Lalu siapkan parutan, lalu parut “Keju” dan sisihkan dahulu. Tambahkan juga pisau lalu iris tipis-tipis “Seledri”, sama sebelumnya sisihkan juga lebih dahulu.
  3. Kemudian siapkan wadah lalu masukan “Kentang” halus, “Seledri”, parutan “Keju”, “Tepung Maizena”, “Garam” dan “Lada”. Aduk sampai tercampur rata.
  4.  Setelah itu“Adonan Kentang” masukan ke dalam wadah plastik, lalu gunting bagian ujungnya. Lanjut cetak sesuai ukuran panjang yang diinginkan.
  5. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng. Gunakan api kecil, lalu goreng “Stik Kentang” sekitar 2 ~ 3 menitatau keemasan. Selesai, sajikan!

Cara Membuat Bola-bola Kentang Keju

cara membuat kentang keju

Bahan :

  • 500gr kentang
  • 100gr keju potong kotak
  • 1 btr telur
  • 90gr KOBE Tepung Bakwan Kress
  • 4 sdm air
  • 1 bungkus KOBE Breadcrumbs
  • garam secukupnya

Langkah – Langkah Pembuatan :

  1. Kukus  kentang hingga matang dan haluskan dengan garpu saja.
  2. Kocok telur, bubuhkan lada dan garam secukupnya. Aduk hingga rata.
  3. Campurkan KOBE Tepung Bakwan Kress dengan air. Campurkan lalu masukan ke dalam adonan kentang bersama dengan telur yang sudah dikocok. Aduk hingga rata.
  4. Ambil adonan secukupnya. Tambahakan potongan keju lalu bentuk bulat dengan bantuan 2 sendok. Kemudian digulingkan di atas KOBE Breadcrumbs.
  5. Goreng dengan api sedang hingga matang.
  6. Sajikan dengan saus sambal.

Cara Membuat Kentang Keju Brokoli

cara membuat kentang keju

Bahan Kentang Keju Brokoli :

  • 4 buah kentang sedang
  • 1 buah brokoli
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 buah bawang bombay (potong dadu)
  • 100 ml susu cair
  • 50gr keju quick melt (diparut)
  • 1 bungkus KOBE Tepung Bumbu Putih (75gr)
  • alumunium foil secukupnya
  • 1 sachet BonCabe level 15, rasa Original

Cara membuat Kentang Keju Brokoli :

  1. Kupas kentang dan cuci bersih. Kukus sampai matang dan keruk bagian tengah.
  2. Potong brokoli dan rebus setengah matang.Sisihkan.
  3. Panaskan mentega. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan susu cair. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan keju quick melt. Tambahkan larutan KOBE Tepung Bumbu Putih dengan perbandingan 3 sendok makan tepung dan 6 sendok makan air. Aduk dan masak hingga mengental.
  5. Ambil kentang yang sudah dibungkus dengan alumunium foil. Isi bagian tengah dengan saus keju dan brokoli. Beri parutan keju dan taburan BonCabe level 15.
  6. Panggang selama 25 menit. Angkat dan Kentang Brokoli Keju siap disajikan.

Bagaimana dengan cara membuat kentang kejunya? itulah cara yang saya bagikan kali ini sangat mudah bukan untuk membuatnya?. Apabila anda ingin cepat dan juga praktis dalam mengolahnya pakailah mesin pengupas kulit kentang ya. Itulah cara membuat kentang keju yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!

 

 

Theme by Anders Norén